Yuk, Intip Keseruan di Japanese World Unair 2017!

Jadi, ceritanya hari ini saya habis mengunjungi salah satu event Je-jepangan yang bisa dibilang event besar, yaitu JW Unair.

 

Sebelumnya, Furahasekai sempat mempublikasikan sebuah acara tahunan milik Jurusan Sastra Jepang Universitas Airlangga Surabaya, yakni Japanese World Unair atau yang biasanya disebut JW Unair. JW Unair ini diadakan untuk mempertingati diesnatalis Sastra Jepang Unair yang berdiri pada tahun 2006, namun JW Unair sendiri baru diadakan sejak tahun 2011.

Untuk tahun ini, JW Unair sendiri mengangkat tema EDO JIDAI – The Age of Edo “Jepang Tempo Doeloe” alias mengenai kehidupan dan kebudayaan Jepang pada masa dahulu.

Namun, dari tahun ke tahun ciri khas dari JW Unair tidak berubah, yakni berbagai macam perlombaan, JW Cafe, Obake Yashiki (rumah hantu), dan Photobooth dengan menggunakan Yukata. Tak hanya itu, disana juga tersedia banyak sekali stan makanan dan minuman, merchandise dan aksesoris, juga hadirnya beberapa komunitas di Surabaya.

Inilah beberapa komunitas dan keseruan di JW Unair 2017 yang sempat saya dokumentasikan:

  1. ONE OK ROCK Surabaya

Ini adalah komunitas favorit saya, sudah jelas karena saya menyukai One Ok Rock, salah satu band Jepang ternama yang kini sudah merambah ke rana Internasional. Komunitas ini sendiri sudah berdiri sejak lama, namun sempat hiatus dan akhirnya kembali bangkit pada bulan Agustus 2016.

Komunitas yang melakukan gathering rutin bulanan ini, di JW Unair menampilkan beberapa lagu dari One Ok Rock, diantaranya ada All Mine, Heartache, Memories, dan lagu yang terbaru yakni We Are secara akustik. Tak ayal beberapa pengunjung ikut bernyanyi bersama mereka di depan mini stage.

Sedikit cerita, khusus untuk JW Unair ini grup musik dari komunitas One Ok Rock terdiri dari empat personil (sebenarnya anggota grup musik ada banyak, hanya saja di rolling untuk perform di tiap event), diantaranya ada Novian selaku koordinator yang menjadi vokalis sekaligus gitaris, Leon dan Shafik sebagai gitaris, dan Rey sebagai pemain cajon.

“Aku senang grup musik OOR Surabaya ini bisa tampil di JW Unair 2017.” Ungkap Shafik. “Meskipun tadi sempat ada kendala.”

“Iya, terlebih lagi panitianya ramah, hehe.” Tambah Leon sambil tertawa kecil.

 

  1. Meowholic Surabaya

Bagi kalian para pecinta kucing pasti tahu komunitas Meowholic. Jujur saja saya juga baru tahu kalau ada Meowholic di region Surabaya, padahal saya sudah menyukai Meowholic sejak SMA, hehe. Disini kita tidak hanya sebagai ajang unjuk kucing kesayangan, namun juga berbagi info dan pengalaman mengenai pemeliharaan kucing.

Komunitas yang biasanya mengadakan gathering di Royal Plaza Surabaya ini bisa kalian temukan di seberang gedung Fakultas Ilmu dan Budaya (FIB), disana kalian akan disambut oleh beberapa kucing lucu yang membuat kalian ingin berlama-lama dengan mereka.

 

  1. Ko-J-Tsu

Bagi para penggemar Jepang pasti tahu tentang komunitas ini. Ko-J-Tsu (dibaca: kojitsu) merupakan sebuah komunitas Jepang Surabaya yang menampung aspirasi, inspirasi, dan kreativitas anak-anak di Surabaya yang menyukai berbagai hal tentang Jepang. Komunitas kece ini bisa kalian temui di sebelah komunitas Meowholic Surabaya.

 

  1. Yu-Gi-Oh Surabaya

Jika di sekitar komunitas Meowholic Surabaya dan Ko-J-Tsu terdapat banyak anak duduk bersila dan berhadapan sambil memegang kartu, itu tandanya kalian telah bertemu dengan Komunitas Yu-Gi-Oh Surabaya. Permainan legendaris yang paling banyak diminati oleh anak laki-laki ini kerap kali dimainkan saat JW Unair berlangsung. Tak dapat dipungkiri bahwa hal tersebut menarik perhatian beberapa pengunjung yang lewat dan kepo dengan kegiatan seru mereka.

 

  1. Cosuki Malang

Ternyata di sana nggak cuma dari Surabaya aja, lho. Komunitas Cosuki ini datang langsung dari Kota Malang untuk menghibur para pengunjung JW Unair. Mereka menampilkan cosplay dengan dibumbui drama dari serial Naruto Shippuden, yakni saat dimana Naruto dan Sasuke bertarung di akhir episode nya. Gerakan dan dubbing yang pas membuat mereka mendapatkan banyak tepuk tangan dari para pengunjung yang menontonnya.

 

Beberapa keseruan lainnya di JW Unair 2017:

Tepat di area lobby FIB, kalian akan menemukan pohon yang banyak sekali kertas warna warni menggantung di atasnya. Kalian juga bisa, kok, tulis harapan untuk JW Unair dan digantung disana ^^

 

berbagai macam booth merchandise dan aksesoris, mulai dari poster, sticker, gantungan kunci, baju cosplay, dsb.

 

Berbagai macam stand makanan dan minuman mulai dari lokal sampai yang khas Jepang pun ada, cobain aja rasa-rasa unik dari tiap makanan Jepang.

 

Selain foto-foto diatas, ada beberapa keunikan di JW Unair 2017 yang tak kalah seru, kalian harus coba berfoto dengan menggunakan Yukata, makan di JW Cafe, atau memacu adrenalin di Obaki Yashiki, dan banyak lagi.

Yap, jadi cukup sekian review saya mengenai JW Unair 2017 di hari pertama ini. Jika kalian penasaran dengan keseruan di sana, masih tersisa satu hari lagi alias BESOK untuk menikmati JW Unair 2017 dengan HTM GRATIS. Yuk, jadi tunggu apa lagi, anyway besok bintang tamu dan performance nya nggak kalah keren, lho, dari yang hari ini 🙂

 


nb. mohon maaf untuk beberapa komunitas dan booth lain yang tidak saya sebutkan karena adanya keterbatasan :’

bila ada salah dan kurangnya, saya mohon maaf. sekali-kali author skyline nggak bikin fanfic mulu hoho *ditimpuk sandal*

2 Comments

Leave a Reply

Leave a Reply