Genre & Istilah dalam Anime & Manga

Bishoujo : anime/manga yang dibuat khusus untuk kesenangan cowok dewasa.Intinya tokoh-tokoh dalam anime/manga tersebut kebanyakan adalah cewek-cewek cantik.

Bishounen : anime/manga untuk kesenangan cewek/wanita.Intinya tokoh dalam anime/manga tersebut kebanyakan adalah cowok-cowok cakep. (misal : perfect girl evolution dll)

Harem : genre anime/manga yang berupa seorang tokoh cowok dikelilingi oleh banyak tokoh cewek. (misal Ichigo 100%, aoi yori aoshi dll)

Mecha : Anime/manga yang berunsur robot & perang.Awalnya diperuntukan untuk shonen tapi shojo sudah mengambil bagiannya juga. (misal : magic knight rayeart, gundam series dll)

Magical Girl : anime/manga yang berunsur sihir dengar main chara shoujo.(misal : sailormoon, cardcaptor sakura dll)

Sentai : anime/manga yang berunsur militer,biasanya menceritakan sejarah yang nyata seperti PD I & PD II. (termasuk group shonen)

Senshi : unsurnya sama dengan sentai namun lebih sering dipakai untuk group shoujo.

Shoujo-ai : anime/manga yang bertemakan girl relationship alias hubungan cewek X cewek, hanya sebatas teman dekat(intim), tapi tidak sampai pada tarap seksual.

Shonen-ai : anime/manga yang bertemakan boy relationship,atau hubungan cowok X cowok, tidak sampai tarap seksual.

Yuri : anime/manga yang bertemakan cewek X cewek (tingkat atas genre shoujo ai) yang berakhir dengan hubungan seksual.

Yaoi : anime/Manga yang bertemakan cowok X cowok (tingkat tinggi dari genre shonen-ai),yang berakhir dg hubungan seksual. Genre ini digemari oleh para cewek dan sebagian besar mangakanya adalah perempuan. Sebutan untuk cewek penyuka genre ini yaitu fujoshi, sedangkan untuk cowok fudanshi.

Ecchi : menunjukan sedikit konten vulgar.Ecchi merupakan lafalan bahasa Jepang pada huruf roman ‘H’ dan H Ini mewakili hurup pertama Hentai,namun Ecchi tidak sampai pada tahap seksual.

Hentai : anime/manga genre tingkat atas Ecchi yang berakhir dengan hubungan seksual.

Anime : [dibaca a-ni-me bukan anim] yaitu animasi khas Jepang singkatan dari animeshon(pelafalan orang Jepang untuk animation).Yang biasa dicirikan dg gambar-gambar bergerak yang berwarna warni yang menampilkan tokoh-tokoh dalam berbagai macam lokasi dan cerita yang ditujukan pd beragam jenis penonton.Anime dipengaruhi gaya gambar manga.

Cosplay : (costum play) atau disebut jg cosu.Suatu acara dimana para fans anime berkreasi dg kostum yang mereka kenakan.Kostum tersebut bisa mereka curi modelnya dari karakter anime/manga.Orang yang melakukan cosu disebut cosplayer.

Chara : karakter/tokoh yang ada dalam anime (chara–>character)

Doujinshi : semacam fanart,yaitu membuat cerita sendiri dg karakter dari anime/manga yang sudah ada atau populer.

Fanservice : adegan yang sengaja dibuat oleh sang mangaka untuk menyenangkan atau merefreshkan pikiran para penggemar dan umumnya FS itu berbau ero.

Fanart : karya para fans berupa gambar chara yang mereka inspirasi dari anime/manga favorit mereka.

Fanfic : cerita karangan dari fans yang menggunakan tokoh/karakter ataupun modifikasi cerita dari sebuah anime/manga.(singkatan dari fanfiction)

Figure : boneka berbentuk tokoh anime/game/manga.

Fujoshi : sebutan untuk cewek-cewek yang menggemari anime/manga bergenre shonen ai atau yaoi.

Fudanshi : sebutan untuk cowok-cowok yang menggemari anime/manga bergenre shonen ai atau yaoi(jarang ini)

Manga : [dibaca man-ga/ma-ng-ga] merupakan komik dalam bahasa Jepang,diluar Jepang kata tsb digunakan khusus untuk membicarakan tentang komik Jepang.

Mangaka : [dibaca man-ga-ka/ma-ng-ga-ka] adalah orang yang menggambar manga,disebut juga komikus kalau di indonesia.

Otaku : sebutan untuk orang-orang yang freak terhadap sesuatu(anime,manga,game)

Lolicon : orang dewasa (pria) yang menyukai anak kecil perempuan.

