[Alexandros] J-Band Profile

Ok, jadi cerita awalnya dulu gue sempet pernah denger soal band yang bernama [champagne]. Waktu itu biasa aja pas ada yang rekomendasiin, ga langsung cekidot lagu mereka (maklum lagi tergila-gila ama ONE OK ROCK) tapi ternyata… jreng… jreng… jreng… berawal dari sebuah MV berjudul “You’re So Sweet & I Love You” sukses membuat gue jatuh cinta ama ini band yang sekarang sudah berubah nama menjadi [Alexandros].

Alexandros-band

Jujur musik mereka keren banget. Gak cuma satu-dua lagu tapi semuanya dari satu album yang sengaja gue denger buat dijadiin bahan eksprerimen #halah semuanya mantap gilaaaaa…. enakeun mamennnn d(^-^)b Dan sepertinya pencarian gue terhadap Alexandros tak berhenti sampai sini, karena dipastikan bagaimanapun caranya gue mesti berburu semua lagu-lagu & MV mereka. Termasuk cari tau lebih lanjut tentang profil band kece satu ini.

Dan hasilnya sekarang gue bakal bagi soal info profil yang gue dapat setelah berkelana semalaman kemaren di lahan google. Simak kisahnya berikut ini…



Alexandros-band2

Tahun 2001 [Alexandros] (yang sebelumnya dikenal sebagai [Champagne]) awalnya dibentuk oleh vokalis Yoohei Kawakami dan bassist Hiroyuki Isobe. Berhasil di Suriah, Yoohei yang dengan aksen Timur Tengah dalam bahasa Inggrisnya sambil harus bernyanyi dalam bahasa Inggris dan Jepang, tak hanya sekedar musik rock agresif tapi juga lagu-lagu manis dan mellow yang ia buat. Hiroyuki yang menghabiskan sebagian masa kecilnya di Amerika Serikat tampaknya membantu menciptakan band ini jadi terdengar agak bukan tipe band lokal Jepang pada umumnya. Dua orang berbakat ini pun berkumpul untuk membentuk salah satu band paling orisinal dari negeri matahari terbit.

Gitaris Masaki Shirai memutuskan untuk bergabung ke grup pada tahun 2007. Pada bulan Januari 2010, dihantarkan oleh RX-RECORDS hanya dalam beberapa tahun setelah itu, band ini merilis pertama kalinya rekaman dan album debut yang hampir sempurna “Where’s My Potato?”. Terlepas dari album yang berasal dari band yang belum punya nama, ini tampaknya disambut besar di seluruh negeri mulai dari mulut ke mulut. Dan dari inilah semuanya dimulai.

Pada bulan Maret tahun yang sama, band ini menyumbang sebuah lagu cover Mary Poppins untuk album kompilasi Walt Disney “DISNEY ROCKS!” yang didistribusikan secara eksklusif melalui Village Vanguard, sebuah jaringan toko merchandise/buku. Ini memberikan keuntungan dan respon yang baik bagi band. Sebulan kemudian, Satoyasu Shoumura yang terkadang menjadi anggota pendukung band di belakang layar pun kini menjadi drummer resmi. Hal ini menyebabkan empat anggota band sekarang untuk pindah ke Tokyo, berbagi satu rumah bersama-sama agar fokus pada karir musik mereka.

Band ini merilis beberapa EP selama sisa tahun termasuk “city” pada tanggal 7 Juli, yang di tayangkan di saluran musik Space Shower TV di bulan Juli. Setelah sejumlah single di keluarkan, band merilis album kedua mereka “I Wanna Go To Hawaii.” pada 9 Feb 2011. Sekali lagi, seperti sebelumnya di album pertama, album baru pun mendapat sambutan hangat dari pers yang memicu bahkan lebih meledak di pasaran seluruh negeri. Segera setelah rilis, band ini melanjutkan tur, mulai dari tanggal terakhir mereka shoting untuk membuat DVD live pertama yang dirilis pada 17 Oktober berjudul “It’s Me And Me Against The World”.

Pada tanggal 16 Januari 2012, [Alexandros] cukup beruntung untuk menjadi pembuka band rock Inggris Kasabian dan mendapat pengakuan sekaligus diterima oleh para penggemar musik yang lebih memilih musik luar negeri daripada musik lokal Jepang. Segera setelah itu, pada tanggal 4 April band merilis album ketiga “Schwarzenegger”, yang lagi-lagi mendapat tanggapan baik dan menjadi album hit #10 di chart Oricon Jepang segera setelah rilis.

Setelah merilis single lain “Kill Me if you can” dari album pada bulan Juli, band ini merilis 2DVD berjudul “I thought it was only one day” yang terdiri dari rekaman acara tur final Schwarzenegger mereka pada 30 Juni di Shibuya AX dan koleksi video promo mereka. Tahun 2013 merupakan tahun yang lebih sibuk untuk band. Mereka mengawali tahun dengan menjadi band pendukung untuk MUSE di konser livenya Jepang pada tanggal 11 Januari di Saitama Super Arena. Segera setelah itu, double A-side single mereka dirilis, yang berisi air mineral alami Gerolsteiner track series. Faktor inilah yang menjadi dorongan besar dalam mencapai berbagai kalangan, dan membawa single menempati posisi # 11 di Oricon Weekly Chart segera setelah rilis. Band memutuskan untuk mengambil langkah lebih lanjut dan mengekspos diri mereka ke penonton yang lebih luas.

Pada tanggal 16 Mei, band ini tampil di festival Inggris bergengsi THE GREAT ESCAPE, memperoleh banyak reaksi positif dari penonton Inggris. Berikutnya tanggal 26 Juni adalah hari album baru mereka rilis berjudul “Me No Do Karate.” Karya terbaik mereka. Dan para pendengar pasti merasakan hal yang sama, sehingga mendorong penjualan album hingga ke peringkat #7 di Oricon Album Daily Chart. Band ini memulai sebuah tur yang lebih luas berjudul “We Don’t Learn Anything Tour” di seluruh Jepang setelah rilis. Tur ini mengumpulkan 20.000 penggemar, dengan SEMUA tiket konser benar-benar terjual habis segera setelah mulai dijual!

Kesempatan selanjutnya adalah menjadi artis pendukung untuk PRIMAL SCREAM dalam rangka konser mereka di Jepang pada tanggal 5 November. Segera setelah itu, double A-Side, double tie-up “Run Away / Oblivion” EP ini dirilis pada 25 Desember. Track “Run Away” bekerja sama dengan Nike + FuelBand SE dalam video klipnya, sementara yang lagu lain “Oblivion” dipilih sebagai lagu tema musim gugur/musim dingin 2013 koleksi dari pakaian bermerek LITHIUM HOMME. Ditampilkan di program music TV “Music Station” dan “Countdown TV” juga membantu menjaga karir mereka tahun 2013 sampai pada tahun 2014.

Tahun 2014 band ini mulai mengambil langkah-langkah yang sedikit berbeda. Pada bulan Januari, vokalis Yoohei mengambil bagian dalam sebuah lagu yang ditulis untuk sebuah acara kampanye tahunan yang disebut ACCESS yang diselenggarakan oleh FM 802. Ia juga melanjutkan untuk berkolaborasi dengan m-flo bersama-sama menulis lagu “Fly”, dan dirilis pada 26 Maret.

Band ini memutuskan untuk melakukan perjalanan ke seluruh Pasifik dan tampil di South By Southwest (SXSW) di Austin, TX pada tanggal 12 dan 13 Maret . Segera setelah mereka kembali ke Jepang, mereka tampil live di Nippon Budokan mengumpulkan 11.000 penggemar dan seperti biasa tiket terjual habis! Dan yang mengejutkan pada hari itu, band ini mengumumkan nama band baru mereka sebagai [Alexandros]. Band ini bertekad untuk mengeksplorasi area baru mereka yang tak pernah mereka masuki, dan siap untuk mengambil risiko. Jadi mari kita saksikan masa depan seperti apa yang akan band ini raih dalam karir mereka!

Lho, lho, terus kenapa tuh tiba-tiba nama mereka berubah? Ternyata ceritanya…

Champagne itu pernah dituntut ke pengadilan awal tahun lalu dengan Band Autralia Clubfeet, yang menuduh Champagne menyalin teknologi video “Ripping them off” mereka yang identik dengan videonya Clubfeet “Everything You Wanted ” dan kemudian mereka pun harus berurusan dengan Comité Interprofessionnel du Vin de Champagne.

Dari sebuah stasiun berita internasional diberitakan bahwa Perancis akan meningkatkan perlindungan mereka terhadap “Champagne” [nama dan produk] yang hanya berlaku untuk “Champagne” yang berasal dari daerah Champagne di Perancis punya hak cipta atas nama, anggur, wilayah dan produk yang diproduksi di sana. Selanjutnya ada gerakan global perlindungan hukum dan undang-undang yang melindungi konsumen dengan mensyaratkan bahwa nama tempat ladang anggur disediakan secara khusus dari daerah mana anggur itu berasal seperti anggur Napa berasal dari Napa di Lembah California dan sebagainya.

Lalu apa pengaruhnya semua ini untuk sebuah band Jepang?

Karena band ini menggunakan lisensi merek dagang dan nama hak cipta “Champagne” jadi semakin band ini populer, semakin terkenal dan muncul dalam pencarian Google. Makanya tidak diperbolehkan. Mereka harus mengubah segalanya hanya karena itu sepenting level karir mereka. Dengan nama dan website baru telah diungkapkan yaitu: [Alexandros]

Menurut website band mereka mencoba untuk bernegosiasi dan dalam kesimpulan hasil konsultasi dengan anggota, maupun staf, keputusan dibuat untuk mengubah nama band dan tidak ada proses hukum yang terlibat dalam keputusan. Band ini akan terus lanjut, hanya saja dengan nama baru dan berterima kasih pada para fans atas dukungan terhadap mereka.

Jadi, poin penting nih buat kita kalau mau bikin nama band atau apapun itu, mungkin perlu melakukan penelitian, cari tahu dulu misalnya jangan pake nama yang sudah memiliki hak cipta. Hmm…

Ok, itu biografi mereka. Nah, sekarang kita kenalan sama personilnya yuk XD

yoohei-kawakami
YOOHEI Kawakami (川上洋平)
Posisi: Vokal & Gitar
Tanggal lahir: 22 Juni 1982

hiroyuki-isobe
Hiroyuki Isobe (磯部寛之)
Posisi: Bass & Chorus
Tanggal lahir: 29 Desember 1982

masaki-shirai
MASAKI Shirai (白井眞輝)
Posisi: Gitar
Tanggal lahir: 19 Desember 1982

satoyasu-shoumura
Shoumura Satoyasu (庄村聡泰)
Posisi: Drums
Tanggal lahir 21 Maret 1984

Mantan anggota:
Hiroki ISHIKAWA (石川 博基)
Posisi: Drums

Sip, kayaknya sekian dulu buat sekarang. Dan karena band ini keren banget, bisa dipastikan gue bakal terus updet infonya, haha XD jadi recommended nih buat penggemar musik jepang!

alexandros-band3

Albums/singles discography

Referensi:
[Official site]
[Facebook]
[Twitter]
[Instagram]

Nah, buat fans Indonesia, yuk sekalian gabung di grup facebook [ALEXANDROS] Indonesia 😀

 

15 Comments

Leave a Reply
    • Your welcome 🙂 ini juga band jepang tapi punya rasa yang lain, hehe…
      Silakan di cek aja langsung lagu-lagu mereka. Yang pasti aku beneran rekomendasiin band satu ini XD

  1. selain one ok rock..miyavi..alexandros ini bagus banget dah..keren sumpah…nunggu lama di sini..akhirnya di posting juga..jajajaja..
    mbak..tolong lagu alexandros yang kid’s ya..tolong translate-in..hehehe..
    sankyu..

  2. Benerrr ini keren banget..gw jatuh cinta sm ni band semenjak lagu run away,kick and spin sama oblivion! haduh..and, dorshky itu kerenn bgt, seneng bgt kl liat MV nya..aransemen en gaya nya. kakoi..lagi dong updet nya.. .. ^O^ arigatou ne!

  3. Aku lg penasaran bgt sm ni band..kata hiroyuki ke yoohei, dia pingin konser in ur country, syria sama hungaria. watt!??!! Yoohei tgl di hungaria juga??? Ni org siapa seh ya kok jd penasarann…apa orgtua nya diplomat ato aktivis ato apaan yak…bikin penasaran bingits.. Ditunguu updetan nya yaaaahh.. Trus ktnya yoohei dia kaga minum (keras) mksdna?!! Uda stop dr miras ato emg gak minum dr awal..kl liat dr penampilan nya sih..mantan kali huahahaha.. Tp bibir na itu sexehhh sekale i like lol

  4. Sugoiii buat band satu inii. Kakoii.. jatuh cinta banget sama ini band. Berawal dari wataridori, run away, droshky Dan merembet ke lagu2 lainnya. Asli kerennn bangett. Aransemennya lain dari band2 yg lainnya. Sankyuu min buat postingannya.. XD

  5. Hallo mau ikutan muji”aahhh…heheheeee…aku juga awal tau alxd pas dy ke ina d even japan night id 2015,, ngincernya sih vamps,, tp biar bisa ikut nyanyiin lagu band tamu yg lain jd sekedar nyari”lagu mereka d yutup,,, nemu lagu oblivion, run away, sm advanture,,,sekali liat mv n denger musiknya langsung jatuh cinta,,,untungnya pas event lagu advanture d nyanyiin jd bisa ikutan walo blom apal…trus smpe skarang update terus sm lagu”mreka d yutup “alexandroschannel” mau nyari liputan”verity show yg ada mrekanya tp gaada yg engsub,,, sedih gak bisa ngertiin…hehheeeeee kak punya nama yutup chanel, ig, smule, twitter / facebook?? Pingin punya temen alxd.id,,, cz nyari” gak pernah nemu fansnya alxd d ina,, *thanks bgt udah romanji & translet in bahasanya…

    • WAAAAA senangnya ada lagi yang suka [Alexandros] 😀
      Hayu klo mau ikut gabung di grup [Alexandros] INA di facebook kita juga ada grup LINE-nya klo mau kadang-kadang fansgirling-an, mwehehehe…
      Klo mau add juga FB saya Prahati Pramudha. PM aja ya, biar cepet di konfirm sama enak buat ngobrolnya.
      Okay, masama. Makasih udah mampir ke blog 😀

One Ping

  1. Pingback:

Leave a Reply