[Review Lyric Lagu] Fear, and Loathing in Las Vegas – Ignite Your Frail Mind

Ignite Your Frail Mind
=== Menyalakan pikiran lemahmu ===

Pertanyaan nya kok menyalakan ya ? oke kalo kita umpamakan kedalam kehidupan kita pasti menyalakan itu ya tujuan nya untuk salah satunya menerangi, selain itu memberi penerangan dari yang awalnya gelap menjadi terang, contohnya sederhana nya mati lampu terus ngambil lilin, sebelum lilin nyala gelap udah ada lilin terang, nah itulah tujuan dan maksud dari menyalakan. Oke kalo kita perhatikan nyalain nya kok ke pikiran ya ? kenapa ga ke lilin aja gitu, atau korek, atau apalah yang bisa di nyalain, kompor lah sekalian hahaha, “Menyalakan Kompor” bisa kan ? tapi coba kita gabung kata nya menjadi “Pikiran Lemah”. Pikiran Lemah yang kita tau apa aja coba sebut, yang pertama bisa kita sebut “lemot” hahaha ini biasanya kita temui di dalem kelas di sekolah biasanya “lemot lu yang kaya gini aja kurang nangkep pelajaran nya” bisa kita sebut pikiran lemah seperti itu, dan yang lainnya kalian bisa pikirkan sendiri kalo mau contoh apa aja kalo pikiran lemah itu. Disitu ada kata “mu” nya di ujung, berarti ya ini mungkin bisa jadi sebuah sindiran ya kepada para pendengar lagu ini yang mungkin merasa “Pikiran nya Lemah” (ga maksud menggunjing ya hehe) buat denger lagu ini, karena eh karena lemah disini bisa dimaksudkan “Lemah = Gelap” dan lagu ini tuh maksudnya pengen Nyalain pikiran kalian nih biar kalian bisa “Terang” dalam menjalani hidup kalian, kan ada yang ngomong “Ah gelap hidup gue mah” nah yang ngomong gitu kasih lagu ini hahaha, nah itu intinya dalam lagu ini tuh.


Looking through the sky [through the sky]
(out the) window
Watching the flying birds, I felt jealous
When I saw (the) wet bird on (a) rainy day, I felt a bit sorry
— Melihat melalui langit [melalui langit]
— (di luar) jendela
— Melihat burung terbang, aku merasa iri
— Saat aku melihat burung yang basah di hari hujan, aku merasa sedikit kasihan

Bagian lyric ini sebenarnya hanya sebuah perumpamaan. Bagi sebagian orang mungkin berpikir “Ada seseorang lagi dijendela terus ngeliat burung terus kehujanan”, mungkin bisa di artikan seperti itu juga akan tetapi kurang tepat jika ada hubungan dengan lyric selanjutnya.

Okelah kita ambil dua baris lyric diatas yang bila kita hubungkan menjadi “Melihat melalui langit di luar jendela”. Langit, tau langit kan ? ya langit itu yang ada di atas kita, kalo siang keliatan biru, kalo malem keliatan gelap kan ? nah jika kita lihat langit itu luas atau sempit ? luas kan ? liat aja keluar langit itu luas dan gede.. bener kagak ? bener, terus pertanyaan nya kok harus melihat dari langit ya ? karena eh karena ternyata begini, coba ente pergi ke lantai atas bebas mau lantai berapa terus liat kebawah, kira kira keliatan semua orang kan ? keliatan cuman sebagian hanya beberapa tempat aja kan ? sesuai dengan ente ngeliat nya dimana, nah ini orang beda, dia mencoba “Melihat dari Langit” tapi bentar jangan dulu berpikir ini orang pergi ke langit naik pesawat terus lihat kebawah wkwkwk malah kagak keliatan orang nya, bener ga ? bener lah, nah jadi maksudnya ini orang lagi ngeliat banyak orang tapi bukan dari langit tapi seolah – olah dia lagi di langit dan bisa liat banyak orang. Oke lanjut dulu ke baris yang ketiga “Di luar jendela”.

Kalo jendela adanya dimana sih ? rumah ya ? ya, terus ada rumah gitu di langit ? fakta nya ya ga ada rumah di atas langit di dunia real kita. Jadi maksudnya gini, ya perumpamaan nya diri dia sendiri itu ya sebagai rumahnya, dan yang dimaksud melihat di luar jendela ya dia sedang melihat dari dirinya sendiri bukan seperti kata orang lain bukan apapun atau menurut pemikiran dia nya sendiri sehingga berlanjut ke bagian lyric selanjutnya dimana ada proses pengungkapan dari apa yang di lihat nya, yang di lihat nya apa ? lanjut ke lyric berikutnya “Melihat burung terbang, aku merasa iri”.

