Cara publish cerita di Fanfiction.net

Setelah berhasil membuat akun di fanfiction.net, eh jadi kepikiran pengen simpan juga cerita kamu di situs itu kan? Lalu bagaimana caranya?

1. Di panel sebelah kiri di bawah Account (tempat kamu mengatur profil akun kamu) ada Publish, setelah di klik akan ada beberapa daftar sebagai berikut:

FFn -publish

2. Kamu pilih Doc Manager
Document Manager adalah area di mana kamu melakukan upload dan mengelola semua dokumen.

Dokumen adalah file sementara dan merupakan file yang kamu upload ke situs FFn.

Ketika kamu meng-upload file ke situs ini, itu akan menjadi ‘dokumen’ dalam terminologi. Anggap Document Manager ini sebagai area untuk semua cerita /chapter kamu, dokumen yang hendak kamu publikasikan.

FFn -doc manager
Perhatikan gambar. Pada bagian Create New Document:

1) Isi Label untuk file yang hendak kamu upload.

2) Pilih file yang akan kamu upload dari PC/netbook kamu, pilih juga metodenya, biasanya sih pakai File Upload.

3) Perhatikan untuk Format Dokumen nantinya mana yang harus kamu pilih.

Story : Format dokumen cerita yang nanti dapat kamu publish. Format cerita ini bisa kamu edit lagi. Karena kadang paragraf suka bergeser atau ada kata yang hilang dan juga beberapa simbol yang di FFn jadi gak nongol. Jadi memang harus kamu baca/edit lagi ya nanti sesudah di upload, jangan langsung di publish.

Docx : Format dokumen docx tidak dapat di publish. Dokumen ini hanya dapat digunakan dalam fitur Dokumen Exchange (docx). Format ini biasanya lebih disukai untuk transfer dokumen beta atau dokumen apapun yang ingin kamu pertahankan tata letak keasliannya.

4) Selesai semua, tinggal klik Submit Document. Maka file kamu akan masuk ke Document Manager.
Oia, file di Doc Manager ini hanya ada selama 90 hari, setelah itu otomatis akan di remove.

3. Setelah file dokumen kamu tersimpan, langkah berikutnya kamu akan publish cerita baru. Masih di bagian Publish, kali ini kamu klik New Story dan akan tampak seperti ini:

FFn -new story
4. Kemudian kamu klik Guidelines.

Mengapa?

Karena sebelum publish cerita kita harus paham dulu ketentuannya bagaimana berkaitan dengan peraturan umum, standar penulisan dan juga rating cerita.

Dan untuk meng-upload cerita baru, kamu harus klik bagian:

Yes, I have read and agreed to the content guidelines

5. Setelah itu kamu masuk lagi ke New Story.

FFn -publish story
1) Story Type: Pilih tipe cerita kamu apa Regular atau Crossover

2) Choose Category: Pilih kategori mana yang sesuai dengan cerita yang kamu bikin.
FFn -choose category
3) Setelah itu continue

5. Kemudian kamu akan masuk ke bagian detail Publish Story

FFn -publish story2
1) Cover Image : Kamu bisa pilih gambar cover untuk cerita kamu, yang harus kamu upload terlebih dahulu di bagian Image Manager

2) Title : Isi judul cerita

3) Summary : Isi rangkuman cerita

4) Language : Pilih bahasa yang kamu gunakan untuk cerita kamu

5) Rating : Pilih rating cerita kamu sesuai ketentuan Guideliness sebelumnya

6) Genres : Pilih sesuai genre ceritamu

7) Status : Pilih In-Progress (bila masih bersambung) atau Complete (bila tamat)

8) Category : Ini sesuai yang kamu pilih sebelumnya

9) Characters : Tokoh utama yang kamu pakai. Bisa memilih 4 tokoh utama dan mengaturnya sebagai Pair 1 atau Pair 2

10) Document : Pilih dokumen cerita kamu dari Doc Manager yang sudah kamu upload sebelumnya

11) Captcha : Masukan kode sesuai yang ditampilkan

12) Publish New Story
Selamat, sekarang ceritamu sudah terpublikasikan.

Nah, berikutnya gimana nih caranya mengelola cerita kamu? Kamu ingin tahu apakah ada review, membalas review, menambah chapter baru, dll.

Baca : Cara mengelola cerita di Fanfiction.net

24 Comments

Leave a Reply
  1. salam kenal, Furaha-san.
    etto… mau tanya, kalo mau bikin FF dan publish lewat hp apa ada caranya? kalo ada kasih tau dong caranya gimana… thanks…

    • salam kenal juga 😀
      klo lewat hp bikin dulu tampilannya ke Deskop/Tablet Version (jangan yang mobile version): caranya kalo kamu terus scroll mpe bawah, ada tuh di yang kiri pojok tulisannya
      dari situ nanti tampilan FFn jadi ky di PC, terus ya caranya sama ky publish biasa.
      cuma saya saranin sih mending lewat PC aja, soalnya mungkin susah untuk edit file yang udah di upload. kecuali klo emang ga pengen kamu edit lagi. cuma terkadang kan spasi setelah masuk doc menager suka berubah/ada kalimat yang ilang karena bertumpuk (biasanya), apalagi klo kamu ngetik ffnya juga dari ponsel.

    • publish lewat hape juga sama aja, cuma tampilannya jangan pake yang mobile version, jadi rubah dulu ya. sisanya sih klo mau publish sama aja caranya ky yg di web. untuk label itu semacam untuk menamai dokumen yang kamu upload.

  2. senpai mau tanya 🙂 saya sudah publish fanfik saya di ffn dengan cara diatas.Tapi,kok pas ceritanya sudah di publish banyak banget kata-kata yang hilang?padahal sebelumnya tidak begitu.

    • Iya, makanya sebelum publish, setelah upload file ke doc manager kamu view/edit lagi, karena emang suka berubah tampilan ketikannya. Biasanya klo ga paragraf yang bergeser, kata yang hilang itu akibat setelah tanda titik ga pake spasi (biasanya) jadi ya mau ga mau mending di edit dulu aja sebelum publish.

  3. senpai mau tanya, aku mau publish fic tapi via hp pas di select category uda aku masukin anime, naruto. tp pas klik ok malah gk bisa,disuruh masukin ulang category nya. gitu terus. itu knp ya? biasanya bisa.

  4. hallo kak, sya sdah ikuti caranya tapi nggak bisa. padahal sya sudah sampe di select category. sudah sya kasih masuk semua yang diminta, dan sdah saya klik continue. tapi ttp sja nggak bisa. malah kembali lagi diselect category. tolong bantu kak.

    • Gak bisa publish maksudnya? Klo udah ikuti langkah@ itu sih biasanya langsung bisa. Itu ada keterangan harus ngapain ga? Setelah isi kategory ya tinggal next/continue aja

    • berarti itu kena internet positif ya (?) biasanya karena emang di blok ama providernya. coba googling aja cara mengatasi internet positif, klo misalkan masih mau pake provider langganan kamu, klo enggak, coba ganti. biasanya yang kena masalah gini pengguna 3

Leave a Reply