About

 

banner

The Story of FURAHASEKAI

Bermula dari kepenatan membuat skripsi di semester akhir pas jaman kuliah dulu, seseorang bernama Prahati Pramudha yang baru saja memiliki fasilitas modem sendiri akhirnya iseng membuat sebuah blog pribadi. Setelah sebelumnya pernah membuat satu-dua blog terlantar dan tanpa tujuan (yang sekarang bahkan namanya sudah terlupakan dan sirna), akhirnya pada 5 Mei 2011 dia memutuskan untuk membuat blog baru yang walau masih gaje hendak diisi apa di lapak wordpress tapi dia berniat mengurusnya baik-baik kali ini. Dan kemudian, jreng jreng jreng… lahirlah http://furahasekai.wordpress.com

Nama FURAHASEKAI sendiri dia dapat begitu saja dengan mengambil kata “Furaha” yang merupakan plesetan dari nama panggilannya (PRAHA). Dan entah kenapa tiba-tiba saja kesannya dia akrab sama nama-nama kota di dunia (Praha ibukota Ceko dan Furaha itu sebuah kota di Afrika) padahal ini hanya faktor kebetulan belaka. Lalu ditambah kata “Sekai” yang berarti dalam bahasa jepang “Dunia”. Sehingga jadilah nama FURAHASEKAI yang berarti “Dunianya Furaha” (walau seharusnya sih furahanosekai, tapi da asa aneh pake ‘no’ segala jadi kumaha dia weh mau dinamain apa juga).

Masih tak tahu hendak diisi apa blog tersebut, jadi dia share aja apa yang dia suka. Dia orang yang sedikit ‘eksentrik’, dianggap rada ‘aneh’ gegara hobinya yang orang lain pikir childish karena masih suka nonton kartun dan baca komik dibanding teman-teman seumurnya yang memiliki hobi normal. Walau terkadang pesimis dipandang seperti itu, tapi dia optimis dalam menjalani kegemarannya ini. Dia berpikir selama dia suka dan tak merugikan orang lain, kenapa tidak dia lakukan saja? Ya gak?

Ok, skip jangan banyak curhat.

Dan karena dia paling suka mendengarkan musik, terutama musik-musik jepang/korea, mpe keranjingan banget pengen ikutan nyanyiin lagu yang bahasanya out of skill itu, dia pun suka cari lirik-lirik lagunya buat modal karaoke di kamar, fufufu… Lama-lama denger lagu kan suka penasaran sama artinya, maka dia mulai cari terjemahannya. Oh ternyata banyak yang share dengan versi bahasa inggris. Okay, kadang masih ga ngerti juga, dia cobalah iseng terjemahin ke bahasa yang dia pahami yaitu bahasa kalbu #plak *bukan itu woiii, ke bahasa indonesia maksudnya.

Satu-dua-tiga-empat-dan seterusnya dia coba berhitung/bukan lagi woiii/terjemahin dengan kemampuan bahasa dia yang pas-pasan dan amatir (yaiyalah aslinya dia anak eksak), dan makin lama makin banyak file hasil terjemahan alakadarnya dia yang suka digunakan hanya untuk konsumsi sendiri (asal ngarti jang sorangan ceuk basa sunda mah). Nah, suatu hari dia pikir kenapa tidak dia bagi saja hasil kerjanya itu di blog terakhir yang dia bikin, siapa tahu bermanfaat.

Singkat cerita dari situlah kemudian furahasekai sedikit demi sedikit mulai tumbuh dengan menjadikan lirik & terjemahan sebagai postingan utama. Disamping ada fanfiction (dia hobi khayal & nulis cerita), informasi hobi, arsip matematika (bekas jaman kuliah dulu) dan lain sebagainya semau dia ada di blog ini.

Selama masa perkembangan dari tahun 2011 sampai sekitar 2014-an, si furaha kepikiran ingin punya domain sendiri (biar kelihatan blognya rada profesional gitu, haha). Hingga dia bertemu dengan seorang teman bernama Rifalous (di FB) yang kemudian membantunya mengurus blog ini untuk beli domain dan akhirnya berganti menjadi http://furahasekai.com sejak Januari 2015 sampai 31 Mei 2016. Pada tanggal 31 Mei 2016 domain furahasekai beralih ke domain http://furahasekai.net .

Rifalous pun bergabung dalam tim furahasekai sebagai admin yang berperan di bagian lay-out, mengurus situs dan hal lainnya. Terkadang menyumbangkan juga artikel terjemahan dan balasin komen yang masuk.

Lalu awal tahun 2017, lewat sebuah ajang pencarian bertajuk AUTHOR HUNT! dalam rangka mencari penulis-penulis lain yang berminat bergabung dengan furahasekai, maka didapatlah 8 Author sebagai anggota staf baru furahasekai, yaitu: Sukmaryn, Skyline, Seika, Lill’s Night, Kairi, Ichi, Gin dan Firdamdam.

Dengan penambahan tenaga kerja (halah) ini diharapkan furahasekai semakin mantap dalam menunjukkan keberadaannya di dunia maya sebagai situs penyedia informasi dan saling berbagi untuk para pecinta musik jepang (khususnya) dan readers nyasar lain (umumnya).

Semoga dengan kehadiran blog ini dapat bermanfaat selain bagi si furaha, juga bagi kalian semua yang udah sengaja/gak sengaja menemukan blog ini bahkan sampai baca bagian ‘About’ ini. Sungguh, karena tanpa kalian yang rutin mampir, komen, share tentang blog ini mungkin furahasekai akan mati seperti blog-blog pendahulunya. Jadi mohon dukungannya ya teman-teman, biarkan si furaha berbagi sesuatu di dunia kecil ini.

“LET ME SHARE SOMETHING IN THIS WORLD”


 

Sekilas info staf:

 

Real Name: Prahati Pramudha W
Pen Name: FuRaha
Domisili: Bandung, Jawa Barat, Indonesia
Position: Owner, Administrator, Author
Facebook: Prahati Pramudha
LINE ID: prahati.pramudha
Instagram: @prahatipw
BBM: – 

Other web: FuRaHeart


Real Name: Rivaldy Fauzan M
Pen Name: Rifalous
Domisili: Bandung, Jawa Barat, Indonesia
Position: Admin, Web Designer
Facebook: Rivaldy Fauzan
LINE ID: rifalous
Instagram: @rifalous
BBM: –