[Review Lyric Lagu] Fear, and Loathing in Las Vegas – Believe Yourself

Believe Yourself
=== Percaya diri ===

Percaya diri, kata percaya mungkin memang sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat sekarang mau itu diri sediri, mau teman, mau keluarga, dan yang lain nya. Rasa percaya itu mungkin awalnya muncul dari dua buah obyek yang terbentuk mau itu obyeknya manusia, benda, hewan, tanaman, hal – hal ghaib, dan yang lainnya. Setelah yang terbentuk awalnya seperti itu maka ada tahapan kedua yang dimana merupakan sebuah interaksi antara dua buah obyek tersebut mau itu lewat pemikiran kita, mata kita, atau hati kita dan biasanya dimulai dari hati dulu (biasanya gitu, gatau kalo ente drimana awalnya hehe). Nah dari tahapan kedua itulah akan terbentuk tahapan ketiga yang secara tidak sadar secara perlahan dan pasti terjadi itu dinamakan sebuah rasa percaya terhadap sesuatu yang kita munculkan dari dalam diri kita terhadap lawan dari sebuah obyek yang kita lakukan sebelumnya mau itu terhadap diri sendiri ataupun seseorang yang ada disekitar kita dan dilagu ini dipersingkat dari kalimat yang awalnya adalah “rasa percaya yang muncul dari dalam diri kita” menjadi lyric judul yang bernama “percaya diri”.


Yoru ni hi wo tsugu you na mainichi mo
itsuka mi wo musubu kara
yamikumo demo mogaite mo ii
tachitomarazu susumou
— Seperti matahari di malam hari setiap hari
— Suatu saat terikat
— Apakah aku masih berjuang keras
— Maju tanpa berhenti

Seperti matahari di malam hari setiap hari, Matahari yang kita kenal mungkin yang manas manasin kalo lagi terang benderang nya, ada juga yang beranggapan bahwa matahari ini adalah pusatnya pencahayaan yang menyinari seluruh muka bumi yang ada dunia ini dan ada juga yang menganggap bahwa matahari ini adalah sebagai .. (ya itunya lah hha). Akan tetapi jika kita pikirkan bahwa memang pada faktanya dalam kehidupan kita matahari adalah sumber pusat pencahayaan yang sangat terbesar yang menyinari dunia kita ini, maka dari itu bisa kita umpamakan bahwa jika memang matahari adalah apa yang dimaksudkan barusan, tentunya yang disebut ‘cahaya’ adalah sesuatu yang terang yang menerangi kita dalam ketidakterangan (mau liat tentang bahasan terang terangan bisa di liat artikel review ignite your frail mind hahaha) yang nyambung dengan lyric sebelumnya maka “Seperti Matahari” adalah “Seperti yang menerangi seluruh nya” dan dalam hal ini tentunya bukan apa yang dimaksud dengan pada faktanya bahwa kata “seperti” adalah ya kita, kita yang mencoba untuk menjadi matahari tersebut yang bisa menerangi seluruh aktifitas kehidupan kita baik itu mau dalam bentuk apapun aktifitas nya ya kita tetap terang, kan ada ada yang bilang “hidup gw mah gelap”, maka dari itu yg kaya gtu tidak patut/tidak diharuskan dicontoh karena perubahan itu ada, bisa dilakukan, mudah diraih, berat dilakukan, akan tetapi semua butuh proses, semua butuh usaha, dan intinya ada keyakinan sehingga kita bisa bersinar dan terang hidup kita yang merujuk pada lyric “Seperti Matahari”. Jadi intinya, mau dapet penerangan atau pengen kejedot atau nabrak atau jatuh karena gelap ? udah jatuh sakit, udah kejedot sakit, ga mau terang lagi :p, maunya apa ni anak hahha gitu maksudnya (sorry bukan maksud songong :v). Lalu yang dimaksud dengan “di malam hari setiap hari” itu jika kita lihat dengan mata kita dan tanpa pikir panjang bahwa memang kalo malam hari itu ya gelap terkecuali ada lampu yang menerangi di malam hari nya bisa di temui di jalan jalan atau toko toko atau rumah bisa juga walau pencahayaan nya tidak seluas yang kita harapkan dan dari lyric “setiap hari” lah yang merujuk kepada lyric sebelumnya yaitu “Seperti Matahari” yang dimana harus selalu terang benderang “setiap hari” nya yang bisa menyinari seluruh permukaan jagat raya mau itu sampe ke sempil – sempil nya (ya terkecuali kalo lagi di dalem rumah ya tetep aja kan akan ada cahaya dari luar yang bikin terang lah seenganya walau dikit). Terus yang dimaksud malam hari nya seperti apa ? jadi intinya dari lyric “Seperti Matahari di malam hari setiap hari” itu bila kita jadikan sebuah kalimat yang mudah kita pahami maka akan menjadi seperti “Hidup gw gelap gini, gw perlu perubahan nih dari yang awalnya semua perbuatan gw apa yang gw lakuin adalah hal yang tidak sewajarnya/jelek/buruk/tidak disukai/tidak logis menjadi sesuatu hal yang berarti dan bermanfaat serta jelas akan apa yang gw lakuin bagi diri gw untuk sekarang dan kedepannya/setiap hari”. Nah jadi kalo dilihat dari kalimat itu maka bisa kita simpulkan bahwa “Hidup gw gelap gini” sebagai “Malam”, “perlu perubahan” sebagai “perlu penerangan matahari”, “berarti dan bermanfaat” sebagai “sumber matahari yang bisa bermanfaat bagi kehidupan” dan “sekarang dan kedepannya” sebagai “Setiap hari” sehingga bila digabungkan akan menjadi lyric “Seperti Matahari di malam hari setiap hari”.

Suatu saat terikat, Bila kita bayangkan dan kita ketahui bahwa ikatan itu adalah misalnya seperti seekor kerbau yang di ikat ke si mesin nya yang di kendalikan oleh si penggembala maka bisa kita pikirkan bahwa memang “oh ternyata bila seekor kambing di ikat kepada sebuah mesin dan dikendalikan penggembala, maka jika si kerbau mau kemana mana si mesin bahkan si penggembala nya bakal tetap ikut terbawa ya mau itu ke jakarta, bandung, luar pulau tetep akan ngikutin”. Nah pertanyaan nya, di kehidupan kita nyata nya, siapakah yang dimaksud dengan kambing nya ? dan siapa yang disebut dengan si penggembala nya ? masalahnya kalo si kambing kemana mana seperti yang dijelaskan di atas maka si penggembala akan otomatis ikut juga karna udah ngiket, dan jawabannya sesuai pada “Keyakinan” masing – masing karena memang pada prinsip nya kita harus tau “Makna kenapa kita hidup” (Meaning of Existence) agar bisa menjawab pertanyaan di atas. Lalu apa yang dimaksud dengan “Suatu saat” ? jadi suatu saat itu akan bermakna bahwa suatu “saat itu” sama halnya seperti contoh “Ah suatu saat gw akan coba pergi ke england ah buat ketemu artis idola gw” dimana sebuah “perencanaan” dan “harapan” akan diperoleh dan kita bisa terikat dengan sesuatu yang kita yakini. Jadi, bila kita sambungkan kedua bait lyric diatas menjadi “Suatu saat terikat” maka seperti “Suatu saat gw pengen dan akan mencoba mengikatkan diri gw dari apa yang gw yakini agar gw bisa selalu berfikir logis dan bisa bertarung dengan segala macam masalah yang akan datang kepada diri gw.”

Apakah aku masih berjuang keras, Di lyric ini sebenarnya sambungan dari lyric baris pertama dan kedua di atas, lyric ini bertanya – tanya, mengharapkan sesuatu yang tidak optimis, dan ragu – ragu akan melakukan suatu tujuan dan perubahan nya. Contoh, “Udin sedang ujian di kelas, di tengah tengah udin stuck untuk ngerjain soalnya karena memang lupa lagi, lalu udin bingung dan berkata dalam hati nya, gw terusin apa jangan nih, gw jawab gw bingung mau jawab apa, gw kumpulin jawabannya langsung kagak gw isi jawabannya, khawatir kecil nilai gw, jadi gw bingung apa gw harus terus berjuang keras atau berhenti aja nih”. Nah jadi intinya untuk melaksanakan lyric yang ada pada baris ke 1 dan ke 2 di atas apakah akan sanggup ? apakah untuk mencapai “Sebuah penerangan yang besar skala serta dampaknya” dan “Sebuah ikatan” akan sanggung untuk di lakukan ? apakah aku masih berjuang keras ketika mau/sedang melakukan itu ? dan jawabannya ada pada lyric berikutnya.

Maju tanpa berhenti, ya mungkin dengan lyric yang pendek ini membuat kita agak sedikit bingung apa maksudnya, akan tetapi jika kita cermati dari lyric sebelumnya dan yang setelah nya setelah lyric ini maka bisa di simpulkan bahwa yang dimaksud lyric ini adalah menunjukan bahwa untuk mencapai sebuah keterikatan baik itu dengan apapun yang intinya membuat diri kita lebih baik untuk kedepannya yaitu kita tidak boleh berhenti ya walaupun mungkin kalo di ibaratkan kendaraan maju terus pasti nabrak lah dan ada berhenti nya tapi yang dimaksud disini bukan itu, yang dimaksud disini adalah pada sebuah keyakinan kitanya dengan membawa sebuah ke optimis san dalam menjalani hidup dan kegiatan kita sehari – hari dimana kita tidak boleh berhenti, baik itu tidak boleh berhenti dari berharap, dari berencana, dari belajar, dan dari hal apapun yang membuat kita menjadikan diri kita sendiri selalu naik dan naik dalam segi apapun, yang dimaksud naiknya adalah adanya pencapaian dari awalnya segini jadi segini nya naik dan terus menerus sehingga sampai pada puncak keberhasilan, kesenangan, serta keseamatan (kaya di lyric nya Journey to Aim high). Maka dari itu, dari situlah maka akan terbentuk lyric yang sangat pendek yaitu “Maju tanpa berhenti”.


Shikoukairo
kimi dake ga motsu ORIJINARU
HITOMODOKI kara wo yaburutame no chikara ni naru
— Kau hanya harus berpikir orisinil
— Menjadi kekuatan untuk memecahkan sangkar

Kau hanya harus berpikir orisinil, Dalam proses berpikir tentunya kita memiliki beberapa pemahaman yang kita pahami seperti misalnya : “kok bisa ya es krim meleleh, mungkin seperti ini ya, mungkin seperti itu ya” dan apapun jawaban yang di pikirkan oleh para pemikir maka akan berbeda – beda, dan jikalau itupun sama maka akan ada sebuah pembuktian bahwa bisa di katakan sesuai fakta atau apapun itu. Maka dari itu lalu apa yang dimaksud dengan “berpikir orisinil” ? untuk selengkapnya mengenai ke orisinilan kalian boleh searching di google lebih lengkap nya dan yang saya akan jelaskan mungkin simple saja yang dimaksud orisinil seperti layaknya kita membeli sebuah power bank, kan ada yang asli ada ga asli juga tuh, nah yang disebut asli itu dinamakan orisinil karena memang pada kenyataanya orisinil dari sebuah barang atau sesuatu apapun itu mau dari pemikiran, mau dari diri, itu terbentuk karena memang dari si pemilik nya yang asli dan bukan dari orang lain bukan dari siapapun, lalu dari situlah maka kita bisa simpulkan bahwa yang dinamakan proses berpikir secara orisinil itu adalah sebuah proses pemikiran yang memang dari apa yang kita pahami seperti apa yang di katakan di atas bahwa “menurut saya begini, menurut saya begitu, dll”. Tapi, ada permasalahan lain dalam mengungkapkan apa yang kita pahami belum tentu benar dan bisa jadi juga benar, bisa salah atau tidak salah juga, lalu apa yang membedakan antara kedua nya itu ? sebenarnya hanya simple saja yang membedakan kedua nya itu adalah adanya sebuah referensi yang akurat dan sudah memang itu sumber aslinya, dan yang kedua sumber itu dikatakan memang belum tentu benar dan masih bisa ada kemungkinan salah alias bukan itu yang sebenar nya.

Menjadi kekuatan untuk memecahkan sangkar, Kekuatan yang kita ketahui mungkin memang sudah ada beberapa gambaran yang sudah kita dapatkan dan kita lakukan baik itu dilakukan pada hari yang memang kita terkadang melakukan nya dan bisa juga itu adalah sesuatu yang setiap hari kita lakukan juga dan yang kita ketahui pasti dan sering kita alami contohnya seperti kekuatan untuk jalan, kekuatan untuk lari, kekuatan untuk mengendalikan benda benda seperti motor dan hal lain nya, nah itu lah yang kita maksud kan sebagai kekuatan karena memang pada dasarnya kekuatan itu membantu kita untuk bergerak sesuai apa yang kita ingin gerakan baik itu dari segi fisik, pemikiran, maupun hati nurani kita. Lalu apa yang dimaksud dengan sangkar ? kok bisa ada sangkar burung diuluar kita pecahin, kok bisa kita jadiin kekuatan kita untuk mecahin sangkar burung doang diluar, ga ada kerjaan pasti hahaha kecuali memang si burung nya emang udah macem – macem sama kita terus kita emosi dan ancurin dan tuh sarang nya hahaha (kasian burung). Yang dimaksud memecahkan sangkar disini adalah sebuah perumpamaan dalam diri kita yang dimana kita itu harus bisa dan pasti sebenar nya memang bisa mecahin sangkar makannya lyric nya mecahin sangkar bukan mecahin batu, kalo mecahin batu yang segede mana nya lu harus pake alat lagi dan bergantung ke alat bukan dari diri sendiri yang usaha buat mecahin batu nya, nah ini beda, makannya kenapa falilv ngasih perumpamaan nya ke sangkar karena coba kita bayangkan dulu ya sangkar burung misalnya yang ada di luar, sangkar burung ada nya dimana sih ? di pohon, kadang sangkar nya itu ada yang di atas banget dan ada yang di atas kita dan ga begitu jauh nya kan ? betul, kalo memang begitu jadi apa dong ? oke disini terdapat 2 obyek yaitu burung dan sangkar, terus ada 1 metode yaitu terbang (kok jadi kaya object oriented programming gini hahaha), nah kembali lagi kenapa falilv ngasih lyric nya sangkar dan engga batu ? jadi sangkar itu kan ada di atas pohon yang terkadang jauh sama kita dan kadang susah untuk di capai, kalo dari iklan iklan atau film kan suka ada tuh yang naik ke pohon terus naro burung sambil senyum nah kaya gitu, tapi itu pake tangga atau alat apapun itu ! nah disini beda kita ga pake tangga, kita mencoba berjuang dengan kekuatan kita buat bisa ke atas untuk mecahin sangkar nya makannya perlu perjuangan untuk ke atas itu untuk mecahin sangkar nya karena kalo sangkar nya di bawah dan ga di pohon ente gampang mecahin nya ente bakar aja itu sangkar hahaha makannya disini diumpamakan sangkar itu sangkar burung yang ada di atas pohon, coba kalian umpamakan sangkar yang ga ada di atas pohon tapi di daratan, lalu sangkut pautnya sama sebuah kekuatan apa ? Cuma emosi doang kan mecahin sangkar nya ? dan ga pake ‘perjuangan’ untuk mecahin sangkar nya, malah pake ‘emosi’ buat mecahin sangkar nya, emang ga salah pake emosi juga tapi dalam tanda kutip ‘untuk sebuah pembenaran terhadap sesuatu hal yang tidak masuk akal’. Nah jadi yang tadi itu adalah perumpamaan nya, dimana “pecahin lah sangkar yang ada di dalam diri kita dengan sebuah kekuatan untuk mencapai sangkar nya yang berada di paling atas/paling buruk di dalam diri kita karena memang yang kita lihat kalo sangka itu tidak beraturan dan sangat berbelit – belit, maka dari itu pecahkan lah sangkar nya atau bahasa kita nya pecahkanlah masalah apapun yang berbelit belit yang terpadapat pada diri kita, hadapilah bukan menghindar atau terdiam.”


Karisome no machi de KUMO no ito wo agaru yo
— Aku panjat benang laba-laba di kota berkabut

Aku panjat benang laba-laba di kota berkabut, kalo dilihat dari kata kota berarti menunjukan sebuah wilayah yang kita kenal terdapat beberapa masyarakat dan yang lainnya seperti halnya dalam kehidupan kita ada kota bandung, kota surabaya, dan yang lain nya. Beda halnya dengan lyric yang ada disini, dimana disitu disebutkan bahwa kota berkabut yang disebutkan. Kalo kita bayangkan kabut pasti jawabannya “penglihatan yang tidak jelas” karena memang sebuah kabut adalah suatu penghalang bagi kita jika kita ingin melihat ataupun melangkah menuju tempat tujuan kita, maka dari itu kita bisa sebut bahwa kabut adalah “pengganggu bagi kita untuk melihat dan melangkah” dan bila di gabungkan dengan kata kota maka akan ada makna nya bahwa “Kota berkabut” adalah “kumpulan dari pengganggu yang membuat kita tidak bisa melihat dan melangkah kedepan di sebuah kota tersebut” dan lebih tepatnya ini adalah sebuah perumpamaan.Oke kita lanjut ke pembahasan benang laba – laba, pasti kita semua sudah pada tau apa itu benang dan apa itu laba – laba atau benang laba – laba nya langsung. Benang laba – laba biasa yang kita temui di kehidupan kita biasanya terbentuk dari sebuah pola yang dibuat laba – laba nya kadang lurus, kadang membentuk lingkaran atau pola lainnya, dan di lain itu inti dari benang laba – labanya adalah “tidak kuat dan jarang kita temui” buktinya kita pasti pernah lagi jalan terus nabrak benang laba – laba terus ancur deh benang laba – laba nya, bener kan ? yang belum ngalami wah harus ngalamin dulu ya. Nah, benang laba – laba pun jarang pula kita temui, paling ada nya biasanya di pepohonan atau bisa jadi juga di dalem rumah tapi di pojokan dan intinya “jarang kita temui”. Maka dari itu, tadi kan penjelasannya tuh benang laba – laba nya dan bila kita sambungkan dengan lyric pertama bahwa “Aku panjat” itu adalah sesuatu dimana kondisi kita sedang memanjat/menuju ke atas dengan benang laba – laba.. kok bisa ? apa gede benang laba – laba nya ? bukan demikian, lyric tersebut hanyalah sebuah perumpamaan yang ada pada diri kita. Jadi, bila kita sambungkan semuanya akan menjadi sebuah makna yang bermakna “Ada seseorang yang berusaha untuk memanjat dengan tujuan agar bisa melihat dunia yang sesungguhnya seperti apa, karena jika dia tidak memanjat dia akan atau masih terperangkap di sebuah kota yang dimana kota nya itu penuh dengan kejahatan penuh dengan pengganggu bagi seseorang itu dengan tujuan agar dia tidak bisa melihat dengan jelas apa sebenarnya yang terjadi di dunia ini, dan dia tidak mudah untuk melihat dunia yang sebenarnya, karena memang jarang ditemui benang – benang laba – laba yang menyebar di dunia ini, dengan jarang nya itu pula, benang laba – laba ini pun susah sekali untuk dinaiki karena memang pada kenyataan nya lemah sekali benang ini dan dia masih terus mencoba untuk memanjat layaknya seorang laba – laba yang bisa kesana kemari dengan benang yang sudah di buat nya”.