Jika kita sangkutkan dengan lyric sebelumnya maka yang dimaksud burung ini bukanlah sebuah burung melainkan orang. Kok bisa ? ya karena jika kita gabungkan “Burung Terbang” berarti yang terbang – terbang itu enak ga sih ? enak ya bisa kesana kemari dengan mudah nya karena dia terbang, coba bayangin kalo ga terbang mau kesini harus lewat sini dulu pake mobil ini dulu dan yang lainnya, beda kalo terbang yang bisa menuju kemana – mana tanpa ada halangan apapun. Nah kalo kita artikan ke orang jadinya gimana ? jadi nya kan gini “Orang yang bisa kemana – mana”,  kemana – mana disini maksudnya ya dia bisa kesini kesana kemari dengan mudahnya tanpa ada halangan, ya orang ini yakin kalo ada masalah apapun, ada ujian apapun, ada musibah apapun, dia yakin bahwa dia bisa mengatasinya tanpa ada halangan apapun ibaratkan “Burung yang terbang”, jadi arti dari “Melihat burung terbang”adalah “Orang sedang melihat seseorang yang bisa mengatasi masalahnya tanpa ada halangan apapun”. Maka dari itu nyambung ke lyric selanjutnya “aku merasa iri”. Merasa iri disini bukan iri dalam keburukan ya, ya kalo orang yang mandang iri dalam keburukan kan dia bisa aja berpikir  “Duh itu orang kok kaya lancar – lancar amat ya jalani idup kek ga keliatan ada masalah, biarin dah gw gw elu elu aja, ga ngaruh ke idup gw”, beda halnya yang iri dalam kebaikan, contohnya kaya gini “Duh itu orang kok kaya lancar – lancar amat ya jalani idup kek ga keliatan ada masalah, gmn ya caranya ? gw harus kaya dia nih biar idup gw juga lancar jaya masalah bisa di hadepin”. Nah jadi yang dimaksud iri disini ya dia iri tapi termotivasi untuk bisa memperbaiki bahkan melebihi dari seseorang yang bisa membuat dia iri dari keberhasilannya.

Untuk di baris terakhir, ini masih membicarakan si burung alias si orang yang berhasilnya lah kita katakan seperti itu. “Saat aku melihat burung yang basah di hari hujan, aku merasa sedikit kasihan”, nah coba lihat pada bagian “basah di hari hujan” alias burung nya kebasahan kena hujan, yang dimaksud disini adalah kesedihan, ya walaupun seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa seseorang itu bisa menghadapi masalahnya tidak menutup kemungkinan bahwa dia tidak bisa sedih, dia juga bisa sedih, dia bisa hadapi masalah tapi dia juga bisa sedih, itu adalah hal yang wajar karena hidup itu tidak selalu monoton, naik turun dia bisa hadapi masalah, dia sedang dalam kondisi di atas atau sedang berhasil pasti ada masalah, dia sedang dalam kondisi dibawah atau sedang terpuruk pasti ada masalah, tapi dia bisa hadapi semua nya seperti perumpamaan “Burung yang terbang tadi”. Nah jadi maksudnya, sedikit agak sedih juga ketika ngeliat si burung kehujanan terus basah alias seseorang menangis terus basah.

Kesimpulannya dari baris – baris lyric di atas adalah kita kadang melihat banyak orang dari keberhasilannya, dan memang banyak sekali orang – orang yang berhasil, dan banyak pula yang tidak (timbul penyesalan di bagian baris lyric selanjutnya dibawah), timbul juga perasaan kasihan dari diri kita terhadap orang – orang yang gagal tersebut. Maka dari itu, untuk lyric selanjutnya di bawah akan ada sebuah dorongan dari lyric yang dibuat oleh FALILV bagi kebanyakan orang yang menganggap bahwa dirinya itu menuju kegagalan selamaya, tapi sebenarnya dia itu bisa berubah dan berhasil dalam menjalani kehidupannya.


I admire {the good people} because I’m… diffident diffident diffident diffident
Check it out now yo
— Aku mengagumi {orang-orang baik} karena aku… malu-malu, malu-malu, malu-malu, malu-malu
— Simak ini sekarang ya

Di bais pertama “Aku mengagumi orang-orang baik” maksudnya ya kita pasti kagum kan kepada orang – orang yang berhasil dan sukses baik dalam kehidupan dunia maupun setelahnya. Dan karena itulah sebenarnya kita terkadang timbul perasaan malu dan banyak keluh kesah apapun dari diri kita salah satu nya seperti “Gw malu sama itu orang, gw gabisa berubah, gw udah dari dulu kaya gini” atau “Tu orang sukses bener, gw malu sama diri gw yang udah ancur gini, gw pengen ngubah diri gw tapi gw bingung harus gimana”, nah kan kalo dari contoh berikut ada dua pandangan tuh yang pertama “Malu tapi ga pengen berubah dan menyerah pada keadaan” yang kedua “Malu tapi pengen berubah dan ga tau caranya”. Maka dari itu nyambung ke lyric yang di baris kedua yaitu “Simak ini sekarang ya” yang akan berhubungan dengan yang kedua yaitu “Malu tapi pengen berubah”..

Yang dimaksud simak ini ya kita menyimak, kalo kita nyimak ya kita fokus, konsentrasi, pahami, kemudian nanti kita bisa aplikasikan atau kita perbuat dalam perlakuan kita dari apa yang kita dapet, jadi si FALILV nyuruh “Simak nih woy gw mau ngomong sama lu pada, dengerin lu jangan dikacangin, pengen berubah ga lu, ga bosen lu hidup gitu gitu amat sampe mati ? rugi lu”.


