DAFTAR LAGU JEPANG BAPER TEMA “KELUARGA”

Hallo, setelah sebelumnya sempat bikin DAFTAR LAGU BAPER ONE OK ROCK kini FuRaha kembali bikin artikel lagi tentang daftar-daftaran. Berhubung hari ini, 22 Desember bertepatan dengan Hari Ibu, maka saya coba rangkum beberapa lagu Jepang yang pernah saya dengar & post di furahasekai, yang ada kaitannya dengan “IBU” atau “Keluarga”. Daftar berikut mungkin hanya sebagian kecil dari sekian banyak lagu Jepang di luaran sana. Jadi klo ada diantara kalian yang punya rekomendasi lain, boleh bantu komen & kasih review, nanti bakal kita update lagi artikelnya ya 😀

Okay, klo gitu langsung aja. Berikut daftar lagu Jepang bertema “Ibu” & “Keluarga” yang tergolong bikin kita baper dengerinnya:

 

1. YUI – TO MOTHER

Lagu pertama yang langsung terbayang klo tentang Ibu pastinya lagu ini. Melodinya ngena banget dan maknanya juga bagus. Ini lagu menceritakan hubungan anak dan ibunya yang kadang bertengkar tapi kemudian akur lagi. Ada saat kita beda pendapat dan keras kepala, mungkin berubah karena satu dan lain hal, namun pada akhirnya masih tetap saling menyayangi. Dan kebahagiaan itu lahir karena ada Ibu di samping kita. [Lirik: YUI – To Mother]

2. Fujita Maiko – Tegami aisuru anata e

Klo tentang Ayah & Ibu, paling suka dan ngena ya pastinya sama lagu ini. Melodi, makna, semuanya dapet. Kerasa banget ini lagu tentang ungkapan syukur dan terima kasih untuk kedua orang tua. Sungguh kita mah sebagai seorang anak rasanya gak mampu balas budi, ngasih sesuatu untuk membalas cinta mereka. Bahkan dengan ungkapan dan sebuket bunga sekali pun. Suka pengen nangis klo denger lagu ini. Cobain deh. [Lirik: Fujita Maiko – Tegami aisuru anata e]

3. MUCC – MOTHER

Lagu ini jadi ost. Naruto Shippuden, melodinya mantap dan enakeun. Sama seperti lagu MUCC lain yang kadang susah dicerna maknanya, yang bisa saya tangkap dari lagu ini sih bagian pertama sepertinya tentang perasaan anak yang ditinggal oleh ibunya yang sudah meninggal. Ada rasa kerinduan, si Ibu udah pergi sebelum mengajarkannya tentang lagu cinta dan meninggalkan mimpi untuk anaknya. Di bagian kedua, sebaliknya tentang perasaan si Ibu, seolah sudah menerima takdir klo dia kini ada di surga dan semua tinggal kenangan. Dia juga ada penyesalan belum mengajarkan tentang lagu cinta & dunia. [Lirik: MUCC – MOTHER]

4. BACK-ON – DEAR ME 

Lagu ini sih tepatnya berisi curhatan anak yang kena bully di sekolah. Di luar dia merasa tak terlihat, tapi klo datang ke rumah, disambut sama Ibu dengan “okaeri” lalu dipeluknya, dia ngerasa dirinya ada sebagai manusia. Dan kehadiran Ibu seakan jadi penyelamat dan membuat kita bangkit. [Lirik: BACK-ON – DEAR ME]

5. ROOKiEZ is PUNK’D – familia

Lagu ini sebenernya sih lebih ke persahabatan yang udah ky kekeluargaan. Atau bentuk hubungan kekeluargaan secara umum. Dimana kita saling menguatkan dan hadapi bersama-sama dalam mengejar impian & masa depan, kemana pun kita pergi akan tetap menjadi keluarga. [Lirik: ROOKiEZ is PUNK’D – familia]

6. RSP – Kansha. 

Lagu yang jadi ost. Bleach ini juga menceritakan ikatan keluarga secara umum. Dimana kita begitu berterima kasih atas dukungan keluarga. Di saat suka-duka, tak ada teman, paling nyaman ya sama keluarga. Kadang tertawa, bertengkar, tapi kita selalu bisa jujur. Dan betapa rasanya bahagia, bersyukur berada di tengah-tengah mereka. Lagu ini beneran penuh luapan terima kasih untuk keluarga. [Lirik: RSP – Kansha.]

7. HOME MADE KAZOKU – Thank You

Sama ky Kansha, yang disampaikan di lagu ini juga rasa terima kasih atas dukungan yang kita terima selama ini. Walaupun gak nunjukin khusus ke keluarga sih, tapi buat ke teman-teman dan semua orang yang juga menghabiskan waktu bersama kita. Karena gak ada seorang pun yang bisa hidup sendiri. Kita harus selalu saling peduli. [Lirik: HOME MADE KAZOKU – Thank You]

8. GreeeeN – Haruka

Klo yang ini tentang curhatan anak yang akan pergi merantau kali ya, hehe. Ada kerinduan teringat nasihat sama ayah & ibu di rumah. Tapi meski pergi dari rumah untuk mengejar mimpi, tak peduli apapun kita akan berusaha agar bisa membuat kedua orang tua bangga. Dan suatu hari pasti akan pulang dengan senyuman setelah mewujudkannya,. [Lirik: GReeeeN – Haruka]

9. ONE OK ROCK – Nobody’s Home

Sama seperti review saya di artikel sebelumnya, lagu tentang broken home ini juga bikin baper, walaupun musiknya gak slow melow banget. Keadaan memburuk dan menyadari semua sudah hancur tapi gak berarti menghilang. Kenangan dan ikatan mereka masih kan tetap ada. Meski menjengkelkan tetap harus bisa menerimanya untuk terus lanjut hidup. Gak bisa pungkiri sebenarnya dalam hati masih ada cinta (kasih sayang) dan tetap bersyukur (berterima kasih) atas semua itu. [Lirik: ONE OK ROCK – Nobody’s Home]

10. MY FIRST SOTRY – HOME

Ga beda jauh ama lagu abangnya, hehe. Lagu ini juga berisi tentang curhatan anak broken home. Terasa ada kerinduan, kesedihan, kesepian dan sulit bahagia, tapi tetap optimis untuk maju dan ingin menunjukkan klo dia bisa lebih baik dari yang lain. [Lirik: MY FIRST STORY – HOME]


Yup, kira-kira segitu dulu aja deh ya. Lainnya belum nemu lagi yang pas. Jadi gimana menurut kamu tentang lagu-lagu tersebut? Semoga bisa jadi inspirasi dan rekomendasi yang pas buat kamu yang cari lagu-lagu jepang bertema “Ibu” & “keluarga” 😀

HAPPY MOTHER’S DAY <3

2 Comments

Leave a Reply

    Leave a Reply

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.