Daftar lagu ‘BAPER’ ONE OK ROCK

Eh, ko ini judul enggak banget ya, wkwkwk… ky apaan aja gitu pake ‘BAPER’ segala, aslinya gaje, dan ngapain juga saya bikin tulisan kek gini -_- hahaha, tapi berhubung selama ini selalu banyak yang tanya, “Kak, lagu OOR yang galau apa aja ya?” atau “Kak, minta rekomendasi lagu OOR yang selow-selow dong.” dan pertanyaan lain sejenisnya-lah, mpe kadang saya suka bingung juga jawabnya gimana. Secara saya lebih suka kasih saran “LU DENGER AJA SEMUA LAGU OOR, MANTAP-MANTAP KOK!”, tapi tetep aja ky’y ada juga orang yang lebih suka ama lagu-lagu OOR yang bikin baper. Iya gak sih?

Yah, walaupun sebagian dari kalian juga pastinya udah tau lagu-lagu yang dimaksud itu mana aja, tapi… mungkin ga ada salahnya saya rangkum di sini. Biar entar sekalian bisa kita review, bener ga sih dari daftar lagu berikut emang tergolong ‘BAPER’? Gak mesti harus slow, yang rock juga ada kok, atau yang romance, yang sarat makna kehidupan juga ada, pokoknya ini lagu ONE OK ROCK yang bisa bikin bawa perasaan kita pas dengerinnya. Kira-kira yang mana aja ya?? Hmm, ini dia…

JRENG… JRENG…

ONE OK ROCK 「Be the light 」- snapshot

BAPER -slow-

Ini lagu-lagu baper OOR yang akibat melodi dan pembawaannya kalau didengerin rasanya tuh langsung ‘nyut’ gitu di hati.

1. Heartache
Kenapa tiba-tiba dimulai dengan lagu ini di urutan pertama? Pasti udah tau karena ini lagu emang JUARA 1 bikin baper. Baik yang japanese version maupun deluxe edition tetep bikin ‘JLEB’ kena hati. Lagu ini menceritakan tentang rasa sakit hati akibat gagal move on, jadi yang masih suka inget-inget mantan gitu cocok sambil dengerin lagu ini.

2. Always Coming Back
Dari judulnya juga udah dapet feel klo lagu ini tentang perasaan gak bisa lepas. Walau sering bertengkar dan cekcok tapi itu hal biasa dalam hubungan kekasih. Semarah apapun juga jadinya tetep aja balikan/baikan lagi.

3. Good Goodbye
Denger ini bawaannya tenang, mungkin karena melodinya, walau di awal lagu ketukannya ky panggilan tukang baso tahu, wkwkwk #plak *ini serius tapi bercanda, coba aja dengerin sambil lapar*
OK, jadi ini lagu cocok buat yang mau memutuskan untuk berpisah walau mungkin sebenernya gak rela juga pisah. Duh, klo inget kisah, pastinya SasuSaku banget deh (langsung bawa-bawa OTP) inget pas malam bulan purnama Sasuke ketemu Sakura sebelum pergi, hehe…

4. Last Dance
Ini lagu yang di MV-nya OOR jadi alien (?) haha, ternyata isinya baper juga lho. Tentang kegalauan akan hubungan yang entah bakal dibawa kemana. Ada alasan mengapa masih selalu bersama, tapi ada hal lain juga yang mengharuskan buat berpisah. Mungkin karena udah gak mau lagi buang-buang waktu. Jadi entah masihkah ada kesempatan lain untuk ngambil solusi terbaik? Walau kadang mungkin bertengkar tapi satu sama lain sebenarnya masih saling peduli.

5. Be The Light
Lagu ini berisi renungan akan kehidupan. Saat terkena bencana atau musibah, kadang kita mempertanyakan apa salah kita pada Tuhan. Jadi buat siapapun yang masih menutup mata dan berpura-pura tak ada yang salah, harusnya kamu buka mata dan hatimu lalu cari cahaya itu. Lihat di sekitar udah seperti neraka dengan banyak kesakitan/kesengsaraan yang terjadi. Tapi meski kita gak tahu alasan ini terjadi, juga beratnya beban yang kita pikul, kita harus tetap melangkah. Karena dengan harapan dan tekad itulah kita bisa buat hari esok lebih baik dan bersinar.