Shotacon : orang dewasa (wanita) yang menyukai anak kecil laki-laki

OAV/OVA : (Original Video Animation),format dari anime yang tidak ditayangkan di TV,yaitu dalam format video yang dijual bebas di pasaran.

SD : yang jelas bukan Sekolah Dasar,yaitu Super Deformed.Istilah yang digunakan dalam penggambaran karakter anime/manga dg size kerdil,tetapi proporsi tubuh tetap pas.

Chibi : berbeda dg SD.untuk istilah chibi lebih mendekati kesan imut/cute.Perbedaannya hampir tipis dg SD,Pada chibi proporsi ukuran kepala lebih besar ketimbang badan.Biasanya digunakan untuk adegan Joke.

Tankoubon : istilah dalam b.Jepang untuk menyebut terbitan manga dalam bentuk monograf.

Seiyuu : dalam bahasa Indonesia disebut pengisi suara atau biasa disebut dubber.

Ero : hal-hal yang berbau erotisme.

Yaoi : (singkatan dari yama-nashi Ochi-nasi Imi-nashi)istilah lainnya Boys Love/shonen ai.Istilah untuk anime/manga berbau homoseksual.

Yuri : istilah lainnya Shoujo ai kebalikan dari Yaoi,yaitu istilah untuk anime/manga berbau lesbong (wkwk)

Hentai : konten bermateri seks.Mempunyai arti ‘aneh’ karena pada umumnya anime/manga berkonten hentai cenderung menyimpang atau bisa dibilang aneh.

Ecchi : bisa diartikan berkonten porn,tetapi mempunyai batas-batas tertentu(porn ringan)

Uke : berasal dari kata kerja ukeru(menerima).Istilah yang digunakan untuk pair di anime/manga bergenre yuri/yaoi.

Seme : berasal dari kata kerja semeru(menyerang)

Seke : (seme-uke)si tokoh bisa jadi seme maupun uke.

Fukidashi : balon teks pada manga

Omake : bonus berupa cerita pendek/kumpulan gambar manga.

Pengertian berbagai tipe ‘dere’

1. Tsundere
Tsundere adalah tipe cewek jutek dan dingin terhadap orang lain. Karakter dengan tipe tsundere biasanya adalah seorang tokoh perempuan yang digambarkan berkarakter hot-blooded, dan berusaha menyangkal setengah mati perasaannya sendiri bila jatuh cinta dengan seseorang. Selain itu, kata tsundere ini juga dipakai untuk menggambarkan seseorang yang biasanya menunjukkan sikap dingin, namun di depan orang yang disukainya, sikap tersebut berubah menjadi penuh kasih sayang. Sorot mata karakter tsundere tajam dan kalau bicara sedikit kasar, tapi sebenarnya dia baik.

2. Dandere
Tipe moe yang masih bisa merebut hati fansnya dengan sikap pendiamnya. Berasal dari kata “danmari” yang berarti pendiam dan “deredere”. Sebuah kata sifat untuk menggambarkan karakter yang pendiam, pemalu namun belakangan melakukan tindakan yang tidak terduga apabila kita perhatikan sifat awalnya yang pemalu. Fase dere dere nya muncul ketika karakter ini berduaan dengan karakter yang disukainya. Atau bisa juga digunakan untuk menggambarkan sifat karakter yang meskipun pemalu namun betindak progressif bahkan melebihi karakter normal.

3. Yandere
Berasal dari kata “yanderu” (病んでる) yang berarti gangguan mental atau emosional dan “dere dere”. Tipe moe paling parah. Sekilas terlihat baik, tapi dia punya jiwa psycho dalam dirinya dan bisa muncul kapan saja. Misalnya, saat kekasihnya diincar orang lain. Yandere bisa berarti semacam fetish pada objeknya, rasa suka yang berubah menjadi “Pemujaan” murni.

4. Kuudere
Berasal dari kata “cool” (kalau di-Jepang-kan akan jadi kuu) dan “dere dere”. Pendiam, tapi tidak emotionless. Ada kalanya mereka menunjukkan sedikit emosi. Tipe ini banyak yang mendekati tsundere jadi akan sedikit susah membedakannya. Perbedaanya, kuudere lebih dewasa daripada tsundere dan bisa menjada imagenya dengan baik. Kuudere lebih kaku dibandingkan tsundere, sorot matanya lebih tajam, dan sikapnya lebih dingin atau tanpa emosi. Gaya bicaranya lebih kaku dan formal. Tapi, jangan salah, kalau dia sudah masuk dere dere mode, kita akan terpana sendiri.

