FOUR GET ME A NOTS live in Bandung

Akhirnya kesampaian juga bikin artikel ini. Dan seperti biasa kalau saya review acara, maaf kalau isinya gak ky artikel berita, tapi mengandung juga banyak curhatan, heuheu… semoga gak gaje-gaje amat ya 😛

Okay, seperti yang sudah kalian ketahui dari artikel sebelumnya, bahwa band pop punk asal Jepang, FOUR GET ME A NOTS mengadakan tur di Indonesia dan manggung ke beberapa kota. Setelah dari Jakarta, Bandar Lampung dan Malang, maka tibalah FGMAN mengguncang kota Bandung tanggal 8 September 2016 di Gedung Amphiteather UPI Bandung.

Sebelum saya ceritain apa saja yang terjadi di konser yang bertajuk “Four Get Me A Nots Bandung Gig 2016” ini, saya laporkan dulu perihal acara Press Conference FGMAN yang sempat saya hadiri. Jujur ini kali pertama saya menghadiri acara semacam ini, bahkan pengalaman jadi medpar di event yang terbilang ‘WOW’ ini sungguh memberikan kesan tersendiri bagi saya dan furahasekai tentunya.

fgman-press-conference
Jadi, pada hari Rabu tanggal 7 September 2016 bertempat di Marlo Kitchen by Chef Norman, Jalan Tamblong No. 48-50 Bandung, FGMAN mengadakan Press Conference yang terbuka untuk umum. Meski waktu acara sedikit mundur dari yang dijadwalkan, tapi banyak dari pihak media, fans dan pengunjung lainnya yang hadir dan berkesempatan bertemu dengan para personil FGMAN secara langsung sebelum konser diadakan esok harinya.

Berikut sedikit rangkuman wawancara selama konferensi pers:

fgman-press-conference
Q: Kenapa FGMAN memutuskan untuk datang dan mengadakan tur di Indonesia?
A: Jadi dari MV terbaru, 80% viewers-nya adalah orang Indonesia, dan yang paling banyak komen juga dari Indonesia. Banyak yang meminta supaya FGMAN datang. Kebetulan ada promotor yang menawarkan, jadi tentu saja ini kesempatan yang bagus.

Q: Bagaimana kesan setelah datang ke Indonesia dan pengalaman menarik apa yang didapat?
A: FGMAN merasa senang banyak yang mendengarkan dan nyanyi bareng saat manggung di Bandar Lampung, Jakarta dan Malang. Karena datang ke beberapa kota yang berbeda, bahasa daerahnya juga berbeda. Itu sangat menarik dan berkesan.

Q: Setelah manggung di beberapa kota di Indonesia, adakah perbedaan musik pop punk Indonesia dan Jepang?
A: Bicara tentang perbedaan itu sulit. Karena kita punya perasaan yang sama dalam menyukai pop punk. Selama manggung dan main dengan band-band di Indonesia, melodinya juga hampir mirip-mirip dan sama. Jadi sulit bicara tentang perbedaan pop punk Indonesia dan Jepang.

Q: Lalu band/musisi apa yang menjadi influence dari FGMAN?
A: Secara umum FGMAN suka L’arc~en~Ciel dan Hi-Standard, tapi ketiga personil FGMAN juga mendengarkan musik yang berbeda-beda. Takayuki Abe (Vocal, Drum) sukanya punk, Yasunori Ishitsubo (Vocal, Bass) sukanya J-Pop dan Chie Takahashi (Vocal, Guitar) dengarnya musik instrumen. Dari perbedaan ini menyatukan semuanya, mendengarkan musik di genre yang berbeda-beda hingga akhirnya jadilah Four Get Me A Nots.

Q: Darimana FGMAN selama ini mendapatkan inspirasi dalam membuat lagu?
A: Inspirasi Chie dapat dari menonton film dan anime, dan paling menarik waktu mandi di ofuro, berendam di bathtub gitu, dapat inspirasi banyaknya dari sana. Jadi didapat sewaktu sedang rileks.

Q: Mengapa lagu-lagu FGMAN berbahasa Inggris? Adakah keinginan untuk membuat lagu dalam bahasa Jepang?
A: Selama ini dengan menggunakan bahasa Inggris jadinya lebih indah, lagu dan melodinya lebih cocok. Sebetulnya bila dengan bahasa Jepang juga terpikirkan, hanya saja belum bisa untuk direalisasikan. Tapi bila sudah ada juga nanti akan disampaikan pada fans.

Q: Harapan FGMAN dengan manggung di Bandung besok apa?
A: Yang diharapkan bisa nyanyi sama-sama sampai kepanasan bareng pokoknya.

Q: Kapan akan merilis album baru?
A: Direncanakan akan ada album baru tahun depan, sekarang sedang dalam proses pembuatan. Nanti bila sudah selesai juga akan di share ke teman-teman di Indonesia.

Q: Adakah kejutan untuk manggung di Bandung besok?
A: Rahasia.

Q: Setelah FGMAN manggung di tiga kota di Indonesia, adakah perbedaan penonton di Indonesia dan di Jepang? Kota mana yang paling berkesan?
A: Lagi-lagi sulit untuk memilih mana yang paling berkesan, karena tiap kota itu berbeda-beda. Tapi FGMAN senang karena banyak fans yang menunggu dan bisa nyanyi bareng. Penonton di Indonesia itu tak malu untuk nyanyi bareng, kalau di Jepang, mereka baru mau mengangkat tangan bila disuruh.

Q: Lagu mana yang paling berkesan saat dibawakan di Indonesia?
A: Yasu-san, waktu di Lampung menyanyikan lagu Lifework, lagu yang lembut pun bisa membuat orang senang. Chie-san, waktu pertama kali di Jakarta menyanyikan lagu Heroin, senang karena banyak yang nyanyi bareng dan tahu liriknya juga. Beck-san, lagu berjudul Firm Resolution, karena itu lagu yang keras.

Q: Sejauh ini setelah datang ke Indonesia, adakah band Indonesia yang FGMAN sukai?
A: Sebelumnya FGMAN tidak tahu band Indonesia mana, tapi setelah di Malang ada seseorang yang selalu mengantar kemana-mana dan nyanyi di mobil, nama bandnya Briget *entah penulisannya benar/salah, kedengerannya sih gitu*

Q: Apa arti musik bagi FGMAN?
A: Musik adalah hal yang tidak bisa tak ada bagi FGMAN. Sudah seperti keluarga, pekerjaan, yang tidak bisa bila tak ada.

Nah, begitulah isi press conference bersama FGMAN, semoga bisa menjawab beberapa pertanyaan yang bikin kamu penasaran dan makin mengenal FGMAN ya.

fgman-press-conference
Setelah selesai, acara dijeda break maghrib sejenak, sebelum kemudian dilanjutkan dengan Meet & Greet. Bagian ini saya gak ikutan jadi gak tau mereka ngapain aja, haha.

fgman-akustik
Okay, setelah itu lanjut lagi dengan penampilan akustik FGMAN yang membawakan lagu Heroin dan Star all over. Dengernya bikin makin gak sabar buat liat penampilan mereka di panggung sesungguhnya besok.

Lalu—

JRENG… JRENG… JRENG… Tibalah hari yang ditunggu-tunggu.

furahasekai-was-here
Kamis, 8 September 2016 di Gedung Amphiteather UPI Bandung, “FOUR GET ME A NOTS BANDUNG GIG 2016” pun digelar. Sejak sore hari sudah banyak fans yang berdatangan dan open gate dimulai sekitar pukul 18.00. Sebelum masuk ke acara puncak, penampilan pertama dibuka oleh Minami9, band punk asal Jakarta.

minami9-band
Setelah itu jeda break isya sejenak dan lanjut lagi dengan penampilan band pop punk pembuka kedua yaitu, Saturday Night Karaoke.

saturday-night-karaoke-band
Dan makin dekat dengan acara puncak, band pembuka ketiga, Fairytails pun tampil setelahnya.

fairytails-band
Lalu sekitar pukul 20.45, tibalah saatnya FOUR GET ME A NOTS tampil. Riuh teriakan suara fans dan suasana langsung memanas begitu lagu Heroin dibawakan sebagai pembuka. Semua larut dan turut bernyanyi bersama, sementara moshing tiada henti sepanjang penampilan mereka. Jujur saya pun mpe terombang-ambing, kegencet, ketendang, saling dorong, dsb. Emang gila semangatnya, jelas terbawa penampilan FGMAN yang bener-bener keren. Gimana kolaborasi Chie Takahashi, Yasunori Ishitsubo dan Takayuki Abe ini tampil maksimal menghibur pengunjung yang datang.

fgman-live-in-bandung

fgman-live-1

fgman-live-3

Di tengah acara, jeda beberapa lagu, Yasunori dan Chie sempat menyapa penonton dengan menggunakan bahasa Indonesia. Ini terdengar lucu dan menyenangkan saat mereka mengucapkan kalimat-kalimat pendek dan terima kasih, juga memberi kabar tentang info album terbaru FGMAN yang direncanakan rilis tahun depan. Wah, sangat dinanti banget, kan?!

fgman-live-6

fgman-live-7

Total mereka membawakan 13 lagu…

fgman-setlist-live-bandung
Acara selesai sekitar jam 21. 30 dengan 1 encore Heroin yang dibawakan kembali sebagai penutup. Konser ini benar-benar pecah dan sukses memuaskan para fans FGMAN yang datang.

fgman-live-9
SERU BANGET!! KEREN ASLI!! PENGEN LAGIIIII!!!

Saya sendiri mpe terpesona liatnya. Jujur, mungkin saya belum lama ini kenal dan denger lagi-lagu FGMAN, tapi langsung suka. Dan diberi kesempatan langka buat nonton penampilan mereka secara live sungguh mengesankan dan makin cinta. Bikin baper pas Lifework dibawain, itu lagu kesukaan saya dinyanyiin langsung sama Yasu-san yang kadang balik nglirik itu berasa di-notice, O-M-G Kyaaaahahahaha… senangnyaaaaa…. #plak *abaikan

Terima kasih kepada promotor yang sudah bawain band kece Jepang satu ini ke Indonesia, terutama bisa manggung di Bandung. Kepada panitia yang juga turut membantu terlaksananya acara, kalian luar biasa! Senang banget furahasekai pun bisa diajak kerjasama di event seperti ini. Semoga ke depannya makin banyak band-band Jepang yang manggung di Indonesia (terutama klo bisa diajak ke Bandung). Biar harapan fans yang ada di Indonesia untuk melihat penampilan idolanya secara live tak jadi sekedar mimpi. Aamiin…

furahasekai-fgman-medpar

Leave a Reply