6. All mine
Tentang perasaan sepi dan rindu saat orang yang dicintai udah gak ada lagi di samping kita. Bisa jadi karena dia pergi atau juga meninggal. Merasa ada sesuatu yang salah kalau tiba-tiba dia gak ada.

7. Smiling Down
Ini semacam lagu lanjutan dari All mine (mungkin masih nyambung). Jadi setelah dia pergi (meninggal deh ky’y lebih cocok), kita masih berharap dia tetap tersenyum dan kita bisa terus menghadapi kenyataan ini meski kini berjalan di jalan yang berbeda.

8. Kasabuta (カサブタ)
Dengerin ini bawaannya bikin galau, walau agak beda dari lagu baper lainnya yang kental ama cinta-cintaan, disini ga terlalu ditunjukin. Isinya lebih ke perasaan jengah atas bekas luka (koreng) yang dimiliki rasanya bikin gatal dan sakit. Saat coba buat digaruk juga malah bikin tambah parah lalu tanpa sadar kita kadang menyalahkan orang lain. Mendapati luka yang kian bertumpuk, ingin banget buat akhiri semuanya sampai ga tersisa.

9. Notes’ n Words
Lagu persembahan buat sang kekasih atas cinta yang selama ini dia berikan. Kita gak tau gimana ungkapinnya, tapi mungkin lewat nada dan kata lagu ini berharap bisa cukup menyampaikan gimana perasaan kita.

10. C.h.a.o.s.m.y.t.h.
Ini gak tergolong baper slow melow galau sih, tapi lagu tentang persahabatan ini cocok banget buat acara perpisahan sekolah, hehe. Jadi kita semua adalah teman dan kita akan terus kenang hari-hari yang kita jalani bersama, itu sesuatu yang berharga yang gak akan pernah berubah meskipun kita berpisah untuk mengejar mimpi masing-masing, kita harus tetap optimis menjalani hidup.

11. Mr. Gendai Speaker (Mr.現代Speaker)
Singkatnya ini lagu cocok buat yang lagi galau sendirian. Gak tau nggalauin apaan tapi, wkwkwk… 

Aesina review: Menurutku itu lagu tentang refleksi masa kini, Mr. Gendai Speaker sendiri artinya Modern Speaker. Tentang dimana ketika orang-orang lebih sering diam dan saling cuek satu sama lain, rasanya aneh dan gabisa dimengerti kenapa, semua terasa jauh satu sama lain, hari-hari rasanya jadi sepi. Semua yang ingin diungkapkan akhirnya cuma bisa dipendam dalam hati (aku ngibaratin ‘my secret place’ sebagai hati) dan gaakan ada yang tahu (mau dan peduli) kalo dia ngerasain itu.

12. Pierce
Lagu baper JUARA lagi nih. Setingkatlah sama Heartache, karena beneran bikin ‘menusuk’ walau cuma denger alunan pianonya doang. Ini lagu tentang hubungan yang udah gak bisa lagi dipaksakan. Mereka saling mencintai tapi keadaan menuntut mereka supaya ga bisa bersama.

13. Answer is Clear (アンサイズクリア)
Versi slow-nya Answer is Near, tentang harus bangkit menjalani hidup.

14. To Feel The Fire (Stevie Wonder Cover)
Lagu ini aslinya dibawakan oleh Stevie Wonder, menurut saya isinya tentang seseorang yang mungkin selama ini menyembunyikan perasaan dia sebenarnya. Dari luar tampak sempurna tapi dianya sendiri merasa klo itu semua palsu. Kadang frustasi klo dia coba jujur pada diri sendiri. Dan saat itu dia butuh semacam semangat (api) yang bisa bikin dia bangkit lagi.

15. Wherever You Are
Jiahahaha… siapa yang hapal lagu ini? Pasti udah tau gimana ‘JLEB’-nya lagu ini kan? Yup, lagu romance ini bisa dibilang JUARA kebaperannya. Karena tiap denger pasti bikin bawa perasaan. Gak perlu dijelaskan panjang lebar, lagu ini dari awal mpe akhir mantap banget buat gombalin si cinta, wkwkwk… silakan dicoba dan nyanyikan dengan sepenuh rasa untuk Dia, cie cie 😀

16. Nobody’s Home
Lagu tentang broken home ini juga bikin baper, walaupun musiknya gak slow melow banget sih. Keadaan memburuk dan menyadari semua sudah hancur tapi gak berarti menghilang. Kenangan dan ikatan mereka masih kan tetap ada. Meski menjengkelkan tetap harus bisa menerimanya untuk terus lanjut hidup. Gak bisa pungkiri sebenarnya dalam hati masih ada cinta (kasih sayang) dan tetap bersyukur (berterima kasih) atas semua itu.

17. Living Dolls
Ga baper-baper amat sih, melodinya juga ga begitu slow, tapi enakeun dengernya. Lagu ini tentang hidup layaknya boneka, gak punya hati dan perasaan. Makanya merasa kalau kita hidup di dunia berbeda. Tapi sejak ada seseorang yang muncul membawakan kita cinta, dan kita bisa sentuh hatinya, kita pun bisa merasakan perasaannya. Akhirnya kita sadari kenyataan hidup ini. Jawaban atas keraguan kita.

18. My Sweet Baby
Lagu so sweet ini tentang kerinduan dan rasa cinta pada seseorang yang disadari setelah mereka bertengkar. Kadang yang bikin kita gila juga yang bikin kita cinta.

19. Kagerou
Ini lagu buat yang lagi jatuh cinta. Jadi pas mikirin dia rasanya berkabut, lalu mendadak hanyut. Walaupun gitu masih blom bisa jujur buat ungkapkan perasaan. Pengennya si dia juga sadar duluan klo kita udah jatuh cinta sama dia, mpe kadang tarik ulur. Mungkin kitanya orang yang suka ngode, tapi dianya orang yang gak peka, hehe.

20. Yokubou ni Michita Seinendan (欲望に満ちた青年団)
Ini bukan lagu cinta dan gak bikin galau, tapi melodinya enakeun buat ngadem. Tentang menjalani hidup sehari-hari, bahwa kita harus punya ambisi dan tujuan untuk dicapai.

21. Etcetera (エトセトラ)
Ini lagu bingung, wkwkwk… penjelasan yang sungguh aneh sekali. Soalnya ini lagu banyak nanya dan mengungkapkan ketidakmengertian, dan lain-lain deh…

22. You’ve Broken My Heart
Lagu baper ini tentang curhatan abis ditolak/cintanya bertepuk sebelah tangan kali ya, atau bisa juga buat yang baru diputusin pas masih cinta-cintanya. Jadi langsung bikin patah hati, sedih banget tapi ya tetep cinta n gak bakalan lupain gitu aja.

23. ROSE BLOOD
Ini lagu tentang orang yang jatuh cinta. Walau kadang rasa ini bikin terluka tapi tetep gak mau nyerah dan terus berjuang.

24. Fight the Night
Ini lagu rasa-rasa Be the Light, mengangkat isu perang dan perjuangan.

25. the same as…
Sebenernya gak terlalu paham juga sih inti dari lagu ini, tapi mungkin semacam menceritakan tentang ikatan keluarga. Ada saatnya kita merasa beda dan saling tak peduli, juga berpura-pura kuat tapi sebenarnya bentuk cinta kita sama seperti hati kita. Di saat apapun yang terjadi, sedih atau sepi, akan selalu ada di samping juga saling dukung.(edit) Dan menurut review dari prima (cek komenan) nih lagu pas banget nih buat seseorang yang terjebak frendzone atau kakak-adik zone gitu sama orang yang dia sayang. Iya juga sih, jadi seseorang itu masih tetep cinta dan ngarep dia juga punya rasa yang sama.

26. Taking Off

Ini lagu tentang cinta mati dan buta mungkin ya. Jadi meski tau salah bahkan terluka juga gak peduli. Cocok buat orang yang masocist, haha. Biar udah sakit, tetep aja nikmati. Dan akan jalani bersama walau itu membawa pada kesengsaraan bahkan neraka sekali pun. Buset dah :3

taka-oor

BAPER -rock-

Beda dengan sebelumnya, yang ini lagu-lagu yang gak slow melow tapi gak nyangka (menurut saya) klo ternyata isinya galau.

1. Memories
Kebalikan dari heartache, lagu ini buat inget-inget mantan tapi bari move on. So… go on and fuck yourself–lah.

2. Re:make
Lagu ingin bebas, setelah sebelumnya kita terjebak selalu mengejar-ngejar seseorang. Lalu kita sadari kalau dia gak bisa kita percayai. Karena mungkin selama ini dia gak peduli dan begitu kita pergi, eh giliran dia yang ingin coba meyakinkan kita buat balik. Tapi kita udah ngerasa NO!, jadi mending bikin baru lagi deh daripada mesti balik.

3. Never Let This Go
Tentang hubungan yang udah bikin frustasi. Masih terus pertahankan walau sebenarnya udah gak bisa diteruskan lagi.

4. Liar
Ini lagu favorit gw banget, nyahahaha… soalnya penuh emosi banget. Rasa marah dikhianati yang udah jengah terus dibohongi.

5. Hitsuzen Maker
Gak baper-baper amat sih, cuma ini lagu sarat akan makna kehidupan, dimana kita harus menjalani hidup ini dengan sebaik-baiknya. Jangan sampai kita menyesal ketika udah gak ada waktu lagi yang tersisa.

6. P.P.S.H.
Klo denger lagu ini pasti gak nyangka ternyata isinya baper. Menceritakan tentang galaunya orang yang lagi rindu ama kekasihnya. Ky’y dia lagi diabaikan, ditunggu-tunggu pacarnya gak kasih kabar. Atau bisa jadi si pacarnya udah pergi, jadi dia mohon buat selalu ada di sampingnya.

7. Nichijou EVOLUTION (日常エボリューション)
Dari melodinya gak baper-baper amat. Malah sama sekali gak nyangka ini lagu tergolong baper. Tapi yang namanya lagu tentang cinta biasanya suka baper, jadi saya masukin ajalah ke daftar ini. Singkatnya ini lagu tentang seseorang yang lagi nunggu sambil mikir kenapa tiba-tiba kekasihnya gak datang dan kasih kabar lagi, apa yang terjadi, terus masalah gak sih kalau masih ky gini, kamu tuh bahagia gak sebenarnya sama aku?, mungkin gitu, hehe

8. The Beginning

Aesina review: The Beginning itu nyeritain tentang perselisihan antar kekasih yang hendak berakhir, dimana ketika yang satunya ga mau mengakhiri hubungannya dan tetap ‘kekeuh’ ga mau putus sementara yang satu ingin ngelepasin hubungan ini. Dia bakal ngelakuin apapun yang dia bisa dan ga akan menyerah supaya mereka ga putus walaupun orang lain bilang dia gila dan gamungkin bertahan. Rasanya sakit harus mengakhiri hubungan yang udah dijalani keduanya, semua rasa sakit dan pertengkaran yang udah selama ini bisa dilewati, tapi kenapa harus berakhir seperti ini? Dia cuma minta kesempatan buat mulai lagi dari awal, supaya bisa terus bersama.

9. Ending Story??

Aesina review: nNyeritain tentang sepasang kekasih. Lebih ke setelah keduanya putus, ketika si B nganggap si A gabisa move on dari si B. Ketika dulu si A yang bener-bener cinta sama B tapi ngerasa tersakiti dan ngerasa dimainin cintanya sama si B yang sebenernya cinta juga tapi setengah-setengah, sakit tapi ia selalu nunggu si B buat berubah tapi ngga juga, dan itu bikin dia kesal tapi gabisa keluar dari zona ini, antara cinta tapi benci, tapi akhirnya mereka putus. Ketika putus, mungkin si B ngerasa si A gabisa move on padahal itu semua salah, A udah lepasin dan udah terlanjur benci sama B dan rasa sakit yang dirasainnya udah ga ada lagi, A udah ga cinta lagi and like “Whatever lah I don’t care again”.

 


Nah, okay… lumayan banyak juga ya ternyata lagu OOR yang bikin baper. Mungkin ini blom semuanya, siapa tau ada tambahan lain atau ada yang terlewat menurut kalian? Kapan-kapan saya lanjut lagi deh dan memang pasti bakal di revisi lagi nih artikel, berhubung ONE OK ROCK bakal terus berkarya dengan bikin lagu-lagu mantap yang buat kita ikut terhanyut mendengarnya 😀

123 Comments

Leave a Reply

                                                                                                      Leave a Reply

                                                                                                      This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.