Believe yourself
tsumazuite
kujike sou na kimi ni kono MERODI
yume no basho tooi
demo mitsuketa no nara
subarashii n da yo
— Percaya diri
— Tersandung
— Ini melodi untukmu yang mungkin berkecil hati
— Dari tempat mimpi yang jauh
— Tetapi jika aku temukan
— Aku tidaklah besar

Percaya diri, Tersandung, Sama halnya ketika kita pada awalnya ingin pergi ke suatu tempat dengan rasa percaya diri, dengan begitu semangatnya, kita pergi ke tempat itu, lalu tanpa kita sadari ternyata kita menabrak sebuah batu yang ada di tengah tengah walau kecil tapi keras dan menyakitkan karena membuat kita terjatuh pula, kita terjatuh oleh batu itu dengan tersandung nya kita, lalu kita sontak pasti merasa kesakitan terlebih dahulu, dan kemudian lanjut ke tahap selanjutnya dimana kita akan memilih, apa kita harus sedih ? apa kita harus marah ? dan itu adalah sesuatu yang dapat kita pilih berdasarkan keyakinan kita seperti apa menanggapi nya, bila kita marah mungkin begini, bila kita sedih mungkin begini, dll. Nah sama halnya dengan yang dimaksud pada lyric ini, yang dimaksud pada lyric ini bukanlah berbicara “fisik” tapi “perasaan” kita. Kita menjalani kehidupan, melawan banyak rintangan permasalahan yang datang kepada kita, memikirkan sebuah perencanaan yang akan kita lakukan selanjutnya di kemudian hari dan seterusnya, dan disitulah kita memiliki sebuah “kepercayaan diri” agar bisa melakukan ketiga hal tersebut dengan keyakinan yang kita miliki agar selalu semangat akan menjalankan segala aktifitas dalam kehidupan kita. Akan tetapi ingatlah, segala macam apapun yang kita lakukan, segala macam apapun yang kita hadapi baik itu permasalahan apapun, pasti kita akan menemukan rasa “tersandung” yang dimana akan mengenai beberapa dalam permasalahan yang kita miliki yang dimana awalnya kita “percaya diri” lalu kita “tersandung” kita memilih sebuah pilihan, apakah akan menyerah ? atau melanjutkan untuk sebuah perubahan ? jika menyerah begini, jika berubah begini, dan yang dimaksud tersandung itu ya kita ceroboh terhadap masalah kita dan kita tidak bisa menyelsaikan nya dan menyerah dan itulah yang dinamakan tersandung dalam konteks lyric ini. Jadi, intinya di lyric ini adalah kita kadang merasa percaya diri akan tetapi tidak tersandung, kita kadang merasa percaya diri tetapi tersandung juga, kenapa begitu ? karena memang pada kenyataan nya hidup itu tidak monoton (bukan menonton) dan kembali kepada kehati – hatian kita dalam menjalani kehidupan agar tidak melampaui batas (Lihat lyric The Demon Called Careless).

Ini melodi untukmu yang mungkin berkecil hati, disini FALILV menawarkan suatu melodi dimana kalian para pendengarnya bisa bersemangat lagi dalam menjalani kehidupan kalian dengan masalah kalian yang kalian hadapi. Lyric ini ditunjukan “tepatnya” untuk orang yang sedang berkecil hati karena suka tersandung dalam hidupnya, suka ceroboh dalam hidupnya, suka tidak hati – hati dalam hidupnya, dan suka tidak konsisten dalam hidupnya atau bisa juga tidak mau di atur dalam hidupnya, contoh “Udin bobonya jam 10 ya besok masuk pagi sekolah, kalo tidur lebih dari jam 10 kamu suka susah bangun, udin : iya mak siap (alhasil udin tidur jam 01:00) wkwkwk”.

Dari tempat mimpi yang jauh, Tetapi jika aku temukan, Aku tidaklah besar, Ada beberapa kata yang harus dijelaskan terlebih dahulu yaitu kata ‘mimpi’ kata ‘temukan’ dan kata ‘besar’. Mungkin di kalangan kita sekarang yang namanya mimpi mungkin sudah pada tau bahwa mimpi itu adalah sesuatu yang ingin kita capai yang berada di depan kita dan mimpi tersebut bisa di raih dengan menjalani beberapa proses yang harus dilalui terlebih dahulu, tidak mudah, dan tidak langsung sim salabim langsung terkabul begitu saja. Maka dari itu, untuk mencapai sebuah mimpi yang kita inginkan yang ada di depan kita, maka tidaklah mudah. Lalu apa maksudnya dengan kata ‘temukan’ ? ya mungkin kita sudah pada tau bahwa temukan adalah sesuatu yang kita temui, contohnya seperti kita ingin hape nokia maka kita temukan hape nokia nya, jadi seperti itu yang dimaksud ‘temukan’, menemukan apa yang kita inginkan ataupun sebaliknya. Lalu kata ‘besar’ adalah sesuatu yang memang besar dari apa yang kita lihat sebelumnya, seperti adanya sebuah perbandingan yang dimana kita melihatnya menjadi lebih baik dari sebelumnya, contohnya si udin ngeliat ukuran hape nokia 123 besar, tapi 2 bulan kemudian udin ngeliat hape nokia 456 yang baru keluar dan ukuran nya lebih besar dari sebelumnya, nah itu lah yang dimaksud besar, yaitu perasaan kita yang mengungkapkan bahwa memang pad faktanya itu adalah sesuatu yang besar. Oke, setelah kita membedah per kata nya baru kita lanjut kepada penjelasan keseluruhan nya. Kita kembali lagi bahwa memang mimpi adalah sesuatu yang kita inginkan sekali dan itu merupakan sesuatu yang harus dicapai dengan sebuah usaha dan tidak bisa dengan mantra, maka dari itu mimpi adalah sesuatu yang jauh sekali yang ada di depan kita yang dimana membutuhkan sebuah proses terlebih dahulu untuk menjalani nya. Disitu disebutkan “tempat mimpi” jadi maksudnya tempat mimpi adalah suatu tempat yang dimana tempat tersebut adalah mimpinya kita yang berada jauhh sekali yang akan kita capai dengan sebuah perjuangan, jadi “Dari tempat mimpi yang jauh” kita akan berkata kepada diri kita yang akan menyambung ke lyric selanjutnya yaitu “Tetapi jika aku temukan”. Yang dimaksud temukan sudah di jelaskan sebelumnya, jadi dalam konteksnya disini adalah jika aku temukan berarti jika kita “sudah menemukan mimpi yang kita ingnkan dengan beberapa proses perjuangan yang kita lakukan” maka akan bersambung ke lyric selanjutnya yaitu “Aku tidaklah besar”. Maksud dari Aku tidaklah besar adalah seperti sebuah ketidaksombongan pada diri kita yang dimana ketika mendapatkan apa yang kita inginkan itu/ sebuah mimpi itu kita tidak berhak untuk membanggakan diri, menyombongkan diri dengan mimpi yang sudah kita capai, karena aku tidaklah besar, ada yang lebih besar dari aku, yaitu…. kembali kepada keyakinan masing – masing (dan pasti kalian mengetahui nApakah kau ingin tetap menjadi budakya, bukan kah begitu ?). Jadi kesimpulannya bila kita gabungkan semuanya menjadi sebuah percakapan yang mudah di pahami maka akan menjadi seperti ini : “Gw punya mimpi yang akan gw capai, tapi gw ngerti bahwa mimpi ini tidak mudah untuk dicapai, dan tidak mudah untuk dipercepat maupun langsung ada sekarang juga sesuai apa yang gw harapkan. Tapi, gw yakin bahwa dari sebuah pencapaian yang akan gw peroleh, dari usaha – usaha yang gw jalani, gw yakin pasti dapet tapi dengan suatu komitmen bahwa jika gw udah mencapai apa yang udah gw impi impikan sebelumnya maka gw harus yakin ke diri gw sendiri, bahwa gw tidaklah besar, gw ga berhak sombong, gw gak berhak terlalu berlebihan dari sikap gw, gw gak pengen membinasakan diri gw sendiri karena kesombongan gw, karena gw yakin ada yang lebih besar dari gw dimana gw ga mampu untuk menandingi nya dan dari semuanya itu gw pasti harus inget bahwa di atas langit masih ada langit”.


Each path that’s there are never identical
Do you want to keep being a slave?
Adore and hate you might be carrying, but no one except you can be you
— Setiap jalan yang sudah ada tidak pernah identik
— Apakah kau ingin tetap menjadi budak?
— Memuja dan membencimu mungkin akan memikul, tetapi tak ada seorang pun kecuali kau yang bisa jadi dirimu

Setiap jalan yang sudah ada tidak pernah identik, Yang dimaksud dengan “Jalan yang sudah ada” menunjukan kepada suatu kondisi seseorang yang sedang menjalani kehidupan yang ruwet dengan jalan yang di pilih nya sekarang, ingatlah jalan ini bukan jalan raya tapi jalan kehidupan, jalan kehidupan yang di pilih orang tersebut tidak pernah identik, dan yang dimaksud dengan identik itu adalah sebuah kejelasan, maka yang dimaksud dengan tidak pernah identik adalah tidak adanya kejelasan, dalam konteks ini membicarakan jalan kehidupan, maka jalan nya tidak jelas, tidak ada tujuan, tidak ada pengharapan, maka dari itu ruwet hidupnya mau itu orang kaya atau miskin atau tidak miskin dan tidak kaya akan ada beberapa orang yang tidak pernah identik, dan dalam lyric ini maka akan bersambung ke lyric selanjutnya yang akan saling berhubungan.