Regretting it turned out like this
— Sayangnya ternyata begini

Pada bagian lyric ini ada sebuah kekecewaan dari kata “Sayangnya” yang kenyataan nya memang sudah menjadi bukti fakta pada kondisi di lingkungan/masyarakat/orang-orang saat ini. Maka dari itu FALILV mencoba memberitahu “Ternyata Begini ya di lingkungan sekarang ini” atau “Ternyata Begini ya di masyarakat sekarang ini” atau “Ternyata Begini ya orang – orang sekarang” lalu di perpendek dengan sebuah kekecewaan “Sayangnya ternyata begini” dan dilanjut penjelasan dari begini nya itu seperti apa sih.


Stop it Matching yourself with anyone
It’s really silly
So you should have confidence
oh You are yourself
Facing what only you can do and think
Go and do it right now
— Berhenti menyamakan dirimu dengan orang lain
— Ini benar-benar konyol
— Jadi, kau harus punya keyakinan
— oh kau adalah kau
— Hadapi apa yang bisa kau lakukan dan pikirkan
— Pergi dan lakukan sekarang juga

Ini adalah bagian lyric pertama yang dinyanyikan oleh SO (vocalist clean) pada lagu ini. Pada baris pertama lyric di atas sangat unik sekali dan memang sudah menjadi fakta di lingkungan masyarakat sekarang, atau jangan jauh – jauh lah mungkin ada bebrapa dari teman kita juga saat sekolah atau di kuliah mungkin masih ada aja yang bilang “Wow dia bagus ya bisa seperti itu coba ah ikuti kaya dia” masih orang yang sama terus dia bilang lagi “wah dia ngelakuin yang lain lagi, nyoba ngikutin kaya dia lagi ah” nah seperti itu contohnya. Kalo di bahasa sunda nya mungkin seperti ada istilah “Tuturut Munding” yang berarti “Ikut – ikutan” dan lyric di baris pertama itu lebih mendekati kepada seperti itu karena bila kita sangkutkan dengan lyric berikut nya yang disebutkan di baris ketiga “Kau harus punya keyakinan” maka akan tercipta sebuah kalimat yang akan mudah kita pahami menjadi “Udahlah lu jangan lakuin apa yang orang itu lakuin karena lo pengen kaya dia, konyol banget sih lu sampe ngelakuin hal itu tanpa ada kenapa mengapa lo pengen kaya dia itu, kalo alasannya ya ikut – ikutan aja bener – bener deh konyol banget, tapi kalo emang lu lakuin hal itu biar kaya dia karena lo sebelumnya punya keyakinan dan tujuan bahwa itu tuh bener dan akan bermanfaat ke diri lo kedepannya ya itu enggak apa – apa, makannya lo harus punya keyakinan yang dibenarkan oleh hati lu sendiri baru lo lakuin dan kalo bisa lo bilangin juga, dan mudah – mudahan yang dimaksud menyamakan nya lo bisa nyamain keyakinan lo dengan orang lain dengan tujuan dan maksud yang bermanfaat kedepannya bukan yang merugikan maupun merusak diri lo atau yang ada disekitar lo”. Nah, jadi itu tuh cuplikan perkataan/penjelasan dari ketiga baris lyric nya dan diperpendek jadi “Berhenti menyamakan dirimu dengan orang lain, ini benar – benar konyol, jadi kau harus punya keyakinan” lalu dilanjut dengan penjelasan ketiga baris selanjutnya lagi.

“Kau adalah Kau” kutipan lyric ini sering kita dengar sebenarnya pada beberapa lagu lain kalo kita suka ngederin lagu – lagu band ini. Tidak lain tidak bukan maksud dari lyric itu jadi “Lu itu adalah lu, lu ga sama kaya itu orang, lu jangan nyamain lah kaya dia, kan lu punya ke unikan tersendiri, dan lu jangan terpuruk kalo karena penyebabnya lu beda sama orang lain baik itu fisik atau yang lainnya entah apa yang lo bandingin, dan udahlah jangan bandingin diri lo sama orang lain, karna lo adalah lo, kalo lo mau lebih dari dia bagus top, kalo lo liat dia terus lo malah makin down, lo binasain diri lo sendiri”, nah jadi maksud dari kutipan lyric tersebut kaya perkataan tersebut. “Hadapi apa yang bisa kau lakukan dan pikirkan”, pada bagian lyric ini sebenarnya dalem juga haha. “Hadapi” itu apa sih ? Ngelawan ya ? kalo bener berarti kalo misalnya ente maen game fighting terus ngelawan CPU pengen menang atau kalah ? tentunya pengen menang, kalo pengen kalah ngapain lo maen wkwk. Dalam kemenangan pasti ada kebahagiaan tentunya dan itu bisa di rasakan hanya bagi segelintir orang yang bisa “Bertarung” eits.. yang dimaksud bertarung disini bukan fisik loh (coba liat lyric defeat and beat) tapi melainkan bertarung melawan hawa nafsu ente. Hawa Nafsu itu apa sih ? Makan ? ya bener salah satunya itu, tapi selain itu bisa kita sebut rasa males lah dan yang lainnya. Makannya yang dimaksud “Hadapi” disini adalah ya lo lawan hawa nafsu lo/rasa males lo lalu apa sih yang bisa lo lakuin setelah lo hadapi hawa nafsu lo? Jawabannya ya sesuai keyakinan yang dimiliki oleh ente, ente mau lakuin ini ya lakuin aja kalo hati ente membenarkannya, ente mau lakuin itu ya ente lakuin juga selama hati ente membenarkannya seperti itu, contoh “ah gw mah pengen uts yang bener biar gw lulus” nah maksudnya gitu, lo hadapi uts nya terus lo punya keyakinan bahwa dari uts yang bener itu bisa meluluskan lo. Ada bagian lyric terakhir yaitu “Dan pikirkan”, kalo disambungin sama contoh barusan jadi pertanyaan nya “Lo kalo udah lulus mau ngapain sih ?” nah dari ngapain itu banyak pilihan tuh ada pilihan satu, pilihan dua, pilihan tiga, dan itu ente yang milih makannya disitulah yang dimaksud “Dan pikirkan”, coba pikirin lah sama lo kalo lo mau lulus lo mau ngapain, terus ngapain lagi, terus ngapain lagi, dan seterusnya sampe meninggal dan ga bisa mikir lagi.

