10 Anime yang Dicekal di Indonesia

1. Death Note

Ringkasan Cerita :

Manga ini bercerita mengenai Death Note (buku kematian) yang sengaja dijatuhkan oleh Ryukk, seorang Shinigami (malaikat kematian, reaper) ke dunia manusia, di mana bila nama seseorang ditulis dalam buku tersebut, maka orang itu akan segera meninggal. Buku ini kemudian ditemukan oleh Yagami Raito (Light Yagami), seorang siswa jenius anak seorang inspector kepolisian jepang. Awalnya Raito tidak percaya dengan kekuatan Death Note tersebut, namun setelah ia coba dan berhasil, ia mulai percaya. Ditambah lagi dengan kemunculan Ryukk yang akan selalu mengikuti orang yang menemukan Death Note-nya. Dengan kejeniusannya, Raito kemudian berencana menggunakan buku tersebut untuk menciptakan dunia baru yang bersih dari kejahatan (utopia) dengan dirinya sebagai dewa.

Alasan Dicekal :

* Memakai adegan kekerasan dari awal cerita hingga akhir cerita.
* Terlalu banyak adegan pembunuhan hingga tidak cocok ditonton oleh anak-anak.
* Mengdoktrin anak-anak bahwa di dunia ini ada buku yang bisa membuat perencanaan meninggalnya seseorang.

2. Air Gear

Ringkasan Cerita :

Itsuki “Ikki” Minami, seorang murid yang dikenal sebagai babyface terkuat adalah pemimpin dari geng remaja “East Side Gunz“, dalam perjalanan pulang setelah dipermalukan oleh grup storm rider bernama skull saders, dia mengungkap rahasia tersembunyi dari keluarga angkatnya, Noyamano bersaudara, yang ternyata adalah anggota dari group storm riders legendaris dengan nama Sleeping forest. setelah menuntaskan dendamnya dengan Skull saders, Ikki dalam perjalanannya menemukan hal yang “melebihi kepuasan dari sekedar balas dendam”. setelah merasakan pengalaman saat “terbang”, Ikki langsung terlibat dalam dunia Air Treks yang penuh dengan misteri.

Alasan Dicekal :

* Banyaknya character yang berpakaian seksi sehingga anime ini dianggap mengajarkan pornografi.
* Banyaknya adegan kekerasan dan kata-kata yang tidak patut untuk dicontoh oleh anak-anak.

3. Rave Master

Ringkasan Cerita :

Semua berawal pada tahun 0015 (tahun 10015 dibaca 0015) dimana saat itu kekuatan yang dikenal sebagai “ibu” dari segala Dark Bring yakni Sinclaire, mengancam dunia. Shiba sebagai Rave Master pertama mencoba menghancurkan dengan pedangnya namun yang terjadi adalah Overdrive yakni sebuah ledakan besar yang menghancurkan sepersepuluh bagian dari dunia. Rave yang digunakan Shiba saat itu akhirnya terpencar menjadi 5 bagian akibat Overdrive’ dan Shiba hanya dapat mengambil satu bagian dari Rave tersebut. Namun, Shiba belum mampu menghancurkan Sinclaire dan hanya mampu melukainya.
50 tahun berlalu sejak itu, Haru Glory, seorang remaja yang tinggal dipulau Garage menemukan makhluk aneh yang mempunyai badan kecil serta hidung seperti bor. Haru diberitahu oleh Shiba bahwa itu adalah “Plue”. Makhluk itu adalah makhluk yang menemani Rave Master sebagai Rave Warrior.

Alasan Dicekal :

* Anime ini tergolong vulgar karena character wanita berpakaian minim.
* Banyaknya adegan perkelahian sehingga tidak cocok untuk dikonsumsi oleh anak-anak.

4. Pichi Pichi Pitch 

Ringkasan Cerita :

Lucia nanami seorang putri duyung jatuh cinta kepada kaito seorang manusia. Ia berjuang untuk menjadi manusia. Iapun berhasil menjadi manusia. namun sayang Kaito tak menyadarinya. Lucia menjadi sedih. namun akhirnya ia berhasil dekat dengan Kaito.
Kaitopun akhirnya tahu bahwa lucia adalah seekor duyung. Tapi ia sudah terlanjur mencintai Lucia. Perjuangan cinta mereka diuji ketika Lucia terpaksa mencari para princess duyung untuk menyelamatkian negerinya.

Alasan Dicekal :

* Anime ini tergolong vulgar.
* Terlalu banyak adegan ciuman yang tidak cocok untuk dikonsumsi anak-anak.

5. Detective Conan

Ringkasan Cerita :

Shinichi Kudo, seorang detektif SMA berusia 17 tahun yang biasanya membantu polisi memecahkan kasus, diserang oleh 2 anggota sindikat misterius ketika mengawasi sebuah pemerasan. Dia kemudian diberi minum racun misterius yang baru selesai dikembangkan yang ditujukan untuk membunuhnya, namun karena sebuah efek samping yang jarang terjadi yang tidak diketahui anggota sindikat tersebut, racun tersebut mengakibatkan tubuhnya mengecil seperti bocah berusia tujuh tahun setelah mereka meninggalkannya.

Alasan Dicekal :

* Anime ini dianggap mengajarkan cara tentang pembunuhan dengan berbagai trik dan cara.