Apakah kau ingin tetap menjadi budak ? Sebenarnya pada lyric ini ada kata yang kasarnya, sehingga harus diperhalus agar tidak terlalu kasar. Coba kita bertanya kepada diri sendiri, kenapa kita bisa menjadi seperti ini ? yang membaca artikel ini dan saat ini juga coba bertanya kepada diri sendiri dan bayangkan sesaat sehingga menjadi sepert ini, lalu apa yang kalian rasakan ? sedih ? senang ? tenang ? damai dan aman ? oke untuk jawabannya mungkin tidak terlalu penting, dan yang yang pling penting adalah kita bisa menjadi seperti ini sekarang ini dan membaca artikel ini, kok bisa ya ? oke mungkin jawabannya panjang lebar dan berbeda-beda dan tentunya disitu ada titik awal kan dimana kita harus memilih ? dan sebuah pilihan itu akan datang secara terus menerus selama kita hidup, contohnya “din ke warung beliin mamah rokok, udin : oke mah mana uang nya, mamah: nih (ngasih 5000), udin : udin mikir (okelah gw berangkat, kalo gw berangkat gw hormat ke ibu, kalo kagak ibu bisa marah) dan udin pun berangkat, udin nyampe warung dan berkata (wah ada makanan kesukaan gw nih, beli rokok apa beli makan ya)”, oke contohnya seperti itu, jadi pilihan akan muncul secara terus menerus dan pada setiap pilihan pasti ada yang benar dan yang salah kan ? nah pertanyaan nya bagaimana ya supaya kita bener memilih dalam pilihan kita setiap saat nya ? dan untuk itu kembali kepada keyakinan masing – masing seperti apa. Jadi intinya, ketika kita memilih sebuah pilihan pasti awalnya dari apa yang kita pahami dari apa yang kita tau, contohnya : oh aku tau ini akan bener dan akan seperti ini, ada yang lain “oh tidak kamu salah yang bener seperti ini,” dan tidak mungkin ketika kita memilih kita tidak punya keyakinan sebelumnya, pasti kita punya lalu kita memilihnya, dan kenapa di lyric ini berbunyi “ Apakah kau ingin tetap menjadi budak ?” karena FALILV udah tau bahwa kebanyakan orang sekarang ini salah milih jalan kehidupan nya (bukan menggunjing ya) mungkin ini berdasarkan fakta yang di lihat oleh FALILV jadi mereka menyimpulkan bahwa orang – orang yang memilih jalan yang salah maka itu adalah suatu kesalahan yang besar karena mereka di perbudak dan itu adalah sesuatu yang tidak perlu dan harus di hilangkan, jadi FALILV nyoba nyadarin “woy bangun lo jangan jadi budak mereka, gw tau lo keliatan sadar dalam bentuk fisiknya, tp gw liat lo kagak sadar dalam bentuk pemikiran nya, sadar woy mau lo jadi budak?” maka dari situ terbentuklah lyric “Apakah kau ingin tetap menjadi budak ?”, disitu ada kata tetap berarti jangka nya sudah lama bagi orang – orang yang sudah menjadi budak mereka, siapa mereka ? kembali kepada keyakinan masing – masing .

Memuja dan membencimu mungkin akan memikul, tetapi tak ada seorang pun kecuali kau yang bisa menjadi dirimu, Bila kita lihat dari lyric sebelumnya disebutkan bahwa “apakah kau ingin tetap menjadi budak ?” maka akan berhubungan dengan arti memuja dan membenci. Memuja dan membeci disini berarti dari kondisi sebelumnya dimana FALILV berpandangan terhadap masyarakat yang sudah di jelaskan di atas. Jadi, seseorang yang berarti menjadi budak tersebut apa rela dan harus untuk kita benci ? Atau kita puja ? Dan jawabannya mungkin tidak seharusnya seperti karena jika kita melakukan seperti itu yaitu memuja dan membenci seseorang yang seolah – olah menjadi budak. Oke sebelum lanjut saya lupa untuk menjelaskan sedikit tentang budak, apa itu budak ? Perbudakan sudah ada dari zaman dahulu kala kalian bisa mencari sejarah nya sendiri dan umumnya budak itu ya taat kepada atasannya tapi dengan cara yang mungkin tidak benar dan kalian bisa mencari nya sendiri lebih detailnya seperti apa dan budak ini beda sama pembantu dan yang dimaksud budak disini adalah sebuah perumpamaan yang dimana menunjuk kepada seperti layaknya seorang budak dalam kehidupan kita mau itu di sekolah, mau itu di tempat lain, dsb. Oke kita lanjut dan sambungin lagi dari pembahasan tadi, jadi yang dimaksud memikul ya jika kita benci atau kita puja sama seseorang yang menjadi budak itu pasti akan memikul, kenapa ? Contohnya jika kita misalnya seorang atasan nya lalu kita puja “wih keren kerja nya ya. Bla bla bla terusin ya semangat nya” maka si budak ya dalam sisi lain seneng sih ada, tapi dalam sisi lain juga mungkin bisa berpikiran “gw jadi budak gini, udah di puji, gw tetep jadi budak, kapan gw di puji terus dia ga jadiin gw budak lagi ? Gak mungkin keknya” beban dah tuh, kepikiran, dan malah jadi pikulan untuk dia nya. Lalu jika kita membenci nya mungkin jadinya kek gini “kerja yang bener ! Udah tau gini malah pilih gitu ! Bla bla bla” beban dah tuh kepikiran, dan malah jadi pikulan lagi untuk dia nya, jadi memang mau di puja, mau di benci, tetep dia masih jadi budak, dan si budak paling kepikiran nya ga pengen jadi budak lagi bukan di puja atau di benci. Dan lyric selanjutnya maka FALILV ngasih solusi nya bahwa “percuma ada orang lain yang ngasih lo solusi gimana caranya buat ngilangin status lo jadi budak kalo cuman bukan dari kesadaran diri sendiri dulu lo pengen berubah ! Sadar dulu dong, mau dulu dong, baru nyari seseorang buat nuntun lo ! Bukan nyari orang dulu, karna bisa aja masuk dari telinga kanan keluar dari telinga kiri, makannya yg terpenting tetapkan dulu dari hati lo bahwa lo pengen bener – bener kagak mau jadi budak ! Understand brother ? “ hahaha mungkin itu sekilas kalo bahasa anak muda nya, dan dari penjelasan tersebut yang brother brother maka terbentuklah lyric “tetapi tak ada seorang pun kecuali kau yang bisa menjadi dirimu” , gak ada yang lain yg bisa rubah lo sebelum lo nya dulu mau dan berusaha untuk berubah, inget ! Hehe.


What others say isn’t correct
It is you who could decide whats best
You might feel isolated
It may be harsh but do not ever lose yourself
Come now
— Apa yang orang lain katakan tidaklah benar
— Kaulah yang dapat memutuskan apa yang terbaik
— Kau mungkin merasa terisolasi
— Ini mungkin keras tapi jangan pernah kehilangan diri sendiri
— Datanglah sekarang

Apa yang orang lain katakan tidaklah benar, Yang dimaksud “tidaklah benar” disini bukan berarti orang ngomong kagak ada yang bener, tapi ada aja yang bener kan ? Jadi bukan maksudnya semua orang ngomong salah, tapi ada maksud lain. Maksud dari lyric ini adalah suatu kondisi ketika kita bingung untuk memutuskan sebuah pilihan. Pilihan yang kita pilih akan menghasilkan dampak terhadap diri kita sendiri untuk kedepannya, contoh “ada si udin sama si andi, andi : din gila lu duit spp yg di kasih emak lu, di embat aja, lu gila ya, udin : gapapa ndi, gw pengen beli sesuatu nih gw males nabung, risih bnget sih lu, andi : eh bukan risih, kan itu buat bayar spp napa lo beliin barang, spp lo gmane, udin : gapapa, spp tanda tangan doang, gw juga bisa nyamain tanda tangan nya, hayo lo mo ngapain ndi ? Andi : serah lu dah (andi pun ikut ga bayar spp wkwk). Dan alhasil si udin dan si andi ketahuan bahwa mereka ga bayar spp, karena duitnya di beliin hape iphone 9”, jadi kalo kita liat dari contoh tersebut maka dari keputusan pertama si udin akan menghasilkan hasil akhirnya, ya betul udin dapat hpe iphone9 tapi dampaknya dia udah kena marah emak guru dsb, udah malu, parah lah, reputasi menurun, begitupun dengan andi yang ikut ikutan terpengaruh dari udin dan dia udah memutuskan awalnya bahwa dia pngen ngikutin udin beli hape. Nah jadi, jika kita memutuskan sesuatu pilihan untuk kebutuhan kita sendiri, maka orang lain tidaklah berhak untuk menentukan, tidak berhak untuk memilih untuk dirimu, tapi mereka hanya bisa memberikan saran dan referensi serta informasi terhadap apa yang kalian akan memutuskan nya, maka dari itu terbentuklah lyric “Apa yang orang lain katakan tidaklah benar” dan yang dimaksud dengan tidaklah benar itu adalah ketika seseorang berkata tapi tidak dengan referensi tapi dengan nafsu nya bisa merujuk kepada kejahatan atau tipuan muslihat yang dimana bener yang di anggapnya padahal salah pada kenyataan nya dan itu akan menjerumuskan kepada kebinasaan pada diri kita atau kepada teman sekitar kita, jadi lyricnya berkata “tidaklah benar”.

Kaulah yang dapat memutuskan apa yang terbaik, Lyric ini sambungan dari lyric sebelumnya yang dimana ketika kita memutuskan pilihan hanyalah kita yang bisa memutuskan nya, bukan orang lain, dan orang lain hanya bisa memberi solusi, tetapi yang paling terbaik adalah oleh diri sendiri dan murni dari keyakinan kita, bukan ikut – ikutan orang atau tuturut munding (bahasa sunda) dalam hal keburukan terkecuali dalam hal kebaikan kita boleh tuturut munding apalagi lebih dari yang ngajak kita nya, dan tentunya dalam memutuskan pilihan yang ada pada diri kita maka kita pun sama membutuhkan sebuah referensi nya yang memang – memang sumbernya sudah terpecaya dan terbukti benar isi nya, apa itu ? Kalian tau kan ? Kalau tidak sekarang kapan lagi ? Kapan kita untuk berubah dan mengetahui kebenaran sesungguh nya ? (Step of Terror Lyric).