Dan pada bagian baris terakhir “Pergi dan lakukan sekarang juga”, yang dimaksud pergi disini ya lo pergi lah, pergi itu bukan berarti hanya keluar rumah, ya lo pergi dari awalnya “Males” lo pergi ke tujuan yang dinamakan “Proses Tidak Males” dan simplenya sih pergi dari suatu pemikiran seperti ini menuju seperti itu, makannya “Pergi” terus lo lakuin “Sekarang” dan bukan di nanti – nanti, kalo dinanti – nanti mulainya mau kapan ? kapan lo mau berubah ? pas udah tua baru berubah ? nah itu maksud dari lyric nya jadi sekarang aja udah kok di nanti nanti hehe.


Age that everything is things is set, though we are in a blessed environment, some people aren’t able to do things
(A) world with too much information
It seems hard to show your real self
— Umur itu semuanya sesuatu yang diatur, meskipun kita berada dalam lingkungan yang diberkati, beberapa orang tak mampu melakukan sesuatu
— Dunia dengan terlalu banyak informasi
— tampaknya sulit untuk menunjukkan dirimu yang sesungguhnya

Umur itu semuanya sesuatu yang di atur, kalo di lihat kok ada kata semuanya ya ? itu merujuk kepada apa sih ? ya kepada umur kan ? berarti umur itu bukan hanya manusia ya ? ada umur pohon, umur kursi, umur motor, umur apapun lah yang lainnya kalian bisa mengetahuinya secara lebih. Terus pertanyaan terakhir, “Di atur” sama siapa ya ? hayoo.. disini kita bicara keyakinan, dan itu dikemblikan kepada kalian, kalian jawab oleh diri sendiri. Pada lyric berikutnya ada “Lingkungan yang diberkati” hmmm apa ya.. diberkati oleh siapa ya ? balik lagi kepada keyakinan masing – masing hehe, kalian search aja “linkungan yang di berkati” masukin di google search dan kalian bisa kumpulkan data – datanya kemudian merangkumnya sendiri. “Beberapa orang tak mampu melakukan sesuatu”, disini sebenarnya FALILV memaparkan keyakinan mereka bahwa okelah kita artikan lingkungan itu ya “Dunia” seperti yang disebutkan di lyric baris ke dua,  kita dan di dunia kita itu kenyataan nya hanya sebagian orang yang mampu “Melakukan Sesuatu” dan melakukan sesuatu itu ya salah satunya bisa “Belajar dengan sungguh – sungguh”, kenapa belajar ? bisa di jelaskan pada lyric baris ke dua.

Dunia dengan terlalu banyak informasi, pada zaman sekarang informasi sangat mudah sekali diperoleh, faktanya bisa kita lihat dengan mudah lewat smartphone, laptop, dan yang lainnya dengan diiringi perkembangan teknologi. Tentunya dalam perkembangan tersebut, dalam pengaksesan informasi dari sumber – sumber yang banyak tampaknya memiliki dampak positif dan negatif dan itu adalah sesuatu yang wajar yang ada di dunia kita, seperti halnya barang pasti ada yang bagus ada yang jelek, ada manusia yang lemah ada yang kuat, dan semua itu pasti ada nilai positif dan negatif, dan coba anda pikirkan dan cari apa sih yang semuanya full positif apa sih yang semuanya full negatif pada suatu obyek yang anda pikirkan. Maka dari itu, dalam informasi yang bisa benar atau bisa salah juga, itu mau tidak mau akan masuk kedalam pikirkan kita dan secara tidak sadar akan mengisi pemahaman kita dengan informasi tersebut, dan itulah yang disebut dengan lyric “Dunia dengan terlalu banyak informasi” itu seperti itu. Apa sih dampak sesungguhnya dari banyak nya informasi yang kita dapat ? dan itu dijelaskan pada bagian lyric terakhir.