5. Goudere
Tipe dere yang memposisikan dirinya untuk mengabdi pada orang yang di cintainya, ia rela melakukan apapun dan rela mengorbankan dirinya untuk orang yang ia cintai. Ada juga yang bilang kalau tipe goudere adalah tipe orang yang melakukan apa yang dia mau kepada orang yang disukainya yang dianggapnya sebagai “master”. Kata “gou” dalam goudere mungkin berasal dari kata “gougou” yang berarti kehingarbingaran.

6. Kamidere
Berasal dari kata “kami” yang berarti dewa atau tuhan, dan “dere dere”. Kamidere adalah karakter yang mempunyai kekuatan spesial sehingga ia menganggap dirinya sebagai dewa, karena itu ia menjadi sangat sombong dan bertindak semaunya terhadap orang lain. Tetapi seluruh kesombongannya itu hilang dan ia menjadi rapuh ketika berada di dekat orang yang di sukainya.

7. Himedere
Berasal dari kata “hime” yang berarti putri dan “dere dere”. Himedere digambarkan sebagai seorang gadis yang kaya dan selalu dimanja seperti seorang putri sehingga sifatnya menjadi egois, tetapi ia akan menjadi rapuh ketika berada di dekat orang yang disukainya. ia menghalalkan segala cara demi mendapatkan orang yang disukainya

8. Gundere
Diambil dari kata “gun”yang berarti pistol atau senjata api dan “dere dere”. Sifat gundere hampir sama dengan tsundere yaitu dingin galak dan jutek tetapi akan menjadi manis ketika berada di dekat orang yang disukainya, ketika marah atau kesel ia akan menembakan berbagai jenis senjata api untuk melampiaskan kemarahan atau kekesalan nya (#rada mirip sama hiruma yoichi tapi kalau hiruma nembakin senjata ketika dia bersemangat atau untuk menyemangati temannya)

9. Mayadere
Karakter mayadere biasanya dimulai sebagai antagonis yang mencoba membunuh seseorang tetapi kemudian berpindah sisi karena jatuh cinta. Karakter ini tidak bisa ditebak dan berbahaya bagi semua orang termasuk orang yang disukainya.

10. Dorodere
Istilah baru untuk karakter yang “dorodoro” (berantakan dan kacau) di dalamnya tetapi “dere dere” di luarnya.

11. Onidere
Berasal dari kata “oni” yang berarti setan atau iblis dan “dere dere”. Karakter ini sangat kuat, lebih dari manusia biasa. Karakter ini juga sangat cantik menarik tetapi hanya sedikit orang yang mendekatinya karena kekuatan penghancurnya. Karakter ini mungkin mempunyai orang yang disukai tetapi harus menyembunyikannya untuk menjaga imejnya sebagai yang terkuat.

[Source: gazerukira]
[Source : dere]

160 Comments

Leave a Reply
    • Err, entahlah. Mungkin Fujoshi juga disebutnya (sama kaya penggemar yaoi)
      karena Fujoshi disini si cewek adalah penggemar yang berbau hal-hal sesama jenis (ce x ce / co x co) ^-^

      CMIIW 😀

  1. Boleh izin ngopi postingan ini buat ku post di blog-ku ngga? aku lagi bikin blog buat tugas sekolah nihh 😛
    Thankz before ~
    Materinya okz bangeettdss 🙂

  2. kalo seinen sama shounen apa ya sis/bro?

    untuk masukan;
    alangkah indahnya penempatan tiap definisi sesuai alphabet :3 biar ga pusing X3
    contoh:
    – anime: ~~
    – action: ~~
    – bishoujo: ~~
    – harem: ~~

        • seinen itu yang buat kategori dewasa cowo (18-30 tahunan), contohnya : Akira, Monster, Gantz, 20th Century Boys, Berserk, Battle Royale, Blame!, Vagabond, Ghost in the Shell, Hellsing, Black Lagoon, Ikigami, Elfen Lied, Another, Battle Angel Alita, etc…. [keterangan lengkap: baca]

          Shounen itu buat anak cowok usia 10 tahun ke atas, contohnya : Death Note, Dragon Ball, One Piece, Naruto, Astro Boy, Kuroshitsuji, Rurouni Kenshin, Kinnikuman, Saint Seiya, Dr. Slump, Gin Tama, Fighting Spirit, Detective Conan, YuYu Hakusho, InuYasha, Hunter × Hunter, Katekyo Hitman Reborn!, Bleach, Soul Eater, Air Gear, Slam Dunk, Zatch Bell!, Fairy Tail, Tsubasa: Reservoir Chronicle, Yu-Gi-Oh!, Fullmetal Alchemist, Buso Renkin, and D.Gray-man, etc… [keterangan lengkap: baca]