Kau mungkin merasa terisolasi, Pernah ngeliat di film – film yang di isolasi ? Yang berada di lab – lab mau monster atau apalah, nah seperti itu isolasi, ada yang di tabungin, ada yang di penjarakan, dan hal lainnya. Jadi, mungkin dari kita – kita terutama kepada seseorang yang sangat memang terpuruk dan ga tau mau gimana lagi bahkan ada yang sampe bunuh diri (wow jangan di coba ya, sayangi diri kamu hehe) terhadap masalah yang melilit dirinya sendiri dan tidak ada cara lain untuk melepaskan nya ada saja di masyakarat kita, karena kenapa coba ? Mungkin kalian sudah pada tau, karena dia ga ada referensi yang menunjuki kepada diri nya untuk berubah, bahwa kalo yang menimpa diri nya itu adalah sebuah tantangan untuk dia agar dia bisa berubah, tapi dia ga mencari, tapi dia ga ada kemauan, dia bisa saja hanya yakin, tapi tidak ada tindakan ! Dan itu lah sesuatu hal yang tidak semestinya kita contoh sampe membunuh diri nya sendiri mau itu fisiknya terbunuh atau hati nya yang terbunuh (duch cakit hati, kacian hahaha), maka dari itu, kebanyakan dari masyarakat kita sekarang sedang terisolasi, susah bergerak, susah untuk bertindak, susah untuk melakukan sesuatu yang semestinya harus dilakukan demi kebaikan dirinya maupun masa depannya, dan itulah yang terjadi di kehidupan kita sekarang, dan tidak hanya di indonesia bahkan sampe internasional pun di negara negara lain ada saja yang mengalami nya.

Ini mungkin keras tapi jangan pernah kehilangan diri sendiri, Yang dimaksud keras disini bukan lah kekerasan yang akan melukai diri kita, dan keras itu tidak semuanya merujuk kepada kejahatan, tapi kepada kebaikan pun bisa kita sebut ada keras nya, dan keras disini bukan mau di siksa tapi kita jadi down, tapi di kasih solusi yang bener yang akan berbenturan dengan apa yang kita pikirkan dan jadilah keras, seperti halnya keras kepala, seperti apa keras kepala ? Ya, keras kepala itu ketika di kasih tau yang bener, tapi nolak atau ngacangin atau membalas dengan sombong nya atau hal yang menurut dia nya benar dan ga mau di kasih yang paling bener oleh orang jadilah keras kepala. Nah jadi yang dimaksud keras itu seperti itu, jadi pada lyric nya “tapi jangan pernah kehilangan diri sendiri” yang berarti seperti hal nya FALILV ngomong kepada kita – kita “tolong ya untuk kalian para pendengar yang ingin memulai untuk merubah hidup kalian, ini keras, bukan berarti keras yang akan melukai kalian, tapi keras yang akan benar – benar akan merubah kalian, jadi kenapa keras, karena untuk merubah diri kalian/kita itu butuhlah sebuah perjuangan, butuh sebuah langkah demi langkah untuk mencapai nya, dan ‘mungkin’ ini keras untuk kalian, tapi tolong janganlah merasa keras dan terlalu berat jika kalian ingin berubah, tapi milikilah keyakinan, cari lah seseorang yang akan menuntun kalian, lakukanlah perlahan – lahan, dan mudah – mudahan kalian bisa menemukan kebenaran yang sesungguhnya, agar kalian tidak rugi dan tersesat bahkan sampai kehilangan diri sendiri, dan satu hal yang terpenting adalah ketika kalian memulai untuk merubah diri kalian, tolong janganlah kehilangan diri sendiri, karena kebanyakan orang ada yang sedang menjalani perubahan tapi mereka menyerah dan kalah oleh nafsunya yang berlebihan sehingga dia kehilangan diri sendiri yang ada padanya, karakteristik yang sebenarnya pada dia, bahkan sifat diri yang sebenarnya yang dia punya.” Nah seperti itu cuplikan pidato nya hahaha maka terbentuklah lyric yang simple menjadi “Ini mungkin keras tapi jangan pernah kehilangan diri sendiri”.

Datanglah sekarang, Lyric sebelumnya mengandung ajakan kepada orang – orang yang ingin berubah, dan yang dimaksud di lyric ini adalah ajakan akhirnya, jadi seperti “Untuk kalian yang sedang mencari perubahan pada diri sendiri, datanglah kesini sekarang, mudah – mudahan saya bisa menuntun kamu atau menyelamatkan kamu terhadap diri kamu sendiri yang menyerangmu (dont suffer alone), mari kita bersama – sama saling memperbaiki diri dan bangkit, datanglah sekarang kawan :)”, nah jadi seperti itu penjelasan simplenya dan akan terbentuk lyric “datanglah sekarang”.


Sunny days
Rainy days
Weather all change
Someday friends will leave
You have to say good-bye but what you have to do will stay unchanged no matter what
— Hari-hari cerah
— Hari-hari hujan
— Cuaca semua berubah
— Suatu hari teman akan pergi
— Kau harus ucapkan selamat tinggal tapi apa yang harus kau lakukan akan tetap tak berubah dan tak peduli apapun

Hari-hari cerah, Hari-hari hujan, Cuaca semua berubah, Suatu hari teman akan pergi, Pada baris lyric ini semua nya adalah perumpamaan terkecuali pada akhir lyric baris ini. Yang dimaksud cerah adalah seperti yang kita ketahui bahwa jika hari cerah pasti enak rasanya, nyaman untuk keluar, nyaman untuk berinteraksi dengan orang lain, dan nyaman beraktifitas, ataupun itu liburan atau kegiatan keluarga lain nya dimana ketika hari cerah itu memang suatu momen yang tepat untuk dilakukan secara bersama – sama. Maka dari itu bisa di simpulkan bahwa hari cerah itu berarti semua orang terlihat seperti yang disebutkan barusan seperti pada penjelasan tentang hari yang cerah bahwa semua itu enak, nyaman, dan dirasakan bersama – sama serta dijalani seolah – olah tidak ada hal apapun yang bisa menjadi suatu masalah. Sedangkan untuk hari hujan, berarti jika kita lihat hujan yang kita tau pasti hujan itu basah, hujan itu membasahi, dan kadang kita terbasahi oleh hujan nya, selain itu kalau hujan pasti kadang ada petir dan kita merasa terkadang merasa khawatir terhadap petir tersebut, kadang juga angin yang kencang nya, dan sebagainya. Maka dari itu, yang dimaksud dengan lyric ini adalah terkadang kita menemukan suatu momen , permasalahan yang menimbulkan kebencian atau hal apapun di dalam setiap aktifitas yang kita jalani baik itu peristiwa apapun, dimanapun tempatnya pasti akan kita temui karena hidup itu tidak monoton, tidak selalu cerah hari nya, pasti hari nya terkadang cerah, terkadang hujan, terkadang terdapat kesenangan, terkadang terdapat kesedihan. Maka dari itu, cuaca pasti selalu berubah setiap saat nya, kondisi pasti selalu berubah setiap saatnya, akan tetapi pada akhirnya tergantung sikap kita mau seperti apa menangani suatu hal pada setiap masalah yang kita hadapi baik itu berupa kesenangan ataupun kesedihan. Lalu pada baris lyric terakhir yang bertuliskan “Suatu hari teman akan pergi” memang pada kenyataan nya seperti itu, mau kita status lagi sekolah, mau lagi kuliah, ataupun kerja, ataupun tidak ketiganya, kita pasti mempunyai teman di kehidupan kita, mau itu dari kecil atau tergantung pada jenjang pekerjaan yang di jalaninya. Jadi kesimpulan dari semua lyric di atas adalah “Ketika kita bersama teman kita terkadang kita merasa senang, bersama-sama, saling senda gurau, dan hal lain nya, tapi terkadang kita mempunyai suatu kenangan juga ketika merasa kesedihan bersama-sama, merasakan kepedihan bersama-sama, seperti misalnya sudah berpulang nya teman kita dan meninggalkan dunia ini dengan cepat, seperti misalnya adanya pertengkaran antara kedua belah pihak, dan sebagainya. Tapi ingatlah, dalam kondisi yang seperti itu, kita pasti akan berpisah dengan teman – teman kita, entah itu kapan, entah itu suatu hari dan ini bukanlah sebuah kemungkinan yang pasti, tapi mungkin ‘suatu hari’ teman akan meninggalkan kita, mau itu teman baik atau jahat dalam pandangan kita, tapi itu tetap teman kita dan tidak menutup kemungkinan mungkin ‘suatu hari’ teman akan pergi meninggalkan kita.”