Tampaknya sulit untuk menentukan dirimu yang sesungguhnya, terkadang bila contohnya ada 3 orang nih, kita namakan aja si A, si B, si C, nah si B ini mau pergi camping misalnya, nah si A nyaranin ke si B “udahlah jangan ikut camping, kan kondisi lagi hujan sekarang kalo longsor gimana” nah terus si C pun berkata pula “udah camping aja, percaya kok ke ramalan cuaca, percaya mah sama yang di atas aja” nah si B pun bingung nih, mending yang mana ya, si B mikir kalo gw nurutin si A bener juga sih karena emang kondisi nya lagi hujan sekarang – sekarang ini tapi si C juga bener sih kenapa gw harus percaya sama ramalan cuaca ya kan belum tentu juga pasti bener. Inilah suatu kondisi dimana yang dimaksudkan “Sulit untuk menentukan” itu, solusinya gimana ? ya kembali kepada pemahaman masing – masing dengan keyakinan yang dibenarkan dalam hati kalian, karena kalian lah yang menentukan sesuai dengan apa yang kalian yakini. Jadi, yang dimaksud “Sulit untuk menentukan dirimu yang sesungguhnya” itu adalah ketika seseorang mendapatkan informasi dari sana sini baik itu dari media berita atau apapun maka orang tersebut pasti merasa heran terkadang bingung juga bila suatu informasi nya itu tidak sesuai dengan apa yang dia yakini, contoh “kok bisa ya dia menculik terus merampok padahal gini gini gini” contoh lain “kok bisa ya berita sering nya itu nampilin aja yang negatif negatif mau itu pembunuhan, pencurian, pemerkosaan, dan yang lainnya, kok bisa ya jarang yang positif positif nya bahkan sedikit amat” dilain hal ada pula seseorang yang mengambil yang enak nya aja contoh nya “wah ada kasus pemerkosaan nih, pengen nyari ah di youtube video nya atau di google ada ga yah” itulah contoh dari “kesulitan untuk menentukan dirimu yang sebenarnya”. Jadi kalo di bahasakan “dirimu itu kaya gimana sih gw bingung, gini salah menurut lu, gini bener menurut lu, lu lakuin itu menurut lu bener, lu lakuin itu menurut lu salah, campur aduk lu ga konsisten pada apa yang lo yakini, konsisten dong !” nah jadi inti nya itu ga konsisten lah bisa kita artikan, bisa yang salah di anggap bener, bisa yang bener di anggap salah.


Light up your own mind
Find your unique self that you
oh raised up
Oi Oi Oi Oi Oi Oi Oi Oi
— Terangi pikiranmu sendiri
— Temukan keunikanmu itulah dirimu
— oh bangkitlah
— Oi oi oi oi oi oi oi oi

Terangi pikiranmu sendiri, seperti yang sudah di jelaskan di awal – awal bahwa untuk membuat penerangan pasti ada sesuatu yang menunjuki kan, contoh “udin bawain lilin disana biar terang ini kamar, udah gelap karena mati lampu ga pake lilin lagi, gimana mamah mau bisa rapihin kamar nih, nanti malah jadi acak acakan dan mamah nabrak sini nabrak sana” nah kalo diliat kan yang menunjuki nya siapa ? si mamah nya itu kan dan nyuruh ke si udin bawain lilin, sama aja halnya kaya gini “Atep berkata kepada Asep, Asep yuk kita belajar bareng – bareng biar kita sukses dunia dan akhirat, ayok kita bareng – bareng memulai kehidupan baru dari perubahan yang kita lakukan, lupakan masa lalu kita yang kelam sep, ayok ikut gw” nah disitu yang berubah Atep sama Asep kan ? nah sama Mamah sama Udin pun pengen penerangan agar tidak nabrak sana nabrak sini dan menyakiti diri sendiri, sama Atep sama Asep pun pengen berubah biar ga nabrak sana nabrak sini yang di maksud nabrak itu ya kita celaka, kita mencelakakan diri sendiri dan merugikan diri sendiri. Maka dari itu, di bagian lyric “Terangi pikiranmu sendiri” nyuruh bagaimana ya menerangi diri sendiri ? ya cari cara nya salah satunya seperti contoh di atas.

Temukan keunikanmu itulah dirimu, setiap orang pada dasarnya memiliki karakteristik yang berbeda beda, sifat yang beda, tingkah yang beda, sikap yang beda, dan yang lainnya walaupun ada beberapa yang sama seperti warna rambut mungkin, bentuk tangan, bentuk kaki, dan yang lainnya. Tapi, manusia pada dasarnya itu berbeda – beda, berbangsa – bangsa, bersuku – suku, berbeda bahasa, warna kulit, dan yang lainnya dan itulah yang dinamakan “Unik”. Dan selain itu ada yang paling penting dari keunikan kita itu yaitu cara menyampaikan sesuatu atau menanggapi sesuatu. Nah jadi yang dimaksud dari lyric “Temukan keunikanmu itulah dirimu” ya kita nyari, kita mencari untuk menemukan gimana sih sebenernya diri gw itu ? diri gw itu udah keteken nih udah di buat bingung nih udah di buat down nih sama lingkungan lah, sama temen temen lah, sama masalah gw lah, gimana gw cara nemuin diri gw yang sebenarnya yang sudah tertutup oleh berbagai permasalahan tersebut ? Nah maksudnya gitu, kita suruh nyari cara nih biar kita itu tau sebenernya diri gw yang sebenernya itu kaya gimana ya, dan biar kita ga ikut – ikutan kaya orang lain, misalnya “Orang lain ngomong sama orang gayanya gitu, gw juga kaya gitu ah” kita jangan maksain gitu buat jadi seperti orang itu, tapi bagusnya jikalau keterpaksaan itu emang untuk meningkatkan motivasi kita untuk mengupgrade skill kita itu tidak masalah, tapi beda halnya yang maksain asal – asalan “Yang penting gw pengen kaya dia”:ya kalo asal – asalan kita ga bisa, karena kita memiliki ciri khas tersendiri, cuman terkadang kita susah untuk mengungkapkannya, dan kita harus menemukan cara kita sendiri.