          CMIIW => dapet dari wiki (^-^)a

          wah~ terima kasih atas penilaiannya, walo banyak hal yang masih harus dilengkapi lagi nih ternyata 🙂

  3. kore wa cuuuruuuu (cool) desu..postingan x cocok di bca bwt para otaku…
    klw boleh usul,sering2 share atau post hal2 yg berbau otaku di twitter… di tunggu ^^

  4. Wa,, jdi tambah tahu nih!! Hontou ni Arigatou Furaha-nee! ^^V
    Oh iya, tpi msh ad prtanyaan sih:
    -Bedanya Lolicon sama pedofil itu apa ya??
    -Contoh Anime genre sentai // senshi itu apa aja Ya?? btw Hetalia itu masuk genre ini ga?
    -Ichigo itu harem ya?? sumpah deh baru nyadar-Plak- hehe 😀
    -Bedanya seiiyu sama Voice actor??
    segitu aja yang utama,, maaf kepanjangan!! Jadi,,
    BQ deh (gk dijawab jg gpp),, weet disabet sendal,, 😀
    -Furaha-nee punya account di FFn ga?? klo punya, bisa kasih thu usernamenya ga?? 🙂
    -Kepanjangan CMIIW itu apa ya??
    -Saya kadang ngefopy postan Furaha-nee ke FB tanpa jejak (ga comment), tp sya selalu sertakan Sumber,, boleh apa ngga? klo ga boleh sy hpus kok,, suwer V,, hehe 😀

    • whoaaa… coba saya jawab sebisanya dulu ya pertanyaan kamu itu:
      -Bedanya Lolicon sama pedofil itu apa ya??
      hmm, mungkin bedanya klo lolicon cuma ketertarikan ama yang lebih muda (moe moe gitulah) sedangkan pedofil lebih ke seksualnya kali, ahahaha~ *gatau juga (^-^)a

      -Contoh Anime genre sentai // senshi itu apa aja Ya?? btw Hetalia itu masuk genre ini ga?
      sentai kan lebih ke cerita militer, klo senshi sama juga ky sentai cuma dipake buat shoujo

      -Bedanya seiiyu sama Voice actor??
      Sama aja, beda istilah namanya doang XD

      -Furaha-nee punya account di FFn ga?? klo punya, bisa kasih thu usernamenya ga?? 🙂
      Iya punya, pennamenya : FuRaHeart
      FF yang publish di blog juga di publish di sana

      -Kepanjangan CMIIW itu apa ya??
      Correct Me If I Wrong

      -Saya kadang ngefopy postan Furaha-nee ke FB tanpa jejak (ga comment), tp sya selalu sertakan Sumber,, boleh apa ngga? klo ga boleh sy hpus kok,, suwer V,, hehe 😀
      Ahahahaha, silakan aja, bebas ko ^-^)/ terima kasih udah diberi source 😀

  5. wah saya termasuk cwo fudanshi loh #justkidding

    saya pnggemar manga shonen ama seinen :3
    saya jg hobi ama yuri, tpi yaoi itu no no .___.

    • HEE?! 😮
      ahaha, klo cowo suka yuri mungkin masih mending karena yang diliat pasti cewenya X3
      yaoi aku ga suka, lebih suka yang straight sih. kaya yang ga ada partner cewe aja #myopinion

  6. Furaha Senpai, mau tanya klo genre romantis istilahnya apa ya? sma mungkin ada referensi untuk genre romantis, lagi galau soalnya hahaha semoga g kena Nijikon nih (~.~), hontou arigatou gozaimasu…

    • hmm, apa ya… mungkin disebut aja “romance”. Banyak ko, coba tonton Sukitte ii na yo, bokura ga ita, kyou koi wo hajimemasu, itazura na kiss… lainnya paling aga fantasi dikit kaya Amnesia, Diabolik Lover

  7. Waah thx bgt ni infonya ! Aku otaku aj vk tahu klo ad istilah2 nya buat anime yo manga sebanyak ini !

    Arigatou Gozaimasu ^^

    *masih pemula sori klo slah arigatonya XD

  8. Mau nambahin penjelasan aja dikit.
    uke : cowo yang dibawah
    seme : cowo yang diatas
    bukan, aku bukan fudanshi. aku cuma korban kegilaan fujoshi di sekolah –“

  9. Uwaah~ Thx buat infonya ya, Fura-san!
    BTW, cowo/cewe penggemar yuri itu apa ya?
    Kalo cewe/cowo penggemar yaoi saya tau soalnya saya masuk golongan fujo #plaak
    tapi baru” ini saya ngeliat ada org yang suka yuri aka penggemar yuri; itu sebutannya apa ya? #I’mDyingToKnow
    Arigato, gomen kalo kepanjangan..