Kau harus ucapkan selamat tinggal tapi apa yang harus kau lakukan akan tetap tak berubah dan tak peduli apapun, Jika terdapat harus berarti kita memangarus benar – benar untuk melakukannya seolah – olah itu adalah suatu hal kewajiban yang harus kita lakukan. Di lyric ini terdapat kata ‘harus’ dimana merujuk kepada kalimat selamat tinggal yang berarti memang pada akhirnya kita harus ‘mengucapkan selamat tinggal’ kepada teman kita. Lalu pertanyaan nya, kenapa ‘harus’ ya ? Oke kalo kita anggap ini adalah suatu kondisi pada masa sekolah atau kuliah memang kita ‘harus’ ucapkan selamat tinggal karena kita lulus dari sekolah atau kuliah nya, akan tetapi kita masih bisa saja berjumpa dengan mereka mau itu di jalanan atau di acara reunian biasanya yang paling sering dilakukan oleh para pemuda/i sekarang. Tapi beda halnya ketika kata ‘harus’ dipakai ketika memang benar – benar meninggalkan nya dan tidak bisa bertemu lagi, contohnya meninggal/kematian, dan dari situ kita tidak bisa untuk bertemu lagi karena memang pada faktanya sudah tidak bisa bertemu lagi. Jadi kesimpulannya, mau itu kondisi ketika lulus sekolah atau kuliah, mau itu ketika meninggalnya teman kita, kita harus mengucapkan selamat tinggal, dan mengucapkan selamat tinggal itu bukan ucapan “dadah” atau “bye” doang, tapi bisa berupa saling mendoakan atau saling bercakap – cakap dan memiliki tujuan untuk kedepannya mau seperti apa dan bagaimana. Lalu setelah kalian mengucapkan selamat tinggal kalian tidak diharuskan bersedih terlalu lama, tidak diharuskan selalu mengingat terlalu lama dan lama sekali, akan tetapi tetaplah sebagai dirimu, jangan terlalu bersedih, jangan terlalu terharu, ya wajar kalo bersedih memang manusia itu diciptakan punya rasa sedih, ya wajar kalo terharu memang manusia itu diciptakan punya rasa terharu, akan tetapi tidak baik jika terlalu lama dan berkepanjangan, jadi sedih dan terharu nya udah cukup, maka berhentilah dari bersedih dan tetap lah sebagai dirimu yang memandang kedepan bukan ke belakang seolah – olah tidak peduli terhadap apapun. Nah, dari penjelasan barusan maka terbentuklah lyric seperti ini “Kau harus ucapkan selamat tinggal tapi apa yang harus kau lakukan akan tetap tak berubah dan tak peduli apapun”.


Present(and)past
occasion have had changes
Hold on tight to things you don’t want to say goodbye
Remember who you and what you are
— Masa kini dan masa lalu
— Peristiwa bisa berubah
— Pegang erat-erat hal yang tak ingin kau ucapkan selamat tinggal
— Ingatlah siapa dirimu dan apa itu dirimu

Masa kini dan masa lalu, Peristiwa bisa berubah, Seiring berkembangnya kita dari kecil sampai besar, seiring dengan bertambahnya tahun di kalender, maka akan terus meningkat dan bertambah secara terus menerus semua nya mau itu dari kalender, dari barang, dari informasi, dari apapun, termasuk umur kita juga, ya walaupun kita sebut berkurang umurnya, tapi tetap aja kalo diliat dari angka ya nambah, tergantung kalian mau menyikapi umur seperti apa karena sebutan tidak penting, yang penting inget umur aja jangan malu maulin hahahaha (kidding). Dari semua itu, dari ketika kita baca artikel ini, dan dari ketika kita engga baca ini pada waktu dulu, kita sudah mengalami peristiwa yang banyak sekali dan tentunya berbeda – beda pada diri kita masing – masing nya, ada yang dulu seneng terus susah, ada yang dulu susah terus seneng, ada yang dulu jahat sekarang baik, ada yang dulu baik sekarang jahat, dan ada pula yang tidak berubah – ubah gitu terus hidupnya monoton ga ada keinginan untuk berubah (inget umur hahaha (kidding)). Jadi kesimpulannya memang kita sudah melewati beberapa peristiwa yang kita alami, mau seneng atau sedih, atau hal lainnya, ya kita hadapi semua itu, dan tidak menutup kemungkinan untuk kedepannya kita mengalami peristiwa lagi secara terus menerus dan hal ini gak bisa kita ilangin, ini udah suatu ketetapan dari… (Kalian tau kan ? ), gak akan ada yang bisa ngatur kecuali… (Kalian tau kan ? ), ente mau bikin alat secanggih apapun biar berhentiin peristiwa yang gak kita pengen, kagak bisa, kalo mau maen aja The Sims 🙂 , dan ini akan terus terjadi ya dari yang terkecil seperti contohnya kebelet pengen pipis nah itu juga bisa disebut peristiwa pengen pipisnya kagak ada toilet dan bingung mau kemana dan ngapain, jadi kita harus sadar bersama – sama bahwa peristiwa itu akan berubah – ubah dan tidak monoton, pengen nya enak mulu gak pengen ada yang gak enak nya kalo ada peristiwa itu, pengen enak ya maen The Sims.

Pegang erat-erat hal yang tak ingin kau ucapkan selamat tinggal, Kita pasti pernah mengalami atau sering berpegangan contohnya berpegangan pada tiang listrik atau tiang apapun agar kita tidak terjatuh atau kepada tali juga bisa. Nah kalo disini bukan kepada tiang atau tali secara umumnya, tapi kepada hati kita yang dimana ada pegangan nya agar kita bisa berpegang dan ini adalah suatu perumpamaan bukan berarti kita harus keluar pegangan sama listrik, ngapain nanti orang sebut kita gila. Jadi cobalah simpan, dan pegangan disini bisa di artikan simpan, kenanglah, gantungkanlah, pada diri kita suatu hal yang tidak ingin kita ucapkan selamat tinggal atau bisa juga di artikan sebagai kepada sesuatu yang tidak ingin kita tinggalkan atau kita lupakan, dan disitu terdapat kata kalimat erat-erat maka memang ini adalah kesungguhan dan tidak semestinya kita lepaskan atau kita lupakan, jadi harus erat kita megang ke tiang nya atau tali nya. Lalu yang disebut ‘sesuatu’ itu seperti apa ya? Yang memungkinkan kita tidak seharusnya melepaskan nya atau melupakannya ? maka jawabannya ada di lyric selanjutnya.

Ingatlah siapa dirimu dan apa itu dirimu, Disini ada kata ‘siapa’ dan ‘apa’ yang menunjukan ada sesuatu yang mesti kita ketahui. Ada dua kalimat, yaitu “Ingatlah siapa dirimu” dan “apa itu dirimu”. Mungkin pada umumnya semua orang sudah tau bahwa kita itu adalah seorang manusia, dan kita itu manusia, tapi ‘ingatlah’ berarti kita harus ingat, berbeda dengan ‘ingatkah’ berarti ada sesuatu yang dulu kita lakukan lalu apa kita ingat ? ‘siapa manusia’ ? Berarti kita harus menjawab siapa sih ‘manusia’ itu ? Kok bisa ya ada ‘manusia’ ? Kenapa ya ada ‘manusia’ ? Untuk apa ‘manusia’ ada ? Dan jawabannya tergantung pada keyakinan masing – masing dan saya cuman berkata (Kalian sebenarnya pasti tau kan ?). Selanjutnya ada kata ‘apa dirimu’ berarti sekarang itu status kita itu apa, profesi kita itu apa, misal pelajar, dan kita harus inget bahwa pelajar itu oh ternyata harus belajar dengan giat agar bisa sukses, dapet kerja, dapet teman kepercayaan, dapet kebahagiaan, dan lain – lain. Jadi kita itu harus inget sekarang itu siapa kita, dan kita profesinya sekarang apa, dan kita harus jalani dengan penuh semangat yang maksimal agar mendapat kebahagiaan di dunia sekarang dan di dunia selanjutnya.


Hitosuji ochita
shizuki ga atatakaku shimikomu
yuube no ame ga uso mitai da na to warau
— Tali terjatuh
— Perlahan menembus kehangatan
— Jatuhnya hujan seperti menertawakan kebohongan

Tali terjatuh, Seperti yang ada di lyric “Gratitude” bahwa memang kita ini mempunyai ikatan di dalam hidup kita ini, mau itu ikatan dengan keyakinan kita, mau dengan orang lain, teman, keluarga, dan lainnya. Jadi yang dimaksud tali disini ya memang tali ini mengikat, perumpamaan sederhana nya seperti kita mengikat kambing, saat kambing kesana kemari pasti kita akan ikut terbawa karna sudah di ikat nih si kambing nya dan di kendalikan oleh kita. Lalu apa yang dimaksud dengan terjatuh ? Jika kita pahami bahwa jika suatu benda jatuh maka kemungkinan akan terdapat cedera kan di beberapa sektor nya dan bisa jadi malah jadi hancur, misalnya gelas kita pegang terus kita jatuhkan maka kalo misalnya gelas kaca maka akan pecah kan, kalo misalnya gelas plastik mungkin tidak akan pecah tapi akan terdapat luka yang mungkin sedikit tergores atau bisa jadi malah besar tergoresnya. Sedangkan di lyric ini yang terjatuh adalah Tali, kok tali ya ? Ya jadi seperti yang sudah dijelaskan tadi bahwa tali itu ibaratnya mengikat statusnya dan terdapat sebuah ikatan, dan jika tali nya itu putus maka tali akan terjatuh ke tanah dan ikatan nya hilang, sama seperti yang dimaksud dengan lyric ini maka yang dmaksud adalah sudah tidak ada lagi ikatan alias Tali nya terjatuh.

Perlahan menembus kehangatan, Yang dimaksud dengan kehangatan disini seperti yang kita ketahui di kehidupan sehari – hari adalah adanya sebuah kenyamanan adanya sebuah perlindungan adanya sebuah keharmonisan adanya sebuah sosialisasi yang memang buktinya baik – baik saja dan tidak ada segala macam apapun yang menjadi masalah pada sosialisasi nya dan lebih tepatnya bisa dipersingkat menjadi “Sesuatu yang berarti” bagi kita, sesuatu nya bisa segala macam apapun yang kita anggap itu adalah sesuatu hal yang paling berharga. Lalu pada akhirnya tali yang terjatuh yang sudah di jelaskan sebelumnya di atas akan menembus dan melewati kehangatan itu secara perlahan, jadi maksudnya dari lyric yang di jelaskan di atas dan yang disini maka akan berarti menjadi sebuah contoh seperti misalkan kondisi nya udah mau lulus sekolah : “Ikatan kita dengan teman di sekolah pasti akan perlahan – lahan hilang dan dikalahkan pada suatu momen ketika kita bersama – sama”, conohnya seperti itu dan akan bersambung ke lyrc selanjutnya.

Jatuhnya hujan seperti menertawkan kebohongan, Seperti yang sudah dijelaskan di atas ketika menjelaskan hari – hari hujan sama halnya disini juga yang berarti bahwa hujan disini adalah sebuah perumpamaan dan bukan berarti hujan di luar yang kita temukan sehari – hari. Jatuhnya hujan berarti ketika kita merasakan kesedihan bersama – sama misalnya di sekolah atau di kampus dan dimanapun berada, dan kesedihan itu pun seperti menertawakan kebohongan. Mungkin kita ambil contoh seperti misalnya kita pernah nemuin orang berbohong terus kalo udah berbohong dia seneng kan, nah seperti itu menertawakan kebohongan itu, menertawakan kebohongan nya terhadap apa ? Tergantung kepada yang berbohong apa dia mau bohongi bahwa dia tidak mencuri, atau apapun itu lah, nah di kasus lyric ini kita seperti tidak percaya, sangat mustahil, dan memang tidak menerima ketika kita melihat suatu kejadian yang sangat menyedihkan, jadi seperti nertawain kebohongan lah bahwa itu tuh bohong, gak mungkin, jadi contoh nya “din kucing lo mati din tadi jatuh ke got, udin : kok bisa, gak mungkin !, kucing gw tadi ada dirumah, ga terima gw dia sampe mati ! Bohong lu ah hahahaha”, nah jadi seperti itu maksudnya, ada keyakinan ga nerima, ga mau itu terjadi, dan sebagainya. Jadi untuk menangani hal seperti itu, mengatasi ketidak terimaan ketika seseorang atau hal apapun yang dari ada menjadi tidak ada dijelaskan di lyric selanjutnya bahwa kita harus percaya diri dan harus memiliki keyakinan yang kuat bahwa semua akan mati dan hanya kepada … kita kembali (Kalian tau kan isi titik titik nya ?)


Believe Yourself
kanashimi mo
zetsubou mo norikoerareru you ni
kakemeguru
omoi
arittake atsumete
ima utau yo
— Percaya Diri
— Kesedihan pun
— Seperti dapat mengatasi juga keputus-asaan
— Berlarilah
— Berpikirlah
— Kumpulkan sebanyak mungkin
— Sekarnag aku bernyanyi

Percaya diri, Kesedihan pun seperti dapat mengatasi juga keputus-asaan, Untuk kalimat percaya diri mungkin sudah dijelaskan pada awal artikel ini pada bagian judul nya, akan tetapi inti dari percaya diri disini adalah bahwa kita harus selalu optimis apapun yang terpikirkan yang bernilai sebagai suatu prasangka maka itu adalah kekhawatiran yang tidak semestinya kita punyai pada diri kita, ya walaupun terkadang kita masih selalu mempunyai rasa khawatir atau misalnya takut ini, takut itu, itu adalah sesuatu hal yang wajar jika kita sebelumnya belum memperoleh bekal keyakinan untuk kedepannya dan beda halnya jika memang kita sudah mempunyai keyakinan maka kita tidak seharusnya mempersulit diri kita sendiri, karena sebelum mencoba kenapa tidak mencoba dulu selagi ada kesempatan (dalam pandangan orang yang berpikiran positif) dan hasilnya akan tegantung pada usaha kita sudah sampai mana kita memperjuangkan apa yang kita ingin dapatkan. Maka dari itu percaya dirilah, miliki keyakinan bahwa kita itu emang bisa, tapi terkadang kita belum mencoba dan udah merasa khawatir. Lalu untuk lyric selanjutnya, kita bertanya kenapa kesedihan bisa mengatasi keputus asaan ? Yang kita tau mungkin keputus asaan itu sudah emang bener – bener menyerah dan tidak lagi ada harapan untuk memperjuangkan nya, maka dari itu untuk mengatasi hal tersebut dari proses sedih pun sebenarnya bisa di lakukan karena kesedihan itu tidak selamanya menjadikan kita semakin down dan tidak bisa berpikir apa – apa lagi, kesedihan pun bisa menghasilkan sebuah semangat baru dan berpikir logis serta memperbaiki yang salah pada awalnya yang kita lakukan dari kecerobohan kita, dari ke tidak tahuan kita, dari kebegoan kita, kita nyoba untuk merubah itu dan memang kita sedih dulu ketika ketika melakukan sesuatu yang hasilnya emang membuat kita sedih, tapi inget dari kesedihan itu tidak bisa hanya luput secara terus menerus dan malah membinasakan kita, tapi kita harus berhenti dari keluputan nya lalu berpikir dan bertindak, itulah yang akan ada di lyric selanjutnya yang bertuliskan “Berlarilah, Berpikirlah”.

Berlarilah, Berpikirlah, Seperti yang kita ketahui jika kita berlari maka kita sebelumnya membutuhkan energi dan kekuatan untuk melakukannya, dan seperti yang kita ketahui ketika kita ingin berpikir maka pada awalnya kita mempunyai pertanyaan dan bertanya – tanya di dalam diri kita agar bisa memulai untuk proses berpikir. Dalam lyric ini tentunya kita disuruh untuk berlari dan berpikir karena ada -lah , berarti seperti mendorong kita untuk lebih memperdalam lagi energi dan kekuatan agar kita bisa berlari, mengumpulkan banyak pandangan kesana kemari agar kita bisa berpikir, maka dari itu yang dimaksud berlari disini bukan kita keluar rumah lalu kita lari – lari, dan ngapain juga ? Kalo niat nya olahraga dan bagusin fisik kita biar sehat ya bagus tapi bukan itu maksudnya dalam lyric ini, tapi berlari itu kan cepat, jadi kita itu memang bener – bener harus berubah layaknya berlari, dari awalnya mungkin agak bejad mau itu dari segi apapun dan dimanapun ya kita harus melakukan itu, karena kita pasti yakin semua orang itu pengen baik, semua orang itu pengen bener, tapi ada satu hal yang mengganjal, kita terkadang gak tau caranya gimana, mulainya dari mana, harus gimana, dan gimana gimana hahaha. Maka dari itu setelah kita mencoba melakukan perubahan layaknya berlari, lalu cobalah kita untuk berpikir, berpikir bahwa misalnya kok saya pengen berubah, kok dapet kaya gini setelah berubah, kenapa ya ? Dan hal lain nya yang memang kita itu pengen tau dan nyoba bertanya – tanya, dan inilah kesempatan kita untuk mencari dan mengumpulkan informasi, dan seperti yang sudah saya jelaskan sebelum – sebelumnya di atas, cari lah orang yang menurut kita bahwa kita itu bisa percaya sama dia dan memang keliatan nya memiliki wawasan lebih tentang segala bentuk informasi apapun, karena seperti pada lyric “Gratitude” kita itu tidak bisa hidup sendiri, kita perlu temen, kita perlu keluarga, kita perlu guru, kita perlu seseorang yang membantu kita untuk berubah, karena memang pada kenyataan nya seperti pada lyric “Don’t Suffer Alone” bahwa bumi ini luas, kita tidak akan mampu dan bisa menghadapi nya seorang diri, ada beberapa pemandangan yang harus kita temui yang ada di masa depan kita nanti yaitu salah satunya harapan dan mimpi kita, maka dari itu kita tidak bisa hidup sendiri. Dari situlah kita semestinya harus “Berlari dan Berpikir”.

Kumpulkan sebanyak mungkin, Seperti yang kita ketahui, ketika kita mengumpulkan pasti akan terus bertambah dan bertambah mau apapun itu yang kita kumpulkan nya apa. Maka dari itu lyric selanjutnya bertuliskan “Sebanyak Mungkin” yang berarti kita harus mencari sebanyak mungkin, karena kalo sedikit itu bisa jadi tidak akan memenuhi keyakinan kita untuk memilih pilihan – pilihan yang akan datang kepada kita kedepannya bisa yang benar menjadi salah bisa yang salah menjadi benar. Lalu kita harus n.gumpulin apa ? Apa duit ? Kalo jawabannya duit ya mungkin buat apa juga kalo memang ngumpulin “Sebanyak Mungkin” duit tapi ga di pake pake dan dikumpulin terus buat apa, ya emang gapapa ngumpulin duit tapi tujuan nya dulu buat apa, apa di belikan rumah untuk kedepannya, ya bisa karena kita butuh rumah, apa kita belikan mobil, ya bisa kita butuh mobil mungkin untuk kerja dan segala macam nya, tapi inget seperti pada lyric “The Demon Called Careless” bahwa kta jangan melampaui batas untuk semua apa yang kita inginkan, karena bisa aja ilang barang – barang kita, kenapa bisa hilang ? Jawabannya kembali kepada keyakinan masing – masing dan saya cuman berkata “Kalian tau kan jawabannya ?”. Oke kembali ke topik jadi ngebahas duit kita hahaha, jadi yang dimaksud “Kumpulkan sebanyak mungkin” itu adalah ya wawasan kita, informasi kita, energi kita, semangat kita, keyakinan kita yang sungguh – sungguh, teman, dan hal lainnya yang berdampak bermanfaat kepada diri kita dan sesuai dengan kebutuhan kita dalam memperjuangkan perubahan kita untuk kedepannya. Lalu buat apa tujuannya setelah ngumpulin sebanyak mungkin ? Ya tujuan nya cuman 1 agar kita bisa memilih dengan benar kedepannya ketika kita menemukan beberapa pilihan dalam hidup kita, karena semakin kita tumbuh berkembang menjadi dewasa, ya tentunya masalah akan terus datang, kita harus konsisten kepada keyakinan kita, kita harus punya kerja, kita harus menikah, kita harus berkeluarga, dan hal lainnya, dan dari semua itu kita akan memiliki beberapa pilihan kedepannya seperti pada lyric “Crossover” apa kita pilih jalan ke kanan, apa jalan ke kiri, apa lurus.

Sekarang aku bernyanyi, Karena sesuai dengan peranan nya FALILV Ini adalah sebagai suatu band, maka mereka mencoba untuk menyampaikan nya lewat nyanyian yang dimana pada bagian ini minami yang menyampaikan nya, dimana menyampaikan pesan pada lyric selanjutnya yang mungkin akan mendorong kita, membangkitkan semangat kita, untuk mencoba melakukan perubahan pada kehidupan kita di dunia agar kedepannya kita menjadi orang yang beruntung dan tidak membinasakan diri kita pada lubang kegelapan.


I’ll sing this song for you
Song that will keep us in touch
Everlasting song that won’t be lost
I’ll summon up my courage so that you can hear me call you from anywhere and anytime
— Aku akan nyanyikan lagu ini untukmu
— Lagu yang akan membuat kita tersentuh
— Lagi abadi yang tak akan bisa hilang
— Aku akan kumpulkan keberanianku sehingga kau dapat mendengar aku memanggilmu dari mana saja dan kapan saja

Aku akan nyanyikan lagu ini untukmu, Seperti pada lyric sebelumnya bahwa yang dimaksud ‘aku’ disini adalah yang menyampaikan isi pesan nya untuk mendorong kita lebih melangkah maju lewat sebuah nyanyian lagu, lagu yang di tunjukan untuk kita yang masih bingung untuk mencoba mencari sebuah jalan keluar dari diri kita yang dimana diri kita sendiri tidak ingin melakukan/mendapat kannya atau bisa di artikan ketika suatu kondisi sedang banyak masalah, dan disini pada sebagian lyric – lyric yang di sampaikan kebanyakan isi nya adalah dorongan kepada kita agar bisa lebih termotivasi untuk mencari, mengetahui, serta melakukan apa itu yang disebut dengan kebenaran (The Answer for Unequal World), selain itu lagu – lagu dalam band ini nyata nya emang mengandung electro, scream, autotune, dan hentakan hentakan lain nya dan itu pun mereka membuat nya tidak dengan ketidak sengajaan melainkan menggunakan strategi dimana seperti misalnya lagunya banyak hentakan drum tomonori atau efek-efek drum yang dibuat di DAW, ya alasannya sederhana karena agar para pendengar tidak mengantuk karena udah ngantuk udah aja tidur gak akan di denger lagunya, dalam hal mengantuk disini bukan fisik nya, tapi hati kita nya, sama halnya ketika kita tidur di kasur kemudian ada yang muter lagu, mau segimana kenceng nya ya pasti kalo ngantuk berat tetep tidur, contoh nya alarm sekalipun yang udah di setting sebegitu bnyak nya alarm tapi kenyataan nya banyak aja yang ga bisa bangun ya walaupun masih ada yang udah bangun ya berarti mereka sudah tersadarkan, jadi sama aja kaya kasus band disini, intinya mereka itu nyoba menyampaikan pesan penting untuk mendorong seseorang agar bergerak, maka dari itu di buatlah irama hentakan yang agak keras, dibuat lah ada suara scream, dibuatlah nada nada nya pada tinggi semua termasuk clean vocal nya, dibuatlah suara electro yang mengguncang nya, tujuan nya supaya apa ? Supaya tersampaikan isi pesan nya dengan beberapa kombinasi yang akan menyerang kita melalui nada – nada nya (menyerang disini dalam artian di serang sisi buruk kita nya). Nah jadi begitu, band ini mungkin kagak ngasal, dan punya tujuan juga, kalo misalnya ga ada tujuan kan bisa aja buat band nya jadi kaya yang melow melow, ngantuk bro malah tidur hahaha. Ya kok jadi bahas band nya wkwkw oke lah gapapa itu gambaran sedikit kenapa mungkin mereka bisa membentuk band nya seperti itu, dan terlepas dari minami yang bakat nya mungkin bisa bermain piano jadi nya kaya gini band nya, tapi bisa aja kan engga jadi genre screamo juga ? Jadi pertanyaan nya kenapa harus screamo dengan lyric” yg mendorong kita ? Kenapa harus ada scream ? Kenapa harus ada clean vocal yang nada tinggi ? Kenapa harus hentak hentakan ? Ya jawabannya mungkin yang tadi dijelaskan, dan terbentuklah lyric “Aku akan nyanyikan lagu ini untukmu” dimana yang dimaksud lagu nya itu adalah semua keseluruhan yang tadi di jelaskan.

Lagu yang akan membuat kita tersentuh, Seperti yang kita ketahui mungkin tersentuh itu ya kita sangat meresapi, kita memikirkan, kita muncul rasa kepedulian, kita muncul rasa rasa lain nya haha dan itu bisa melalui apa saja obyek atau media nya bisa lewat orang, bisa lewat film, bisa lewat apapun yang membuat kita tersentuh, dan disini kita akan tersentuh oleh lagu nya yang dimana mencangkup beberapa kriteria yang sudah saya jelaskan di lyric sebelumnya. Dari tersentuh itulah mungkin sudah sangat memang benar – benar harus dilakukan dalam proses perubahan yang akan kita lakukan dari mulai mencari, lalu tau, lalu melakukan dan itulah mungkin dorongan – dorongan yang coba FALILV sisipkan di lyric – lyric nya dan terbentuklah sebuah lagu dengan kriteria yang sudah saya jelaskan di lyric sebelumnya, maka terbentuklah lyric nya menjadi “Lagu yang akan membuat kita tersentuh”.

Lagu abadi yang tak akan bisa hilang, Pada lyric ini sebenarnya adalah sebuah perumpamaan yang dimana untuk meyakinkan serta membujuk agar kita bisa lebih percaya bahwa ini itu tidak akan pernah hilang, jadi di lyric ini di sisipkan suatu kata ‘abadi’ yang memang akan ada terus dan ngesave di kepala kita ya walaupun ada kata ‘abadi’ jika sebenarnya tau abadi itu ya kekal dan tak akan pernah hilang, jadi ini itu perumpamaan seolah – olah abadi dan kekal lagunya dan tidak akan pernah hilang, dan apa itu yang abadi nya ? Yaitu lagu yang memiliki beberapa makna yang bisa mendorong kita kepada kebaikan dan bukan kepada kejahatan sehingga kita akan mengingat bahwa seperti kita berkata kepada diri kita “oh saya ternyata terdorong untuk mencari, serta mengetahui bagaimana yang benar itu untuk melakukan perubahan pada diri saya”, maka jadilah lyric yang memang seolah – olah abadi dan tak akan bisa hilang menjadi “Lagu abadi yang tak akan bisa hilang”.

Aku akan kumpulkan keberanianku sehingga kau dapat mendengar aku memanggilmu dari mana saja dan kapan saja, Berhubungan dengan lyric sebelumnya bahwa yang dimaksud dengan mengumpulkan keberanian berarti dalam menyampaikan sebuah pesan isi lyric yang memang mendorong kita kepada untuk mengetahui kebenaran itu yang seperti apa maka dibutuhkan sebuah nyali pada diri yang harus di kalahkan, mau itu rasa malu, khawatir, gelisah, dan yang lain lain nya. Jadi disini anggap saja kita umpamakan seorang minami yang bernyanyi di bagian lyric ini, maka minami itu sedang mengumpulkan keberanian agar bisa tersampaikan dan bisa di dengar oleh kita mau dimana aja mau kapan aja karena kan emang bisa di denger dimana – mana karena ini adalah sebuah lagu jadi mau sekalipun lagi di kamar mandi kita bisa memainkan musik/lagu ini jadi mau dimana aja mau kapan aja bisa di denger, dan yang dimaksud memanggil itu ya itu sebuah perumpamaan seperti emang bener – bener di panggil, jadi contoh “din sini lu, lu ke si putri, kasih kue, bilang kue dari emaknya” jadi seperti contoh barusan kata ‘din sini lu’ berarti memanggil kan, nah udah di panggil bisa di suruh harus gini gini gini atau di kasih saran terus gini gini gini, nah sama di kasus lyric ini juga, jadi umpamakan memanggil lalu setelah memanggil FALILV akan kasih nih lyric – lyric yang bisa mendorong kita untuk mencari kebenaran tentang kita salah satunya ada di lyric Meaning of Existence dimana kita harus mengetahui keberadaan kita di bumi ini buat apa sih, kok kita bisa ada, kita harus gimana, dan kita lagi ngapain, dan di lyric Meaning of Existence itu nyuruh bahwa “You can find your existence” yang berarti “Kamu bisa mencari keberadaanmu” ya keberadaan di bumi ini, kenapa kita hidup disini, nah itu salah satu contohnya maka terbentulkah lyric menjadi “Aku akan mengumpulkan keberanianku sehingga kau dapat mendengar aku memanggilmu dari mana saja dan kapan saja.”

++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++

Reviewed by Firdamdam Sasmita

Request by : kresna

Bagi teman-teman yang mau share dan copy paste dipersilahkan dengan senang hati
tapi jangan lupa sertakan link alamat di mana anda mendapatkannya, yaitu
http://furahasekai.com
Saling berbagi dan bisa menghargai itu indah!

=== Tinggalkan jejakmu berupa komentar ya teman-teman ? Klo kalian suka artikel ini, atau terdapat kesalahan pada artikel ini, atau apapun deh sebagai bukti kunjungan kalian telah membaca artikel ini ? ===

Terima kasih! (^-^)/

++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.