Oh bangkitlah, bangkit dari tidur terkadang kita masih merasa malas, masih merasa ngantuk, masih merasa susah, dan itu adalah suatu hal yang wajar (gw juga sama wkwk) karena eh karena kita itu masih terlalu enak dengan tidur kita, emang tidur itu enak kan ? ya apalagi lagi cape – capenya, tapi beda halnya dan lain halnya ketika misal lagi ada tugas nih terus kita ngomong di hati “ah besok bangun subuh ah mau ngerjain tugas soalnya masuk pagi tugas belum kelar” mau ga mau harus bangun kan kita ? nah itu lah kita punya tujuan yang sudah direncanakan oleh kita dan kita sebelum tidur masih inget itu tugas, dan alhasil ketika bangun mau itu lagi masih ngantuk lah mau enggak ngantuk juga bagus lah kita tetep pasti harus ngerjain kan ? dan alhasil kita pun bangun dan ngerjain kan ? nah itulah sebuah perumpamaan dari lyric “Oh bangkitlah” yang mengandung maksud yang artinya “Oy ayo bangun, lo udah terlalu lama tidur nih, kan lo mau lakuin yang di atas tadi, lo butuh penerangan, lo pengen berubah, ya itu tugas lo, makannya lo harus bisa bangun jangan tidur mulu (maksudnya bukan tidur dikasur ya, tapi tidur dalam keadaan yang sadar), udah tau harus bangun, kok ga bangun – bangun ?” nah seperti itulah penjelasan dari perumpamaan tadi di atas.

Oi oi oi oi oi, orang pada umumnya biasanya kalo di panggil merespon, kalo orang yang dipanggil kagak merespon ya berarti dia tidak mendengar padahal sebenernya dia mendengar. Ini adalah sebuah penegasan seperti “Oi sadar oi sadar oi sadar” dari lyric sebelumnya yang nyuruh bangkit bangkit dan bangkit, jadi intinya ya manggil setelah bangkit biar sadar, contoh dalam hidup kita “Din bangun sekolah kan sekarang, ya mak bentar lagi nih tanggung ngantuknya lagi enak, Din oi bangun sekolah kan sekarang, ya mak udin udah bangkit nih dari bobonya, Oi din kok diem mulu cepet mandi dulu, iya mak ngomel mulu sih bentaran napa mak, Oi din jangan tidur dikamar mandi lama banget mandi nih anak ngapain aja di WC ya, ya mak udin bersihin semua sampe ke sela – sela biar bersih mak sabar napa mak udin yang mandi emak yang sibuk nih” Nah kaya gitu, walau udah bangkit tetep harus bisa sadar, ya kalo dari cerita udin barusan ya harus sadar sekolah, harus sadar waktu, harus sadar mandi, dll.


Now are you ready to jump into the world with confidence and eagerness! Yeah!
当て所なく歩いた夜も 今の僕を支えている
I’ve started to see the real world and all my dreams became a goal to me ah
Now are you ready to jump into the world with confidence and eagerness! Yeah!
Atedo naku aruita yoru mo ima no boku o sasaete iru
I’ve started to see the real world and all my dreams became a goal to me ah
— Sekarang apa kau siap melompat ke dunia dengan yakin dan semangat! Yeah!
— Tanpa bergantung kau berjalan memasuki malam dan sekarang aku akan mendukungmu
— Aku mulai melihat dunia nyata dan semua impianku menjadi tujuan bagiku, ah

Sekarang apa kau siap melompat ke dunia dengan yakin dan semangat! Yeah!, kalo berkata dunia pasti terdapat macam – macam hal yang bisa temui kan ? seperti yang sudah saya jelaskan seblumnya, pada zaman sekarang telah banyak bermacam – macam infomasi, banyak teknologi berkembang semakin pesat, bahkan di lingkungan terdekat kita pun anak – anak nya sudah mulai aneh – aneh, bahkan ada di media beritanya sekarang – sekarang ini anak di bawah umur sudah kenal pacaran, sudah bisa melakukan recording video (recording video apa tuh wkwk) dan yang lainnya, bagaimana dengan yang para atas nya ya, yang kecilnya juga sudah begitu apalagi yang atas. Okelah bisa kita sebut bahwa zaman sekarang itu memang sudah terlalu ‘parah’ atau ‘aneh’ atau ‘membingungkan’ dan itupun mungkin anggapan untuk sebagian orang. Maka dari itu, maksud dari lyric “Sekarang apa kau siap melompat ke dunia” adalah ya melompat bukan berarti melompat seperti yang kita lihat ya simple nya kan kalo lompat ke atas, terus jauhnya sesuai yang kita lompati, terus kita bisa melewati nya dengan lompatan itu kan ? nah jadi kita mencoba untuk lompat nih di dunia yang fana ini yang sudah dijelaskan sebelumnya, terus kalo udah mau lompat emang bener mau lompat pertanyaan terakhir, Apa kau siap ? bener siap ? dengan dunia sekarang ini ? makannya solusinya dengan kesiapan tersebut kita harus bener – bener dan emang bener harus “Yakin dan semangat” seperti lyric pada akhir baris pertama, yakin berarti kita udah bener – bener, semangat berarti kita penuh energi nih untuk mempersiapkan loncatan nya ke dunia hahaha.

Tanpa bergantung kau berjalan memasuki malam dan sekarang aku akan mendukungmu, mungkin kita yang pengen berubah sudah melalui beberapa macam dan segala hal yang kita temui kan dan selebihnya mungkin membuat kita ribet, membuat kita sedih, membuat kita bingung tanpa arah, membuat kita terjerumus kedalam kebinasaan, membuat kita rugi, dan yang lainnya, dan kebanyakan orang yang pengen berubah mungkin melalui masa – masa itu, dan masa – masa itu lah yang disebutkan di lyric sebagai perumpamaan yang berbunyi “Tanpa bergantung kau berjalan memasuki malam”, kondisi tadi itu layaknya malam hari, semua kondisi itu memang gelap, gelap dan kita bermasalah teradap diri kita karena kita mungkin ga bergantung kepada siapapun, bisa kalian search di google dengan kata kunci “tempat bergantung segala sesuatu”, nah kita itu ga bergantung dan kita perlahan – lahan berjalan menuju malam yang gelap dan sunyi. Lalu lyric selanjutnya berbunyi “Dan sekarng aku akan mendukungmu”, pada penjelasan di atas yang dimana ketika saya menjelaskan cerita si “Udin dan si Mamah” kedua itu jadi terang kan karna udin bawa lilin, dan pada cerita “Atep dan Asep” mereka berdua bisa melakukan perubahan kan ? karena awalnya Atep ngajak Asep, nah makannya dari sinilah kita harus mencari “seseorang yang bisa menunjuki kita untuk bisa berubah” entah itu teman dekat yang keliatan nya baik atau siapapun yang kalian kenal dan dipandang baik di mata kalian, sehingga yang kalian cari itu nanti akan berkata kepada kalian “aku akan mendukungmu” nah disinilah maksudnya mendukung itu ya dia akan mendukung kamu untuk bisa keluar dari gelapnya malam, dan kamu akan bergantung sekarang, awalnya kamu engga bergantung “Dan aku akan mendukungmu” agar bisa bergantung dan keluar dari gelapnya malam.

Aku mulai melihat dunia nyata dan semua impianku menjadi tujuan bagiku, seperti yang dijelaskan sebelumnya di atas pada akhirnya sebuah fakta bahwa dunia fana ini ya nyata dan memang ini benar – benar dunia kita yang kita tempati, bukan di dunia maya, bukan dunia digital, bukan dunia lain, dan kita harus bisa melewati nya untuk segala permasalahan yang akan kita temui dengan berbagai lingkungan, informasi teknologi, ataupun hal lainnya. Bagi seseorang yang sudah bisa merasakan sebuah perubahan pada dirinya maka dia akan tau bahwa dunia sesungguhnya itu seperti apa, apa yang akan kita hadapi kedepannya, kenyataan apa yang akan kita hadapi selanjutnya, karena suatu masalah akan selalu sulit seiring dengan bertambahnya waktu dan usia kita. Maka dari itu seperti pada lyric di atas bahwa ketika seseorang yang sudah memulai perubahan maka dia akan tau apa impian nya, apa impian yang selama ini yang dia inginkan, tujuan apa sebenarnya yang ingin dia capai, dan semua itu akan dia peroleh ketika dia memang benar – benar melihat dunia yang nyata, bukan dunia yang lain, maka terbentuklah lyric nya menjadi “Aku mulai melihat dunia nyata dan semua impianku menjadi tujuan bagiku”.


Let us be
[be able to able to have courage
A talent can’t talent can’t be achieved without any effort
No such thing as a perfect person exists in this world]
— Biarkan kita
— [bisa, bisa memiliki keberanian
— Sebuah bakat tak bisa, bakat tak bisa dicapai tanpa usaha
— Tak ada hal seperti orang sempurna, ada di dunia ini]

Biarkan kita bisa memiliki keberanian, rasa takut terkadang muncul ketika kita melihat sesuatu yang tidak kita inginkan dan diliputi rasa khawatir akan kehilangan apa yang kita miliki sebelumnya, apa yang kita nikmati sebelumnya, dan hal lainnya. Maksud dari lyric ini “biarkanlah dirimu wahai sang pendengar musik ini untuk menerima sebuah perubahan pada dirimu, dirimu harus mencapai sebuah pencapaian, dirimu harus bisa meningkat dari hari – hari sebelumnya, bangun wahai pendengar, milikilah keberanian pada dirimu untuk berubah, apa yang engkau takutkan ? kehilangan rasa tidurmu yang nyenyak sekali yang sudah lama sekali kau nikmati ? kau sudah lama menikmati rasa tidurmu yang nyenyak itu, dan lebih banyak mana dari sebuah perubahan yang akan engkau jalani ? tenanglah.. melakukan sebuah perubahan itu tidak sulit akantetapi memerlukan beberapa proses yang perlahan yang ditimbulkan dari keyakinan dirimu sendiri, mungkin sulit tapi beranilah kawan.”, nah itu yang dimaksudkan lyric nya.

Sebuah bakat tak bisa dicapai tanpa usaha, pada lyric ini sudah jelas bahwa memang jika kita ingin mempunyai bakat, mempunyai keahlian, dan ingin kita capai, kita memerlukan sebuah usaha yang maksimal. Yang dimaksud usaha yang maksimal ini bukan memaksakan akan tetapi disiplin dalam mengerjakannya, inget waktu, inget ini, inget itu, dan yang lainnya. Maka dari itu, usaha dulu baru keliatan bakatnya, dan dari kebiasaan itulah timbul sebuah skill yang semakin meningkat dari hari ke hari, dan itu semua tidak ada cara pintas nya yang langsung akan kita dapatkan dalam waktu sekejap mungkin, melainkan hanya bisa dari usaha.

Tak ada hal seperti orang sempurna, ada di dunia ini, memang pada kenyataan nya tidak ada yang sempurna, tapi jika kita lihat dari lyric “Tak ada hal seperti orang sempurna”, bila kita teliti pada bagian seperi orang sempurna berarti orang yang nulis lyric ini yakin bahwa ada orang yang sempurna tapi sekarang di dunia ini di zaman sekarang ini tidak ada orang yang sempurna sesempurna seperti orang sempurna yang disebutkan tersebut, siapakah dia ? kalian bisa search saja di google dengan kata kunci “orang paling sempurna”. Maka dari itu, dari ketidaksempurnaan kita, kita hanya bisa berharap, berencana, dan berusaha semaksimal mungkin dalam kegiatan kita sehari – hari yang kita lakukan.


Why not take a chance of yours
— Mengapa tak ambil kesempatan darimu

Mengapa tak ambil kesempatan darimu, ini adalah bagian lyric terakhir yang menegaskan tentang “Sebuah Kesempatan” yang ada di depan mata kita bahkan ada di diri kita. Mengapa sih oh Mengapa dirimu.. (eh malah nyanyi hahaha), jadi mengapa.. why.. kok bisa.. contoh : “Udin pulang sekolah, udin abis uang buat naik angkot, ada andri berkata : Napa din kek sedih amat lu kasian we liatnya, Udin berkata : ya ndri ni uang gw abis gw jajanin semua abis gw laper tadi padahal gw udah makan tetep aja laper gw heran ni perut kok ga kenyang keyang bahkan sekarang gw laper, gw gatau kalo sekarang ada uang gw pake buat ongkos atau gw pake makan ndri. Andri berkata : lo perlu uang kagak ? kalo perlu gw pinjemin nih ada sisa gw tadi jajan,mau kagak ? tapi syarat jangan pake makan, enak aja gw pinjemin dipake makan, udah makan dari siang makan lagi lu sekarang, bingung we sama lu, Udin berkata : yah, yaudah kalo emang ga boleh buat makan gw ga jadi pinjem, gw biar pulang jalan aja dan makan nya di rumah, bye ndri, Andri berkata : okelah kalo gitu gw duluan ya din, bye (Andri sambil nyupir mobil).” Nah jadi intinya gitu, udah ditawarin uang sama andri kok bisa udin ga ambil kesempatannya buat minjem dulu terus bisa pulang naek angkot, dan kok bisa andri ga ngajak naik mobilnya wkwk. Maka dari itu, sama aja seperti lyric di atas “Mengapa ga ambil kesempatan buat berubah, kan banyak waktu, banyak temen yang baik baik, banyak kesempatan, kok ga di ambil malah menyerah pada keadaan ?” nah di simpelin lyric nya jadi “Mengapa tak ambil kesempata darimu”.

++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++

Reviewed by Firdamdam Sasmita

Bagi teman-teman yang mau share dan copy paste dipersilahkan dengan senang hati
tapi jangan lupa sertakan link alamat di mana anda mendapatkannya, yaitu
http://furahasekai.com
Saling berbagi dan bisa menghargai itu indah!

=== Tinggalkan jejakmu berupa komentar ya teman-teman ? Klo kalian suka artikel ini, atau terdapat kesalahan pada artikel ini, atau apapun deh sebagai bukti kunjungan kalian telah membaca artikel ini ? ===

Terima kasih! (^-^)/

++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++

2 Comments

Leave a Reply

    Leave a Reply

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.