  10. Kak fura, kalo yang “tsundere”, “yan dere” dll itu apa aja yah??
    Sama artinya jg.
    Sankyu senpai~

    • Tsundere adalah tipe cewek jutek dan dingin terhadap orang lain.
      Yandere tipe moe paling parah. Sekilas terlihat baik, tapi dia punya jiwa psycho dalam dirinya dan bisa muncul kapan saja.
      Lengkapnya baca artikel diatas ya, udah saya tambahin lagi keterangannya 🙂 makasih masukannya, semoga jadi sedikit lebih lengkap sekarang

  11. senpai, arigatou! Infonya! Saya newbi di otaku/anime! Huuwwaaa!!*nangis*
    1.senpai q mau nanya!. Q sering baca fict anime naruto dsb, q bingung tu ama emotionlist atau apalah itu. Kayak ‘WATADOS’,’INOCENT’ etc itu apa?, dan bisa sebutin contoh dan keterangannya?
    2.Trus q mau nanya anime yang harem kayak ‘hight school dxd, seikon no qwaser’ or etc tu apa aja ya?*huawaa q di kasih tau ama temen!*
    mohon bales ya senpai?.
    Huwaa! Kepanjangan, gomenesai, senpai!

    • Hai, aku juga webie ko 😀 hihihi
      1. Ya watados ama innocent sama aja, tampang kalem lah. Ekspresi apa lagi ya, sama ky stoic buat tampang ga berekspresi. Selain itu apa lagi ya…. :3
      2. Aku ga nonton anime itu uy, jadi ga bisa rekomendasiin yang sejenis. yang harem paling nisekoi, high school of dead, apalagi ya bingung, aku ga ikuti yang harem2 uy XDa
      Gpp, santai aja. cuma maaf nih klo jawabannya ga memuaskan

  12. kak. Emotion kayak ‘stoic,watados,inocen’ tu kayak gimana? Sebutin macemnya dong?,dan keterangannya.
    Anime kayak ‘hight schoo dxd etc’ yang senpai tau apa aja?*yang bagus*.
    Punya fb nggk kak?, kalok punya nama fbnya sapa?

    • stoic = tampang ga nampilin ekspresi (muka batu-lah)
      watados = tampang kalem (bikin yang liat pengen nonjok sebenernya XDa)
      inocent ya watados
      ga nonton high school dxd uy, jadi ga tau yang samanya sama ky apa
      ada FB, cari aja Prahati Pramudha (PM klo mau cepet di confirm ya)

  13. senpai, tonton donk anime high school dxd seru tuh. @uchiha ada banyak genre harem yg bagus, ane juga penggemar harem coy, ada shinmai maou no testament,date a live,grisaia no kajitsu dsb

  14. Nice post, Fura-nee…jdi tau genre anime n’ bsa berHATI” dalam memilih/menonton anime
    O iy, klo anime Owari no Seraph/Seraph of the end itu genrenya apa ya??

    THX…izin copas 🙂

  15. Sebelumnya makasih ya atas infonya tp sepertinya kurang lengkap deh. Kalo bisa lengkapin ya biar makin mantep blognya **b nih tambahan genre selanjutnya silahkan dilengkapi (hehe) josei, 4koma, reverse harem (paling suka aku hehe), gender bender, youkai, slice of life, sci-fi, etc.. ohya genre utama fav kok ngga dimasukin ya kaya shoujo and shounen(?) Ok gitu aja.. ganbatte ne..

  16. Genre yuri rasanya ada anime rilia yuri yuri sanghai kan. Pantesan aku nonton hanya ada cwe semua. :3 ternyata genrenua yuri ya. Bermanfaat nih :D. Salam kenal. Otaku pemula :v

  17. Halo Furhaha san, kebeulan saya sedang mneliti objek dari anime dan genrenya sebagai bahan skripsi saya, kalo boleh tau ini bersumber dari mana? boleh saya minta referensinya? tolong email ke riyaniadee@gmail.com

    • aduh maaf, aku ambil random dari beberapa sumber dan salahnya ga simpan linknya 🙁 masih inget sih beberapa ambil dari blognya gazerukia, lainnya ada yang dari wiki dan portal forum anime 🙁

3 Pings & Trackbacks

  1. Pingback:

  2. Pingback:

  3. Pingback:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *