About Fanfiction.net

Ehem, tumben saya bikin artikel semacam ini, hehe… berhubung ada beberapa teman yang suka tanya-tanya tentang situs FFn akhirnya saya memutuskan untuk merangkumnya dalam tulisan ini. Semoga bisa membantu untuk kamu yang masih baru memasuki dunia fanfiksi.

Nah, sebelum masuk ke tutorial membuat akun di FFn, mempublikasikan cerita, mengelola cerita, balas review, istilah-istilah fanfiksi dan lain sebagainya, mungkin perlu sekilas saya jelaskan dulu ‘APA ITU FANFICTION.NET?’

ffn-logo

FanFiction.Net (atau yang sering disingkat sebagai FF.net atau FFN) adalah situs arsip yang menyimpan fanfiksi. Situs ini didirikan pada tahun 1998 di Los Angeles oleh programmer komputer Xing Li, yang juga menjalankan situs tersebut. Pada 2010, FanFiction.Net adalah situs terbesar dan paling populer diantara situs fan fiction lainnya di dunia. FFn memiliki hampir 2,2 juta pengguna terdaftar dan host cerita dalam lebih dari 30 bahasa, termasuk bahasa Indonesia.

Situs ini dibagi menjadi sembilan kategori utama :

Anime/Manga
Books
Cartoons
Miscellaneous
Games
Comics
Movies
Plays/Musicals
TV Shows

Dan kemudian menambahkan kategori Crossover pada 27 Maret 2009.

Pengguna yang sudah menyelesaikan proses pendaftaran gratis dapat mengirimkan fan fiction mereka, mengurus profil pengguna, meninjau (review) cerita lainnya, memakai jasa beta reader, menghubungi satu sama lain member melalui pesan pribadi (PM), dan memilih daftar cerita dan penulis favorit. Ada juga komunitas terpusat dan forum.

Gimana? Apa sudah ada bayangan tentang Fanfiction.net? Langsung aja kamu bisa kunjungi situsnya. Dan bagian yang paling saya suka di situs ini adalah slogannya yang berbunyi, “unleash your imagination”. Jadinya benar-benar sangat menginspirasi lho. Karena di situs ini selain kamu bisa menunjukkan karyamu pada orang lain, kamu pun bisa ikut belajar menulis dengan membaca karya-karya orang lain.

Web: http://fanfiction.net
Blog: http://blog.fictionpress.com/
Twitter: https://twitter.com/FICTIONPRESS
Playstore: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.fictionpress.fanfiction

Baca juga:

Cara membuat akun 
Cara publish cerita 
Cara mengelola cerita 

2 Comments

Leave a Reply

One Ping

  1. Pingback:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *