10 Anime yang Dicekal di Indonesia

1. Death Note

Ringkasan Cerita :

Manga ini bercerita mengenai Death Note (buku kematian) yang sengaja dijatuhkan oleh Ryukk, seorang Shinigami (malaikat kematian, reaper) ke dunia manusia, di mana bila nama seseorang ditulis dalam buku tersebut, maka orang itu akan segera meninggal. Buku ini kemudian ditemukan oleh Yagami Raito (Light Yagami), seorang siswa jenius anak seorang inspector kepolisian jepang. Awalnya Raito tidak percaya dengan kekuatan Death Note tersebut, namun setelah ia coba dan berhasil, ia mulai percaya. Ditambah lagi dengan kemunculan Ryukk yang akan selalu mengikuti orang yang menemukan Death Note-nya. Dengan kejeniusannya, Raito kemudian berencana menggunakan buku tersebut untuk menciptakan dunia baru yang bersih dari kejahatan (utopia) dengan dirinya sebagai dewa.

Alasan Dicekal :

* Memakai adegan kekerasan dari awal cerita hingga akhir cerita.
* Terlalu banyak adegan pembunuhan hingga tidak cocok ditonton oleh anak-anak.
* Mengdoktrin anak-anak bahwa di dunia ini ada buku yang bisa membuat perencanaan meninggalnya seseorang.

2. Air Gear

Ringkasan Cerita :

Itsuki “Ikki” Minami, seorang murid yang dikenal sebagai babyface terkuat adalah pemimpin dari geng remaja “East Side Gunz“, dalam perjalanan pulang setelah dipermalukan oleh grup storm rider bernama skull saders, dia mengungkap rahasia tersembunyi dari keluarga angkatnya, Noyamano bersaudara, yang ternyata adalah anggota dari group storm riders legendaris dengan nama Sleeping forest. setelah menuntaskan dendamnya dengan Skull saders, Ikki dalam perjalanannya menemukan hal yang “melebihi kepuasan dari sekedar balas dendam”. setelah merasakan pengalaman saat “terbang”, Ikki langsung terlibat dalam dunia Air Treks yang penuh dengan misteri.

Alasan Dicekal :

* Banyaknya character yang berpakaian seksi sehingga anime ini dianggap mengajarkan pornografi.
* Banyaknya adegan kekerasan dan kata-kata yang tidak patut untuk dicontoh oleh anak-anak.

3. Rave Master

Ringkasan Cerita :

Semua berawal pada tahun 0015 (tahun 10015 dibaca 0015) dimana saat itu kekuatan yang dikenal sebagai “ibu” dari segala Dark Bring yakni Sinclaire, mengancam dunia. Shiba sebagai Rave Master pertama mencoba menghancurkan dengan pedangnya namun yang terjadi adalah Overdrive yakni sebuah ledakan besar yang menghancurkan sepersepuluh bagian dari dunia. Rave yang digunakan Shiba saat itu akhirnya terpencar menjadi 5 bagian akibat Overdrive’ dan Shiba hanya dapat mengambil satu bagian dari Rave tersebut. Namun, Shiba belum mampu menghancurkan Sinclaire dan hanya mampu melukainya.
50 tahun berlalu sejak itu, Haru Glory, seorang remaja yang tinggal dipulau Garage menemukan makhluk aneh yang mempunyai badan kecil serta hidung seperti bor. Haru diberitahu oleh Shiba bahwa itu adalah “Plue”. Makhluk itu adalah makhluk yang menemani Rave Master sebagai Rave Warrior.

Alasan Dicekal :

* Anime ini tergolong vulgar karena character wanita berpakaian minim.
* Banyaknya adegan perkelahian sehingga tidak cocok untuk dikonsumsi oleh anak-anak.

4. Pichi Pichi Pitch 

Ringkasan Cerita :

Lucia nanami seorang putri duyung jatuh cinta kepada kaito seorang manusia. Ia berjuang untuk menjadi manusia. Iapun berhasil menjadi manusia. namun sayang Kaito tak menyadarinya. Lucia menjadi sedih. namun akhirnya ia berhasil dekat dengan Kaito.
Kaitopun akhirnya tahu bahwa lucia adalah seekor duyung. Tapi ia sudah terlanjur mencintai Lucia. Perjuangan cinta mereka diuji ketika Lucia terpaksa mencari para princess duyung untuk menyelamatkian negerinya.

Alasan Dicekal :

* Anime ini tergolong vulgar.
* Terlalu banyak adegan ciuman yang tidak cocok untuk dikonsumsi anak-anak.

5. Detective Conan

Ringkasan Cerita :

Shinichi Kudo, seorang detektif SMA berusia 17 tahun yang biasanya membantu polisi memecahkan kasus, diserang oleh 2 anggota sindikat misterius ketika mengawasi sebuah pemerasan. Dia kemudian diberi minum racun misterius yang baru selesai dikembangkan yang ditujukan untuk membunuhnya, namun karena sebuah efek samping yang jarang terjadi yang tidak diketahui anggota sindikat tersebut, racun tersebut mengakibatkan tubuhnya mengecil seperti bocah berusia tujuh tahun setelah mereka meninggalkannya.

Alasan Dicekal :

* Anime ini dianggap mengajarkan cara tentang pembunuhan dengan berbagai trik dan cara.

6. Crayon Shinchan 

Ringkasan Cerita :

Tokoh utamanya adalah seorang bocah berusia lima tahun, ia murid taman kanak-kanak yang sering membuat ulah, dan membuat repot semua orang di sekitarnya.
Crayon Shin-chan pertama muncul pada tahun 1990 secara mingguan di majalah Weekly Manga Action, yang diterbitkan oleh Futabasha. Crayon Shin-chan mulai ditayangkan oleh TV Asahi pada 13 April 1992. Di Indonesia, komik Shin-chan diterbitkan oleh Indorestu Pacific (sebelumnya pernah pula diterbitkan Rajawali Grafiti dengan judul Crayon).
Humor dalam seri ini berasal dari tingkah laku Shin-chan yang janggal. Misalnya ia sering meledek ibunya bila disuruh merapikan mainannya. Seperti ayahnya, Shin-chan juga suka melihat wanita cantik dan sering merayu mereka.

Alasan Dicekal :

* Dari sinopsis cerita sudah bisa disumpulkan bahwa anime ini mengajarkan anak kecil untuk tidak patuh kepada perintah orang tua
* Kelakuan dari character utama pada film tersebut sudah mengarah kepada cabul seperti mengajarkan menghayal tentang nikah.
* Secara keseluruhan anime ini tidak layak dikonsumsi oleh anak-anak.

7. Inuyasha 

Ringkasan Cerita :

Cerita berawal di Tokyo, Jepang, seorang gadis SMU bernama Higurashi Kagome. Dia sedang mencari kucingnya Buyo yang jatuh ke sumur, karena adiknya takut untuk masuk. Pada saat Kagome sampai di sumur tersebut, siluman kelabangatau Mukade Jourou muncul dari dalam sumuratau Sumur pemakan tulang dan menyerangnya. Siluman tersebut menyerang Kagome yang ternyata memiliki Bola Empat Arwah (四魂の玉 Shikon no Tama), dan berkeinginan untuk merebutnya. Kagome kemudian diseret ke dalam masa Sengokuatau Sengoku Jidai. Kagome yang bingung dengan keadaan sekitar yang berubah menjadi hutan, berusaha untuk mencari jalan keluar dan melihat pohon keramatatau goushinbouku, di sana Kagome melihat InuYAsha yang tersegel dan tertidur, Kagome yang penasaran lalu mendekati InuYAsha dan memegang kuping inuyasha yangbukan telinga manusia, tiba-tiba ia di serang oleh penduduk desa yang mengira kagome adalah jelmaan siluman rubah

Alasan Dicekal :

* Banyaknya adegan pembunuhan yang sadis.
* Tujuan dari anime ini adalah memperebutkan bola 4 arwah yang kalau menjadi konsumsi anak-anak tidak cocok.

8. One Piece 

Ringkasan Cerita :

Sebuah anime dan manga tentang sekelompok bajak laut yang dipimpin oleh Monkey D. Luffy yang pergi mencari harta karun legendaris bernama One Piece.
One Piece sukses berkat ceritanya yang kuat, penuh fantasi, nuansa humor yang khas, tokoh-tokohnya yang beraneka ragam, pertarungan yang ketat antara tokoh-tokoh yang aneh, serta tokoh-tokoh yang diceritakan secara mendalam. Sepertinya sangat jarang manga shonen yang mengangkat cerita tentang bajak laut. Popularitasnya di Jepang telah menyaingi Dragon Ball. Beberapa manga lainnya yang hampir mencapai kesuksesan seperti One Piece adalah InuYasha dan Naruto.

Alasan Dicekal :

* Anime ini termasuk dalam anime yang banyak mengandung unsure kekerasan/sadisme yang cukup tinggi.
* Character wanita dalam anime ini tergolong seksi.

9. Naruto

Ringkasan Cerita :

Bercerita seputar kehidupan tokoh utamanya, Naruto Uzumaki, seorang ninja remaja yang berisik, hiperaktif, dan ambisius; dan petualangannya dalam mewujudkan keinginan untuk mendapatkan gelar Hokage, ninja terkuat di desanya.
Tiga belas tahun sebelum cerita ini dimulai, seekor monster rubah ekor sembilan bernama Kyuubi menyerang Konoha, sebuah desa shinobi yang terletak di negara Api. Kekacauan terjadi di desa Konoha dan korban banyak berjatuhan, akhirnya ada seseorang yang berhasil menyegel Kyuubi itu ke tubuh Naruto, seseorang yang berhasil menyegel siluman rubah ekor itu dikenal sebagai Yondaime Hokage, Hokage ke 4 atau Namikaze Minato yang tidak lain adalah ayah dari Naruto. Begitu kuatnya Kyuubi sehingga penyegelan itu harus dibayar dengan kematian Yondaime Hokage sendiri.

Alasan Dicekal :

* Bagi masyarakat umum pasti sudah tahu tentang anime ini, anime ini dicekal karena banyak mengandung unsur kekerasan.
* Menurut kabar yang beredar bahwa akibat menonton anime ini anak-anak cenderung untuk mempraktekkan adegan film tersebut hingga ada yang berujung hingga kematian.

10. Bleach

Ringkasan Cerita :

Bleach bercerita tentang Ichigo Kurosaki, seorang pelajar SMA yang memiliki kemampuan untuk melihat arwah, dan juga Rukia Kuchiki, seorang shinigami (dewa kematian) yang pada suatu hari bertemu dengan Ichigo sewaktu sedang memburu arwah jahat yang disebut hollow. Pada saat Rukia bertarung melawan hollow tersebut, ia terluka dan oleh sebab itu ia tidak memiliki jalan lain selain memindahkan kekuatan shinigami-nya kepada Ichigo. Sejak saat inilah petualangan Ichigo dan Rukia dimulai.
Mereka berdua bertualang mencari dan melawan para hollow dan melaksanakan ritual (konsou) untuk para arwah gentayangan. Dengan ritual ini, para arwah gentayangan menerima pembersihan dan mereka dapat dikirim ke Soul Society (Masyarakat Roh). Bagian awal dari cerita ini difokuskan kepada karakter-karakter dan masa lalu mereka, dan bukan terfokus pada dunia pekerjaan shinigami. Seiring jalannya cerita, hal-hal seperti kehidupan shinigami di Soul Society mulai terungkap sedikit demi sedikit.

Alasan Dicekal :

* Anime ini menonjolkan unsur kekerasan dalam setiap adegan yang dihadirkan.
* Character wanita dalam film ini seringkali beradegan seksi.

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

sumber: AnimaX Club Indonesia

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~ 

Silahkan terserah bagaimana anda menanggapi tulisan tersebut. Pendapat orang mungkin berbeda-beda. Tapi saya pribadi sangat sangat TIDAK SETUJU dengan pencekalan tersebut karena itu semua kan anime favorit saya, ehehehe~

Padahal dari anime itu banyak mengandung ilmu pengetahuan dan pelajaran bermasyarakat yang tidak diangkat dalam film-film indonesia. Dari nonton anime kita belajar apa itu cinta, persahabatan, kerja keras, pengorbanan, impian dan harapan yang tak kandas oleh keputus asaan. Yah, terserah orang mau bilang apa, yang pasti memang semuanya tergantung pada diri kita masing-masing. Sekarang kita hanya tinggal bersikap dewasa dalam menyikapi segala sesuatu. Ambil yang positifnya dan jauhi yang negatifnya. Semuanya selalu begitu, kan?

120 Comments

Leave a Reply

                                                                                    Leave a Reply

                                                                                    Your email address will not be published. Required fields are marked *

                                                                                    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.