6. Crayon Shinchan 

Ringkasan Cerita :

Tokoh utamanya adalah seorang bocah berusia lima tahun, ia murid taman kanak-kanak yang sering membuat ulah, dan membuat repot semua orang di sekitarnya.
Crayon Shin-chan pertama muncul pada tahun 1990 secara mingguan di majalah Weekly Manga Action, yang diterbitkan oleh Futabasha. Crayon Shin-chan mulai ditayangkan oleh TV Asahi pada 13 April 1992. Di Indonesia, komik Shin-chan diterbitkan oleh Indorestu Pacific (sebelumnya pernah pula diterbitkan Rajawali Grafiti dengan judul Crayon).
Humor dalam seri ini berasal dari tingkah laku Shin-chan yang janggal. Misalnya ia sering meledek ibunya bila disuruh merapikan mainannya. Seperti ayahnya, Shin-chan juga suka melihat wanita cantik dan sering merayu mereka.

Alasan Dicekal :

* Dari sinopsis cerita sudah bisa disumpulkan bahwa anime ini mengajarkan anak kecil untuk tidak patuh kepada perintah orang tua
* Kelakuan dari character utama pada film tersebut sudah mengarah kepada cabul seperti mengajarkan menghayal tentang nikah.
* Secara keseluruhan anime ini tidak layak dikonsumsi oleh anak-anak.

7. Inuyasha 

Ringkasan Cerita :

Cerita berawal di Tokyo, Jepang, seorang gadis SMU bernama Higurashi Kagome. Dia sedang mencari kucingnya Buyo yang jatuh ke sumur, karena adiknya takut untuk masuk. Pada saat Kagome sampai di sumur tersebut, siluman kelabangatau Mukade Jourou muncul dari dalam sumuratau Sumur pemakan tulang dan menyerangnya. Siluman tersebut menyerang Kagome yang ternyata memiliki Bola Empat Arwah (四魂の玉 Shikon no Tama), dan berkeinginan untuk merebutnya. Kagome kemudian diseret ke dalam masa Sengokuatau Sengoku Jidai. Kagome yang bingung dengan keadaan sekitar yang berubah menjadi hutan, berusaha untuk mencari jalan keluar dan melihat pohon keramatatau goushinbouku, di sana Kagome melihat InuYAsha yang tersegel dan tertidur, Kagome yang penasaran lalu mendekati InuYAsha dan memegang kuping inuyasha yangbukan telinga manusia, tiba-tiba ia di serang oleh penduduk desa yang mengira kagome adalah jelmaan siluman rubah

Alasan Dicekal :

* Banyaknya adegan pembunuhan yang sadis.
* Tujuan dari anime ini adalah memperebutkan bola 4 arwah yang kalau menjadi konsumsi anak-anak tidak cocok.

8. One Piece 

Ringkasan Cerita :

Sebuah anime dan manga tentang sekelompok bajak laut yang dipimpin oleh Monkey D. Luffy yang pergi mencari harta karun legendaris bernama One Piece.
One Piece sukses berkat ceritanya yang kuat, penuh fantasi, nuansa humor yang khas, tokoh-tokohnya yang beraneka ragam, pertarungan yang ketat antara tokoh-tokoh yang aneh, serta tokoh-tokoh yang diceritakan secara mendalam. Sepertinya sangat jarang manga shonen yang mengangkat cerita tentang bajak laut. Popularitasnya di Jepang telah menyaingi Dragon Ball. Beberapa manga lainnya yang hampir mencapai kesuksesan seperti One Piece adalah InuYasha dan Naruto.

Alasan Dicekal :

* Anime ini termasuk dalam anime yang banyak mengandung unsure kekerasan/sadisme yang cukup tinggi.
* Character wanita dalam anime ini tergolong seksi.

9. Naruto

Ringkasan Cerita :

Bercerita seputar kehidupan tokoh utamanya, Naruto Uzumaki, seorang ninja remaja yang berisik, hiperaktif, dan ambisius; dan petualangannya dalam mewujudkan keinginan untuk mendapatkan gelar Hokage, ninja terkuat di desanya.
Tiga belas tahun sebelum cerita ini dimulai, seekor monster rubah ekor sembilan bernama Kyuubi menyerang Konoha, sebuah desa shinobi yang terletak di negara Api. Kekacauan terjadi di desa Konoha dan korban banyak berjatuhan, akhirnya ada seseorang yang berhasil menyegel Kyuubi itu ke tubuh Naruto, seseorang yang berhasil menyegel siluman rubah ekor itu dikenal sebagai Yondaime Hokage, Hokage ke 4 atau Namikaze Minato yang tidak lain adalah ayah dari Naruto. Begitu kuatnya Kyuubi sehingga penyegelan itu harus dibayar dengan kematian Yondaime Hokage sendiri.

Alasan Dicekal :

* Bagi masyarakat umum pasti sudah tahu tentang anime ini, anime ini dicekal karena banyak mengandung unsur kekerasan.
* Menurut kabar yang beredar bahwa akibat menonton anime ini anak-anak cenderung untuk mempraktekkan adegan film tersebut hingga ada yang berujung hingga kematian.

10. Bleach

Ringkasan Cerita :

Bleach bercerita tentang Ichigo Kurosaki, seorang pelajar SMA yang memiliki kemampuan untuk melihat arwah, dan juga Rukia Kuchiki, seorang shinigami (dewa kematian) yang pada suatu hari bertemu dengan Ichigo sewaktu sedang memburu arwah jahat yang disebut hollow. Pada saat Rukia bertarung melawan hollow tersebut, ia terluka dan oleh sebab itu ia tidak memiliki jalan lain selain memindahkan kekuatan shinigami-nya kepada Ichigo. Sejak saat inilah petualangan Ichigo dan Rukia dimulai.
Mereka berdua bertualang mencari dan melawan para hollow dan melaksanakan ritual (konsou) untuk para arwah gentayangan. Dengan ritual ini, para arwah gentayangan menerima pembersihan dan mereka dapat dikirim ke Soul Society (Masyarakat Roh). Bagian awal dari cerita ini difokuskan kepada karakter-karakter dan masa lalu mereka, dan bukan terfokus pada dunia pekerjaan shinigami. Seiring jalannya cerita, hal-hal seperti kehidupan shinigami di Soul Society mulai terungkap sedikit demi sedikit.

Alasan Dicekal :

* Anime ini menonjolkan unsur kekerasan dalam setiap adegan yang dihadirkan.
* Character wanita dalam film ini seringkali beradegan seksi.

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

sumber: AnimaX Club Indonesia

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~ 

Silahkan terserah bagaimana anda menanggapi tulisan tersebut. Pendapat orang mungkin berbeda-beda. Tapi saya pribadi sangat sangat TIDAK SETUJU dengan pencekalan tersebut karena itu semua kan anime favorit saya, ehehehe~

Padahal dari anime itu banyak mengandung ilmu pengetahuan dan pelajaran bermasyarakat yang tidak diangkat dalam film-film indonesia. Dari nonton anime kita belajar apa itu cinta, persahabatan, kerja keras, pengorbanan, impian dan harapan yang tak kandas oleh keputus asaan. Yah, terserah orang mau bilang apa, yang pasti memang semuanya tergantung pada diri kita masing-masing. Sekarang kita hanya tinggal bersikap dewasa dalam menyikapi segala sesuatu. Ambil yang positifnya dan jauhi yang negatifnya. Semuanya selalu begitu, kan?

120 Comments

Leave a Reply
  1. Permasalahan apa yang menjadi inti pokok perkara diatas mengapa ke-10 anime diatas di cekal oleh pihak / pemerintah indonesia…

    (karena 6 dari 10 anime diatas termasuk favorite movie / manga saya)

    Arigatoo gozaimasu

    • Yah, begitulah keadaan masyarakat Indonesia. Anime sekarang sbnernya bukan lagi jd konsumsi anak2. Tapi beberapa orang masih menganggap orang yang nonton anime (kartun – sebutan di Indonesia) di cap sebagai “anak kecil”

      Segala sesuatu padahal tinggal ambil positifnya saja, anime bahkan lebih mengandung banyak makna daripada film/sinetron dalam negeri. Itu pendapat saia^^

  2. naruto ada di global tv, bleach juga ada di indosiar tv, crayon sinchan juga ada d rcti tv,,,
    mengapa dikatakan di cekal di indonesia fuci-chan

    • Wah, saya juga tak tahu. Deathnote, Airgear, Rave, dsb, film-film itu juga pernah tayang di Indonesia. Biasa di Indonesia tu sering banyak pencekalan, entah apa alasannya, mungkin cuma pendapat segelintir orang yang merasa ga suka az ma tayangannya film itu. ^^
      Sebagian besar karna mengandung unsur kekerasan dan pornografi yag katanya merusak generasi muda bangsa. Padahal klo dipikir justru kekerasan dan pornografi dalam masyarakat sehari-hari sendiri-lah yang lebih banyak dilihat anak-anak dibandingkan tayangan anime yang cuma sekedar fanservice.
      Klo mw juga orangtua silahkan mendampingi anaknya menonton televisi^^

    • yupz, dunia orang tua adalah dunia kerja. mereka terlalu sibuk cari uang buat makan anaknya (mungkin). Ato karna orang tua jaman sekarang, adalah anak kecil jaman dulu. dimana blm banyak anime seru yang membuat mereka ketagihan.

    • Amiiin….^_^ setidaknya semua orangtua pasti mengharapkan yang terbaik untuk anaknya (terutama masalah pendidikan). Tapi mereka juga tidak berarti harus selalu memaksakan kehendaknya pada si anak.
      Entah nanti kegemaran saya ini akan ditularkan atau tidak, yang jelas saya belum berniat pensiun dari dunia per-otaku-an apalagi dengan alasan karena “faktor usia”, hehe~

  3. rever itu wktu aku sd pa smp lupa…tayang’y jm 6sorean di stasiun tv yg skrng di ganti tv7 klo ga salah…
    pdhal flm’y bagus menurut ku..pantesan aja di tungu” film’y ga perna ada…eh ternyata di cekal…

    wah klo saiia sey pengen deh punya ortu ky furaha..ga sah cape” ke gramedia taw ke toko buku..coz di baca dr koleksinya berasa toko buku dah pindah ke kmr.hii..banyak banget koleksinya,,

    • iya, sayang sekali semua anime itu mpe dicekal. meski beberapa (ky naruto) akhirnya tetap tayang, walo di jam ga mutu dan pemotongan adegan yang serampangan, malah bikin filmnya jadi aneh. Tetapi tetap saja walo dicekal tidak menghalangi Anime Lover buat nonton, selama DVD merajalela dan internet bebas dijamah, hehe~

      jiahaha~ senangnya klo ortu ma anak bisa otaku-an bareng (>,<)/

  4. masalah nya itu 10 anime di atas di peruntukan untuk remaja di jepang, sedangkan di indonesia malah di siarin pas anak-anak juga bisa nonton…
    terus, orangtua di indonesia lebih cenderung ngebiarin anak-anak nya nonton anime-anime itu sendirian dan lebih memilih nonton sinetron indonesia yg bahkan dari segi kualitas cerita dan efek yg bisa di timbulin dari sinetron itu lebih buruk dari anime-anime yg di cekal…
    bener gak kak??

    • Whoaaa~… setuju banget d(^-^)b
      Padahal ga apa-apa ya, anime tayang malem juga. Trus emang perlu bimbingan orangtua pas nonton TV terlepas itu anime, sinetron bahkan berita pun (kriminal, rekonstruksi kejahatan, penipuan, etc) skarang justru menimbulkan efek negatif klo ga di awasi dengan baik.

    • Kalaupun masih ditayangkan itu juga dengan banyak sensor bertebaran. Seperti buat adegan kekerasan dan fanservice. Itu sih sama aja ga tayangin filmnya =__=” padahal buat film barat aja ga seketat itu.
      Bener, untuk anak kecil yah kembali lagi pada pengawasan orangtua, kalau anime tu dianggap ga sesuai umurnya…

  5. wah gk stuju bgt tuch pdhl mnurut gw tntonn diindonesia tuch pd gk mutu yg mutu cumn anime az… Pkok’e Fuck’in about goverment in indonesia mati az loe pemerintah bngsat

  6. Lalu bagaimana dengan sinetron tabrakan terus kawin……..
    Emangnya itu mendidik…….
    Ngak bermutu sinetronya……..
    Payah…….

    • Sabar… Sabar Jile, jangan terlalu emosi hehe~
      Klo gitu, apa mau coba bikin sinetron bermutu, hihihi~
      Sinetron tabrakan trus kawin itu sinetron apa ya? (=_=)a

      • Banyak sensei…waktu itu aku pernah baca di sebuah novel,belom lagi dengan adanya film setan yang alur ceritanya aneh,lalu film yang ada ‘anu’nya….itu sedikit pun tidak mendidik-,-

        • Tunggu…tunggu… Jile malah bikin penasaran nih. “film yang ada ‘anu’nya” (0.0)a … maksud?? *pikir mesum* #Plakk

          Iya, sebenarnya tontonan bagaimanapun balik lagi ke diri kita menilai dan melihatnya dari segi positif saja, negatifnya buang 😀

  7. aku setuju banget sama komenan di atas … yah tergantung kita menanggapinya bagaimana ..

    Tp seengganya misal kaya naruto dia mengajarkan bhwa kita harus berusaha keras, ngga gampang meraih cita” kita, terus mengajarkan ttg persahabatan sjati kaya naruto yg terus mengejar sasuke mskipun sasuke ngga pduli sama sekali … Dan banyak hal yg bermanfaat yg kita bisa ambil dari anime di atas … Tergantung dri kita sendiri …

  8. salah ucap tuh bang…
    emangnya anime semua serial love dunia anime bisa mati klo anime ga ada adegan kekerasan…
    seharusnya kata2 seperti ini
    misal onepiece : dicekal karena adanya unsur jiwa pemberontakan dan mengajarkan ketidak taatan terhadap aturan pemerintah.

    bukannya semuanya di tulis unsur kekerasan… emang ini dunia banci…

    tolong di perhatikan. bagi seorang penulis, bait tulisan adalah sumber rejeki..

  9. Haha, selalu saja ada alasan cekal krna ada unsure Kekerasan, emang Keras sih untuk Anime One Piece, ap lagi kalo si Penulis ini kena Bogem Mentahnya Luffy wkwkwkwkw, dasar BODOH!,namanya khidupan pasti keras!, pa lagi di kehidupan nyata malah jauh lebih Keras dari pada crita anime, skali lagi BEGO TOLOL! 😛

  10. saya kurang setuju tuh, karena jika kita bisa memilah bagian yang baik dan buruk kita bisa mendapatkan pelajaran yg cukup berharga untuk hidup kita contohnya pd anime naruto kita diajarkan untuk setia pd sahabat.
    bener gak Furaha – san?.

    • Iya, makanya itu tergantung pada masing-masing orang. Asal kita bisa memilah mana yg positif dan mana yg negatif, harusnya tak masalah. Dan memang yang selama ini saya rasakan, banyak banget pelajaran positif yang bisa diambil dari anime/manga tersebut ^-^

  11. indonesia itu bisanya cuma mencekal tapi disuruh buat film kayak gitu gak mungkin bisa.padahal itu anime ceritanya bagus dan imajinasinya tinggi, seharusnya indonesia mencontoh donk bikin film kayak gitu

  12. wut ? itu bukan kekerasan namanya juga anime action -..-
    how baka =….=
    itu emang ada anime genrenya ecchi jadi biasa aja nanggepin anime2 yang charany berpakaian seksi .

    itu bukan anime yang dicekal di indo tapi , anime yang dicekal sama lo sendiri . kalo emang dicekal sama indo ga mungkin ditayangin ditv . Saya kurang setuju sama artikel ini

  13. Pertelevisian indonesia konyol….
    kalo anime kekerasan dilarang, berita kriminal haram tayang dong…..
    kalo cewe anime sexy dilarang, film horror indonesia juga dilarang dong, Jupe, Depe nganggur….

    Raden Kian Santang dan sebangasanya dilarang juga seharusnya dilarang…
    karena pemeranya anak kecil yang kerjaanya adu kekuatan, bahkan sama orang yg lebih tua…..

    • wooo asyik klo gitu.
      iya benar sekali. makanya klo blom cukup umur lebih baik didampingi orang tua pada saat menonton.
      Bagaimanapun juga tiap tayang itu ada nilai positif dan negatif. Tergantung gimana kita menyikapinya.

  14. Jawabannya hanya 1..
    anime memang bukan untuk tontonan anak2…
    hanya di indonesia aja yang di jadikan sebagai sinema anak….
    harusnya pemerintah itu teliti dulu sebelum menayangkan…

    • iya, karena anime juga ada macam-macam Rate dan genre-nya. Harusnya disesuaikan saja. Lagian emang anak-anak jaman sekarang sepertinya udah ga lagi mengkonsumsi anime sebagai tontonan mereka =_=

  15. Setuju sama Furaha-san ^_^
    kalo emang suka sama anime tinggal liat aja di PC sendiri aja
    kan lebih enak dan nyaman
    gak ada iklannya, bisa nonton sambil ngapain aja, bisa di pause, kalo nggak puas nontonnya bisa diulangin ^_^

    Sankyu ^_^, Mohon maaf bila ada salah kata ^_^

  16. kalo menurut saya kan anime kebanyakan bukan buat anak kecil. jadi pihak pemerintah salah kalo bilang anime buat anak kecil. toh sinchan aja buat 18 taun ke atas. aduh ada ada aja ini indonesia :p

    thanks share nya bro/sist ^_^

  17. bener gue gak setuju padahal gue suka naruto,sinchan,dan one piece coba obito pernah bilang orang yg melanggar peraturan disebut sampah orang yg tdk menolong temannya lbh buruk dari sampah itu kan pesan moral gmn.kedua kenapa naruto tayangnya jarang disensor lagi yg disensor contoh: six path pain vs utakata jinchuriki rokubi saiken. apa yang bagus dari sinetron ? ngelawan orang tua, cerai, pacaran,dan lain lain. apa yg bgs dari yks/acara komedi lain ? ketawa ketiwi,dan ngomong kata kata lucu yg parah. mending on the spot lebih pengetahuan tapi sinetron harus digantikan dengan anime (y) harus ditonton dulu anime nya hampe abis dan dicari pesan moralnya,kebaikannya,dan kelucuanya jgn asal main cekal aja baru denger ceritanya doank langsung dipikir unsur negative-nya film horor lebih parah kan??>???>><????? bagi yg dukung anime like gue kalo sinetron don't like gue setuju terima kasih sekian dari saya anime hebat 🙂

  18. Menrutku sih anime itu lebih mengajarkan kita tentang persahabatan, kesetiaan, kerja keras dsb, kalau masalah ceweknya terlalu seksi, kayaknya sih kalau gak gitu kan namanya bukan anmie hehehe terutama air gear#

  19. Kalau kartun-kartun dicekal karena terlalu banyak unsur kekerasan, maka kartun Tom and Jerry seharusnya juga ikut dicekal. Alasannya, karena di kartun tersebut terlalu banyak adegan kekerasan yang tidak disadari para penontonnya. Tidak mungkin, kan, ada tikus yang mampu memotong tubuh kucing? Hal itu jelas-jelas sebuah kekerasan yang tidak disadari para penonton.

  20. Astagaa.. Conan dicekal? :l …*speechless *
    (aku nonton Conan dari kecil, ga pernah kepikiran ngepraktekin cara buat ngebunuh orang …. cuma pengetahuannya yang aku ambil :l ha7~)

    • Haha, iya bagus klo kita ambil positifnya dan bisa berpikir mana yang baik & yang ga. Mungkin dicekal karena takut ada anak yang kecenderungan mempraktikan apa yang dia tonton.

  21. Lhoh bukannaya anime itu bkan untk anak2 tp untuk 15thn keatas d jepang shincan adlah tayangan untuk org dewasa ditayangkan tengah mlam orang indonesia aj yg slah kaprah semua yg berbau animasi psti dianggap tayangan anak2….pmikirannya krang luas…….

  22. Pencekalan ini memang ada benarnya, anime memang tidak cocok ditonton anak-anak karena anime memang tidak ditujukan untuk anak-anak, melainkan untuk remaja dan dewasa. Coba lihat rating anime, pasti mayoritasnya untuk umur 12 tahun ke atas. Siapa yang setuju pendapat saya?

    • iya mungkin klo pun ada solusi penayangannya di jam-jam tertentu untuk rating tertentu. Kan biasa di acara TV lain pun ada BO (Bimbingan Orangtua), SU (Semua Umur), D (Dewasa), R (Remaja) XD

  23. Pencekalan ini memang ada benarnya.
    Anime memang tidak cocok ditonton anak-anak, karena anime DITUJUKAN UNTUK REMAJA dan DEWASA. Coba lihat rating anime, pasti mayoritasnya untuk 12 tahun keatas. Tapi karena pemikiran sempit kebanyakan orang-orang non-animelover, mereka menanggap anime ditujukan untuk anak-anak. Siapa yang setuju dengan pendapat saya?

  24. Haddooohhh wkwkwk lucu liat alasan di cekalnya
    Itu diliat dari sisi negatif mulu sih gimana mau maju
    Mustinya liat juga donk sisi positif tentang nilai moral yang diajarkan kepada anak-anak,mereka juga ga bulet2 kan nelennya ksh arahan juga jdi suatu saat itu jadi pelajaran berharga buat mereka
    Gw lebih setuju dicekal aja sinetron indonesia :v ga bermutu ngajarin hal2 buruk wkwkwk,, bisa2nya cekal bilang buruk itu karena u liat dri sisi negatif wkwk,ngakak abis
    Kalo mau bilang sisi negatif sinetron di indonesia lbh ga patut di tontonin sama anak kecil makin ga bermutu wkwkwk

  25. Yah ada bener nya juga sih. banyak animr yang bagus di tampilkan. Yang menginspirasi kayak haikyuu!,diamond no ace. Free juga bisa >u< banyak anime kan ribuan bisa di pilih pilih (y)

    • anime juga sebenarnya ada rate-nya, klo bisa ditayangkan sesuai rate juga sebenarnya ga apa-apa. sekali lagi tergantung pada sudut pandangnya. pasti ada positif dan negatif.

  26. percuma sih bang, walaupun ada sensor-sensor, pencekalan dan lain-lain anak-anak sekarang udah mulai diracuni sama punk punk dan lain lain. itu sebenarnya yg merusak moral anak bangsa. tapi, ada ga pencekalan punk, beatdown dkk? gk ada pelajaran yg bisa diambil, beda sama anime. gue jadi rindu masa kecil yg penuh kebahagiaan yg guru asuma ngeroko aja no sensor.

  27. Hadeh2 namanya juga Film,
    Coba lhu nonton the raid tapi adegannya hanya orang minum kopi tanpa melakukan apa2, apa yang anda pikirkan saat itu ?
    Pasti bosan kan,
    Film bergenre Action yah wajarin ajala kalau ada kekerasan,
    Peraturan Indonesia ini sok KETAT padahal peraturan di KPK masih longgar dan masih ada aja yang KORUPSI.

    Jadi untuk KPI, coba lhu bandingkan sisi positif dan negatif Sinetron Alay Indonesia dengan Anime Luar.

  28. Saya juga G̶̲̥̅̊
    @̤̥̣̈̊̇
    К̲̣̣̥
    SETUJU bgttt. Itu kan juga anime faforit saya,.
    Dan Menurut saya diindonesia banyak film” atau sinetron yg G̶̲̥̅̊
    @̤̥̣̈̊̇
    к̲̣̣̥
    begitu mendidik ,kan lebih baik anime dari pda sinetron,.

  29. Wah, kalau menurut saya pribadi sih, juga nggak setuju. Saya suka nonton anime (apalagi yang nomor 5 dan 7-10 adalah favorit saya) karena nuansa persahabatan dan kerja kerasnya lebih kentara dibandingkan dengan tayangan-tayangin hiburan di TV Indonesia yang kebanyakan less moral value-nya. Kalau memang tujuan dicekalnya karena takut anak-anak terpengaruh, sebenarnya itu juga tergantung. Bisa saja kan orangtua memantau dan membantu anak-anaknya mencerna pesan moral dari anime-anime di atas? Sebenarnya semua itu juga tergantung dari masyarakatnya sendiri tentang bagaimana menyikapinya. Intinya, saya juga merasa sedih kenapa anime-anime yang punya banyak nilai tambah justru dicekal, sementara tayangan-tayangan teve yang nggak bermutu justru dibiarkan begitu saja.

  30. Ahh emang pemerintah yg bego’. Masa alasannya tidak cocok dikonsumsi anak2 sih? Kan emang anime bkn buat dikonsumsi anak2 -_-
    Anime itu untuk remaja sm dewasa. Klo soal remaja nya dibawah umur apa enggak, itu kan tergantung pemikirannya dewasa apa nggak, labil apa nggak. Nah anime sampe ada genre hentai itu, masa msh diblng buat anak2? Ngaco nih pemerintah -_-

    Saran buat pemerintah, klo gk mau sampe anime dikonsumsi anak2, taruh aja jam tayangnya jam 9 malam keatas. Jgn dibawah jam 9 malam. Klo bocah/anak2 mah wajar klo udah suka ya pasti ditiruin. Contoh aja kyk upin ipin, ada bocah yg belain botakin rambut ampe tinggal satu helai di kepala demi ngikutin gaya upin -_- mau jd cosplay cilik nak?

    Udah itu aja min, maaf klo ane pake kata2 kurang sopan. Well, its me

  31. ini sih bukan masalah sensor menyensor tetapi untuk kepentingan bisnis. yang punya tivi. Kalau mereka menayangkan film buatan luar mereka harus bayar royalti juga kepada orang lain. makadari itu, mereka mencari alasan agar film ini dilarang tayang di indonesia walaupun memiliki banyak penggemarl. naruto disisain karena masih dianggap menguntungkan dan paling banyak penggemarnya. mereka juga memanfaatkan ketidakketahuan masyarakat tentang anime. coba bayangkan masak tanyak tentang anime kepada psikolog dan ahli pertivian ya gak nyambunglah harusnya kan tanyak ke ahli anime sendiri baru dijelaskan.

  32. menurut gue sih anime yg bertindak kekerasan atau apalah itu sebaiknya di tayangin di atas jam 10 mlm…lagian yg nama nya anak kecil klo dia suka sama sesuatu film pasti ada salah satu tokoh nya di tiruin..jaman sekarang anak anak sd dan ll ya sudah pada pacaran gara gara liat sinetron bahkan ada anak tetangga gue niru niru srigala itu apa gak salah tu anak ya…!!
    jadi ke simpulannya seharusnya yg di cekal adalah sinetron…wkwkwk maaf klo ada kata kata yg salah ini cuma pendapat gue aja
    :v:v

    • Anime tu ada ratingnya,g semua cocok buat anak2.trs tergantung gmn mencernanya dan didikan ortunya.dri dlu umur gw 5 th smpe skrg ntn naruto g pernah terlibat kekerasan apalagi tawuran.krn dri kecil ud dididik g blh buat kekerasan.KPI aja kurang mikirnya.itu pendapat gw.maaf klo kata2 kurang sopan

  33. Anime itu sebagian besar untuk remaja kan ? Tapi setelah ane pikir² anime mengajarkan kita agar tidak patah semangat dan persahabatan sejati itu seperti apa dan juga bagaimana cara hidup dengan konyol. 😛

  34. mak ane aja nyebut anime tu kartun :3
    iya emang dulu waktu SD ane sempet dilarang nonton naruto, katanya ga mutu gitu -_-
    tapi kan anime ada ratingnya juga, yg buat anak2 kan juga ada, kaya digimon, doraemon

  35. Tch. Indonesia terlalu horor. Saya adalah seorang Naruto Lover. Di anime Naruto, kita diajarkan tentang persahabatan. Juga ada acara penyadaran bagi karakter antagonis. Ada juga adengan dimana Sasuke dan Itachi melawan Kabuto. Disana juga ada adengan keluarga. Karena anime inilah membuat saya menjadi orang yang perduli dan sering bersosialisasi. Dasar. Indonesia terlalu primitif.

  36. Heleh! Indonesia2 GaJe banget sih! Masa anime kesukaanku dicekal semua! Mana Detective Conan sama Naruto dicekal pula! Kalo alasan.a ndak baik untuk anak, tayangin aja Hamtaro di jam kurang dari jam 9 malam! Gitu aja kok repot! Padahal kan kalo nonton anime bisa nambah wawasan! Cntoh.a aja Conan, qta kan bsa jdi tw pikiran para penjahat itu bagaimana dan cara untk menangkap mereka! Coba sruh kepolisian Indonesia nnton Conan, mungkin aja para Koruptor negeri ini bsa berkurang! Padahal nonton anime itu seru banget lagi! Ndak kaya sinetron Indo yg isi.a KDRT, Perceraian, Perselingkuhan dan yg lain.a! Ya kan!

  37. Ya kita ngambil positifnya aja. Oh iya. 1 lagi anime yg di cekal. yaitu Hunter x Hunter haha. padahal keren bgt. Maknanya juga banyak yg tersirat di animenya

  38. Pulang kerumah jam 6 langsung lari ke kamer nyalain tv kirain masih ada naruto, eh tau-tau idah ice age aja. =_=. Haduuh padahal udah lari-lari, kecewa saya. Trus pas liat di salah satu fanpage naruto, di global tv naruto udah diganti sama dragonball yang sudah teramat kuno itu. Dan pemerintah itu salah mencekal film/anime/sinetron! Masa’ yang sinetron KDRT-lah, cerai-lah, rebut suami orang-lah dibolehin! Naruto yang jelas-jelas bejibun kata-kata moralnya gak boleh?! Aneh! Film-film barat yang banyak adegan 18+ nya aja kadang-kadang lolos sensor! Kalo misalnya anime yang pakaiannya seksi ya tinggal di sensor, kayak Tsunade gituh kok repot! Di naruto ada darah dikit, SENSOR! darah banyak malah diliatin gimana sih? ??????

    • yah, mungkin kebijakan pemerintah sekarang beda dengan dulu jaman anime masih gencar, banyak tayang di TV. Itu sebabnya belakangan jarang nonton TV karena ga ada acara yang menarik. Akibatnya kebanyakan lari ke internet dan memilih donlot sendiri film anime yang dia suka.

  39. Duh saking panjangnya saya mau comment jadi 2 baris neh -_-. Oke maaf kalau ada salah kata saya minta maaf. Sekian ?

  40. Susah memang jadi orang indonesia kn cuma anime bagaimana mau maju kalau anime yang begitu saja sudah cekal bagaimana dengan film barat yang lebih parah dari anime

  41. Memang susah jadi orang indonesi yang nonton anime memang cuma dianggap anak-anak jadi orang dewasa yg hobi nonton anime dianggap anak kecil padahal kn anime memang untuk remaja dan orang dewasa bukan anak anak

  42. Yang jadi masalah itu, semua anime di atas bukan merupakan tontonan anak-anak di bawah usia 17 tahun. Kita ‘kan tahu kalau anime itu bukan untuk anak-anak. ‘Tul??

    Anime itu macam-macam; ada yang diperuntukkan untuk remaja, anak-anak, bahkan dewasa. Jadi secara gitu, anime-anime yang tayang di Indonesia bukan tontonan anak2, dan lagi anime2 di atas juga beberapa masuk favorit ane 😀

    Tapi nih ya, karena di Indonesia anime itu dianggap ‘kartun’ jadinya menurut mereka anime itu tontonan anak-anak. Padahal nggak selalu. Bahkan anime-anime yang sekarang beredar di websita2 kebanyakan pasti buat para remaja kan.. ahahahahahahahaha!!! Hidup anime dan remajaaaaa!!!!!!!!!!!!!! XD

  43. pantesan aja anime udh pada ngilang rupanya pada dicekal toh. padahal biasanya aku pulang sekolah langsung idupin tv trus buka channel yg ada anime nya. kalo skrg mah harus streaming dulu-.-

    kalo sinchan sih aku setuju soalnya film nya ga bagus buat anak kecil tapi herannya sampe skrg masi ditayangin di jam anak” bisa nonton. tapi kalo anime lain yg disebutin diatas bitch please itukan buat anak remaja-3- emng pemerintah pada bego-_-“

  44. Naruto tetep tayang…
    Tapi keseringan sensor darah,ddan episode yang diulang-ulang….
    Kalo gini mah enaknya pake internet aja
    KPI yang sangat gak mutu..

  45. nah setuju ni, tp kalo saya sendiri si ada jg letak kesalahan yg dr ortu anak2 yg asal ngebiarin anak2 nonton tanpa bimbingan mereka. Tp yah…miris banyak orangtua di indonesia yg kalo ngeliat itu anime/kartun, adalah tontonan anak2. Padahal banyak anime/kartun yg isinya tdk mendidik spt yg agan jelasin

  46. kenapa selalu “tidak cocok untuk anak – anak, tidak cocok untuk anak – anak??” lagian itu semua kan anime bukan untuk anak – anak.

  47. Apa yg terjadi misalnya SNK ditayangin di indonedia tanpa sensor, apakah anak” akan niru itu titan makanin org? Tentu tidak, mereka tau kalo manusia bukan makanan. Saya aja punya adik klas 4 sd saya kasih nonton SNK, tidak terjadi apa apa sama adek saya, dia malah senang, dan dia tidak makan org :v
    Jadi pendapat saya nonton anime mmng harus org yg punya logika, gk kayak kpi yg gk punya logika, dan nonton anime tergantung rate-nya, kecuali adek saya :v

  48. Semuanya!!! Dengerin!! Sebenernya masalahnya gampang, yang cekal kan pemerintah, berarti 5-10 tahun kedepan, orang2 yg suka anime dengan jumlah yg besar harus masuk ke pemerintahan, buat ngapus aturan yg mencekal anime di indonesia, dengan begitu kita bukan cuma bisa ngapus aturan itu aja, tapi juga bisa memajukan kasanah per-animean di indonesia(anjaaaay), semoga aja masa depan dimana anime2 di indonesia bisa semaju jepang itu terwujud, amiiin…..
    (Furaha-chan maaf komennya kepangjangan ehehehehee)

  49. Sumpah aku ngakak.
    Jujur aja, aku sejak kelas 3 ato 4 sd udah boleh nonton kayak SNK, akame ga kill, Tokyo ghoul, dkk. Tapi, kakakku tau kalo aku punya logika dan pasti ngerti kalo itu cuma imajinasi manusia. Bahkan kelas 6 sd aku diajak nonton kartun yg bahasanya (sumpah) kotor banget. Aku sih protes ke kakak. Bahkan ada adegan yg kek gitu itu. INI BUKANNYA kakakku ngajarin yg kayak begituan. Aku rasa ini biar aku ngerti segala kemungkinan yg bisa terjadi di hidup ini. Iya, negatifnya aku jadi tau hal2 kek gt. Aku yakin, karena sblm2 nya dia pernah bilang secara ga langsung yg intinya “orang2 luar memang pikirannya kebanyakan ngeres”. Dari situ aku tau hal itu ga baik. Kakakku malah sbnrnya dulu masuk anak2 ga baik. Masa aku yg tau masa lalunya kek gitu malah suka ama hal yg di bahkan pikirannya jelek. Kan artinya aku lebih buruk dri dia :v. Jadeh intinya, bkn masalah umur, masih anak2 kek, remaja kek, cuma masalah mereka dah ngerti apa blm.
    Ya mungkin banyak yg gasetuju,( atau gamudeng malah) ama comment eneh. Yasudahlah. Ini cuma yg kupikirkan selama eneh :v.
    #sry4longcomment.
    #I.know.I’m.too.young.for.this.thing.
    #FYI.I’m.still.<15

    • ya, asal bisa bijak menilai mana yang baik dan buruk, mana yang pantas dan gak pantas dilakukan di kehidupan nyata sih ky’y sah-sah aja buat ditonton.

  50. Dan nntn anime ada manfaatnya looh /(-∆- )/
    Belajar b. Jepang dikit dikit :v, kalo terpaksa baca manga –> belajar B. Inggris v:
    #piss :v
    #plis liat dri sisi positif dlu bru ke negatifnya.
    #eh aku jd merasa kek anak kecil ingusan yang sotoy haha~

Leave a Reply